RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 8 )
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A.
Standar kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan masyarakatsebagai orang yang telah
diselamatkan
B.
Kopetensi Dasar :
1.3. Membangun sikap kritis terhadap perannya
sebagai anggota
gereja dalam masyarakat untuk menunjukkan
diri sebagi orang yang
sudah siselamatkan
C.
Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai religius
·
Tanggung jawab
D.
Indikator :
M enjelaskan arti gereja
Menceritakan terbentuknya gereja
E.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan arti gereja
2.
Menjelaskan arti pentakosta
3.
Mejelaskan waktu terbentuknya gereja
4.
Menunjukkan tempat berdirinya gereja
5.
Memberikan contoh teladan yang diberikan oleh
jemaat pertama
6.
Menjelaskan empat tugas gereja
F.
Materi Ajar :
Gereja dari awal terbentuknya
G.
Alokasi Waktu : 6 jp (6x 40 menit)
H.
Metode Pembelajaran: cerita kreatif, diskusi,
mengerjakan tugas
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Menjelaskan arti gereja
2.
Menjelaskan arti Pentakosta
Kegiatan
Pendahuluan:
Guru mengajak
berdoa bersama dan menyanyi bersama “Kusiapkan hatiku Tuhan “
Membaca kitab
Kisah Para Rasul 2 : 1-13
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
eksplorasi, guru meminta peserta didik untuk mengumpulkan tugas tentang
“Pengalaman hidup dalam masyarakat majemuk”,
yang dikerjakan di rumah dalam pelajaran 7. Beri kesempatan peserta
didik untuk menyampaikan dan dan lain dapt member masukan.
Elaborasi
Dalam
elaborasi, guru menyampaikan materi
tentang arti gereja, bukan tempat atau gedung tetapi gereja lebih menitik beratkan pada persekutuan orang
percaya kepada Tuhan Yesus. P Peserta didik mengerjaka ntugas dalam kegiatan 3
berdiskusi dengan teman sebangku. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya
dan yang ;lain menanggapi.
Konfirmasi
Peserta didik
diberi kesempatan untuk menanyakan
materi yang belum jelas.
Kegiatan
Penutup: Menyanyi
Pertemuan 2
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Menunjukkan tempat munculnya gereja pertama
2.
menjelaskan waktu terbentuknya gereja
Kegiatan
Pendahuluan.
Guru memotivasi
peserta didik dengan menyanyi “Kutak pandang dari Gereja mana” dilanjutkan
membaca kitab Kisah para Rasul 2 : 14 - 40
ekplorasi:
Dalam
eksplorasi guru mengajak peserta didik
menuliskan isi khotbah Rasul Petrus yang akhirnya membawa pertobatan
orang-orang yang berkumpul di Yerusalem saat itu.
Elaborasi:
Dalam elaborasi
guru menyampaikan materi pelajaran secara kreatif . peserta didik mengerjakan
tugas dalam kegiatan 4.
Peserta didik
menyampaikan hasil pekerjaannya dan dibahas bersama.
Guru
menyampaikan materi secara kreatif tentang gereja perdana
Konfirmasi:
Dalam
konfirmasi, guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan tugas dalam
kegiatan 5.
Kegiatan
penutup:
Pertemuan 3:
Tujuan
Pembelajaran:
1. Menyebutkan
contoh teladan gereja pertama
2.
Menjelaskan tugas gereja
Kegiatan
Pendahuluan:
Dalam kegiatan
pendahuluan guru mengejak peserta didik
menyanyi : “Yesuss Berpesan”, dilanjutkan membaca Kitab Kisah Para Rasul
2 : 41 – 47
Kegiatan inti:
Eksplorasi:
Dalam
eksplorasi guru megajak peserta didik untuk menuliskan cara hidup jemaat pertama yang dapat kita
jadikan teladan.
Elaborasi
Dalam elaborasi
guru menyampaikan materi secara kreatif tentang “Tugas panggilan Gereja”
·
bersekutu
·
bersaksi
·
melayani
·
mengajar
Peserta didik
diminta untuk mengerjakan tugas dalam kegiatan 5 buku siswa.
Pembahasan
hasil pekerjaan peserta didik
Konfirmasi:
Dalam
konfirmasi peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan materi menanyakan
hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan Penutup:
Dalam kegiatan
penutup peserta didik diajak menyanyi “ Tuhan menginginkan daku”
J.
Sumber Belajar: Buku Cermin Remaja 3 hal
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk
instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk instrumen
|
Instrument
|
Menjelaskan arti gereja.
Menceritakan terbentuknya gereja
|
Tes
|
Esai
|
1.
Apakah arti gereja?
2.
Apa arti Pentakosta?
3.
Dimana gereja perdana muncul?
4.
Kapan pertama gereja muncul?
5.
Berikan contoh kehidupan perdana yang dapat
kita jadikan teladan!
6.
Jelaskan 4 tugas gereja!
|
Format Kriteria
Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK,
L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO.9 )
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A.
Standar kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan masyarakatsebagai orang yang
telah diselamatkan
B.
Kopetensi Dasar :
1.3. Membangun sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota
gereja dalam masyarakat untuk menunjukkan
diri sebagai orang yang
sudah
diselamatkan.
C.
Karakter siswa yang diharapkan:
·
Toleransi
·
Tanggung jawab
D.
Indikator :
Menjelaskan hakikat Gereja
E.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan Kepala Gereja
2.
jelaskan arti gereja adalah Kudus
3.
Menjelaskan arti gereja Am
4.
Memberi tanggapan tentang perpecahan gereja
sehingga menjadi banyak aliran gereja
F.
Materi Ajar :
Sifat-sifat gereja (I Petrus 2 : 1-10
G.
Alokasi Waktu : 4 jp (4x 40 menit)
H.
Metode Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Menyebutkan kepala gereja
2.
Menjelaskan arti gereja adalah kudus
Kegiatan
Pendahuluan:
Dalam kegiatan
pendahuluan guru mengajak peserta didik menyanyi bersama “Kusiapkan hatiku
Tuhan “
Peserta didik
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
eksplorasi, guru membagi kelas dalam kelompok untul berdiskusi
Elaborasi
Dalam
elaborasi, guru membimbing peserta didik dalam diskusi, setelah selesai setiap
kelompok Menyampaikan presentasi.
guru
menjelaskan materi secara kreatif
Konfirmasi
Peserta didik
diberi kesempatan untuk menanyakan
materi yang belum jelas.
Kegiatan
Penutup: Menyanyi
Pertemuan 2
Tujuan
Pembelajaran:
1.
menjelaskan arti gereja adalah Am
2.
memberikan tanggapan perpecahan gereja
sehingga banyak aliran gereja.
Kegiatan
Pendahuluan.
Guru memotivasi
peserta didik dengan mebaca kitab
Eksplorasi:
Dalam
eksplorasi guru mengajak peserta didik untuk
Elaborasi:
Dalam elaborasi
guru member kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya, yang
lain dapat menanggapi.
Guru dan
peserta didk merancang program peduli kasih
Konfirmasi:
Dalam
konfirmasi, guru merangkum yang sudah dipelajari peserta didik dan mendukung
agar peserta didik dapat menjadi garam bagi dunia
Kegiatan
penutup:
Menyanyi
bersama : Masa muda masa paling indah
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 30 - 37
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk
instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk instrumen
|
Instrument
|
Menjelaskan panggilan gereja
di dalam masyarakat.
|
Tes
|
Esai
|
1. Apakah arti gereja sebagai
komunitas orang percaya?
2. Apa yang dimaksud Kristus
sebagai kepala gereja?
3. Sebutkan tugas-tugas
penggilan gereja?
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
1.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK,
L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 10 )
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal
dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan masyarakatsebagai
orang yang telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.3. Membangun sikap
kritis terhadap perannya sebagai anggota
gereja dalam masyarakat untuk
menunjukkan diri sebagai orang yang
sudah diselamatkan.
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Toleransi
·
Tanggung jawab
D. Indikator : Bersikap Kritis terhadap
perkembangan gereja di sekitarnya
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan arti diaspora
2.Menjelaskan tantangan gereja perdana
3. Menjelaskan gerakan pembaruan gereja (reformasi gereja)
4. Memberikan contoh tokoh gerakan reformasi
F. Materi
Ajar : Gereja perdana hingga
reformasi
G. Alokasi
Waktu :
4 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan
diaspora
2. Menjelaskan
tantangan gereja perdana
Kegiatan Pendahuluan:
Untuk memotivasi peserta didik, guru mengajak peserta didik menyanyi
bersama “Aku milikMu
Yesus Tuhanku “
Peserta didik membaca kita II Raja-raja 25: 1-21 : Kisah para Rasul 11 :
19-30
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru meminta peserta didik untuk menuliskan kembali
poko-pokok pelajaran 8 dalam buku siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan
peserta didik melihat kaitan antara pelajaran ini dengan peljaran sebelumnya.
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru menyampaikan uraian materi secara kreatif mengenai
gereja perdana dantantangan seperti gnostisk, kekerasan yang dilakukan oleh
Kaisar Nero terhadap pengikut Kristus.
Penyampaian materi iselingi dengan kegiatan 3, yakni beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan materi.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang belum jelas.
Kegiatan Penutup: Menyanyi
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan
gerakan pembaruan gereja (Reformasi gereja)
2. Memberikan
contoh tokoh gerakan Reformasi Gereja.
Kegiatan Pendahuluan.
Guru memotivasi peserta didik dengan menyanyi “Kusiapkan hatiku Tuhan”
dan membaca kitab
Roma 1 : 16 - 17
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi guru mengajak peserta didik untuk mengingat siapa
Marthin Luther dan John Calvil.
Elaborasi:
Dalam elaborasi guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk
menyampaikan pendapatnya tentang “Gerakan Reformasi Gereja”.
Guru menjelaskan secara kreatif materi tentang pembaruan gereja yang
dipelopori oleh Marthin Luther .
Peserta didik diberi tugas untuk mendiskusikan tentang pembaruan gereja.
Penyampaian hasil diskusi, kelompok lain menanggapi
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi, guru merangkum yang sudah dipelajari peserta didik dan
mendukung agar peserta didik dapat menjadi garam bagi dunia
Kegiatan penutup:
Menyanyi bersama :
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 65 – 73
K. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk
instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk instrumen
|
Instrument
|
Bersikap kritis terhadap
perkembangan gereja di sekitarnya.
|
Tes
|
Esai
|
1.
jelaskan arti diaspora!
2.
Tantangan apa saja yang dihadapi oleh gereja
perdana?
3.
Jelaskan yang kamu ketahui tentang gerakan
Reformasi gerej!
4.
Siapa tokoh gerakan reformasi gereja?
|
3.
Format Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
4. Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK,
L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 11)
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal
dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan
masyarakatsebagai orang yang telah
diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.3. Membangun sikap
kritis terhadap perannya sebagai anggota
gereja dalam masyarakat untuk menunjukkan
diri sebagai orang yang
sudah diselamatkan.
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Peduli social
·
Tanggung jawab
D. Indikator : Menjelaskan perkembangan gereja di Indonesia
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
5 dokumen Keesaan gereja
2. Menjelaskan,
alasan di Indonesia banyak beraneka ragam) gereja
3. Menjelaskan
yang dimaksud dengan gerakan menjaga keesaan gereja.
4. Menceritakan
riwayat singkat salah satu tokoh gereja
F. Materi
Ajar : Perkembangan Gereja di
Indonesia
G. Alokasi
Waktu :
4 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menyebutkan
5 dokumen Keesaan gereja
2. Menjelaskan,
alasan di Indonesia banyak (beraneka ragam) gereja
Kegiatan Pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan guru mengajak peserta didik menyanyi bersama
“Betapa hatiku Berterima Kasih Tuhan “
Peserta didik diminta membaca kitab I Korintus 12 : 12 - 31
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru meminta peserta didik untuk mencatat nama – nama
gereja yang diketahui secara lengkap, untuk mengetahui sejauh mana pengenalan
mereak terhadap gereja yang ada
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru menjelaskan materi secara kreatif, lalu menugaskan
peserta didik untuk berdikusi dengan menjawab pertanyaan yang ada dalam buku
siswa.
Guru meminta setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi secara
bergantian, kelompok lain menanggapi.
Kesimpulan hasil diskusi dihubungkan dengan materi yang sudah dibahas.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang belum jelas.
Kegiatan Penutup: Menyanyi bersama
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan
yang dimaksud dengan gerakan menjaga keesaan gereja.
2. Menceritakan
riwayat salah satu tokoh gereja
Kegiatan Pendahuluan.
Guru memotivasi peserta didik dengan mebaca kitab Kisah para Rasul 1: 8
Menyanyi bersama “Kuperlukan Juru Selamat”
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi guru mengajak peserta didik untuk menuliskan yang mereka
ketahui tentang gerakan keesaan gereja
Elaborasi:
Dalam elaborasi
guru menjelaskan tentang gerakan keesaan gereja yang ada di Indonesia sehingga
dalam keanekaragaman gereja tetap bersatu dalam Kristus.
Tokoh – tokoh
yang berperan dalam keesaan gereja
Peserta didik
mengerjakan tugas yang ada dalam buku siswa
Konfirmasi:
Dalam
konfirmasi, peserta didik diberi kesempoatan untuk menanyakan hal-hal yang
belum jelas
Kegiatan
penutup:
Menyanyi
bersama : “Yesus Menginginkan daku Bersinar bagiNya”
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 74 – 80
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk
instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk instrumen
|
Instrument
|
Bersikap kritis terhadap
perkembangan gereja di sekitarnya.
|
Tes
|
Esai
|
1.
Sebutkan 5 dokumen keesaan Gereja!
2.
Jelaskan, mengapa di Indonesia banyak aliran
(keanekaragaman) gereja!
3.
Jelaskan yang dimakdus dengan kegarakan
keesaan gereja!
4.
Ceritakan riwayat salah satu tokoh gereja!
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK,
L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 12)
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A.
Standar kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan masyarakatsebagai orang yang
telah diselamatkan
B.
Kopetensi Dasar :
1.3. Membangun sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam
masyarakat untuk menunjukkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan.
C.
Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai religius
·
Tanggung jawab
D.
Indikator : -
Bersikap kritis terhadap perkembangan gereja di sekitarnya.
-
Mewujudkan tanggung jawab dalam kehidupan
bergereja dalam masyarakat melalui peran sertanya di lingkungan masing-masing.
-
Membuat bentuk program tanggung jawab gereja
yang dapat dilakukan oleh siswa secara berkelompok.
E.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan yang dimaksud fungsi garam dan
terang dunia dalam gereja.
2.
Menuliskan tanggung jawab yang sudah dilakukan sebagai bagian dari gereja
terhadap masyarakat di sekitar
3.
Menuliskan program gereja yang melibatkan
masyarakat sekitar.
F.
Materi Ajar :
Gereja di tengah masyarakat
G.
Alokasi Waktu : 2 jp (4x 40 menit)
H.
Metode Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan
Pendahuluan:
Untuk
memotivasi belajar, dalam kegiatan pendahuluan guru mengajak peserta didik
menyanyi bersama “Kasih Pasti Lemah lembut”
Peserta didik
diminta membaca kitab Matius 5 : 13-16 “Garam dan Terang Dunia
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
eksplorasi, guru meminta peserta didikm untuk menyampaikan yang dimaksud dengan
garam dan terang dunia.
Elaborasi
Dalam
elaborasi, guru menyampaikan materi secara kreatif, dengan mengaitkan masalah
actual yang terjadi di masyarakat saat ini beri kesempatan peserta didik untuk
menanggapi materi yang disampaikan.
Peserta didik
menjawab pertanyaan dalam buku siswa dan dibahas bersama.
Konfirmasi
Peserta didik
diberi kesempatanmenuliskan program kegiatan gereja yang dapat melibatkan
masyarakat.
Kegiatan
Penutup: Menyanyi “ Kasih pasti lemah lembut”
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk
instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk instrumen
|
Instrument
|
Bersikap kritis terhadap
perkembangan gereja di sekitarnya.
|
Tes
|
Esai
|
1.
Jelaskan yang dimaksud garam dan terang dunia
dalam gereja?
2.
Menuliskan tanggung jawab yang sudah dilakukan sebagai bagian anggota
gereja dalam masyarakat!
3.
Tuliskan program gereja yang melibatkan
masyarakat sekitar!
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK,
L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 7 )
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A.
Standar kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri,
sesama, gereja, dan masyarakat sebagai orang yang telah diselamatkan
B.
Kopetensi Dasar :
1.1 Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama dan
masyarakat
C.
Karakter Siswa yang diharapkan:
·
Bertanggung jawab
·
Memiliki sikap Toleransi, kerjasama, sosial
D.
Indikator :
Melaksanakan misi sebagai orang yang sudah ditebus Allah dalam
kehidupan masyarakat majemuk
E.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah
pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan arti masyarakat majemuk
2.
Menjelaskan alasan, kita hidup di masyarakat
majemuk harus bersikap tolenransi
3.
Menyebutkan tiga contoh keterlibatan kamu dalam
masyarakat
F.
Materi Ajar: hidup dalam masyarakat majemuk
G.
Alokasi Waktu: 2x 40 menit
H.
Metode Pembelajaran: diskusi
I.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi: guru
mengadakan Tanya jawab tentang pendapat siswa mengenai apa yang mereka ketahui
masyarakat majemuk
Motivasi: Tuhan
cinta semua anak
Kegiatan Inti:
Elaborasi
Guru menugaskan
siswa menuliskan pengalaman mereka bersama teman-temannya mengenai kegiatan
bersama yang pernah dilakukan di luar sekolah. Siswa disuruh pengungkapkan apa
yang menjadi dorongan mengikuti kegiatan tersebut.
Eksplorasi
Dalam
eksplorasi, guru mengajak siswa dalam permainan membuat gambar. Siswa dibagi
dalam beberapa kelompok, setiap kelompok mendapat satu lembar kertas. Setiap
kertas diberi tanda berbeda; titik, garis miring kekanan, miring kekiri, garis
lengkung. Tiap kelompk membuat gambar yang dimulai dari titik atau garis.
Refleksi dari permainan tersebut:
1.
Perasaan apa yang dialami dari permainan
tersebut?
2.
Gambar apa yang diinginkan? Mengapa?
3.
Kesulitan apa yang dihadapi ?
4.
Gagasan apa yang diperoleh melalui kegiatan
tersebut?
Guru mengajak
berdiskusi untuk merancang program kegiatan untuk masyarakat
Konfirmasi
Rangkuman dan
peneguhan
Kegiatan
Penutup:
Menyanyi :
Bapa Engkau sungguh baik
J.
Sumber Belajar
Cermin
Remaja 3 (kelompok Kerja PAK PGI) tahun 2007, halaman 45-50
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk
instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Ø Tehnik
|
Ø Bentuk
instrumen
|
Ø Instrument
|
1.Menyebutkan arti masyarakat
majemuk
2. Menjelaskan alasan kita
hidup bertolenransi dalam masyarakat majemuk
3. Memberikan tiga contoh
keterlibatan kamu dalam masyarakat majemuk
|
Tes
|
Esai
|
1.sebutkan arti masyarakat
majemuk!
2. jelaskan alasan, kita hidup
bertoleransi dalam masyarakat majemuk!
3. berikan tiga contoh
keterlibatan kamu dalam masyarakat majemuk!
|
1.
Format Kriteria Penilaian
Produk (hasil
diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK,
L VICTOR BO’TO’
LANGI S.PAK
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar