S I L A B U S
Sekolah :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester :IX/
1
Standar Kompetensi :1. Allah Tri Tunggal dan Karya-Nya, dan
nilai-nilai Kristiani
Bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, sesame , gereja, dan masyarakat untuk menunjukkan
dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Nilai karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pencampaian indicator yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
|
|
|
|
|
Tehnik
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
|
|
1 1.Memahami bentuk dan menunjukkan sikap
bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame dan masyarakat
|
1.Tanggung jawab hidup baru
2. Godaan lari dari tanggung jawab.
3.Mengguna
kan waktu dan uang dengan baik.
4.Menghargai hidup dengan menjauhi narkoba
5.Tinjauan Alkitab tentang seksualitas
6.Peran remaja dalam masyarakat
7.Aku dan kemajemuk-
an masyara -katku
|
Tanggung jawab, jujur, nilai religius
Jujur, disiplin
Jujur, peduli social, disiplin
Tanggung jawab, disiplin, nilai religius
Nilai religious
Tanggung jawab, peduli social, cinta damai
Bersahabat peduli social, tanggung jawab
|
1.Doa bersama
2.Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok untuk
diskusi
tentang tanggung jawab.
3. Presentasi hasil diskusi
4. Guru menyampaikan materi
6. Siswa menuliskan minimal
5. kata yang menunjukkan sikap tanggung jawab,
dan 5 kata yang menunjukkan sikap tidak tanggung jawab
7. Siswa menuliskan komentar dari Matius 25 : 21,
yang bercerita tentang tuan yang member talenta kepada 3 hamba secara berbeda
8.Siswa menuliskan puisi bertema “Tanggung jawab”
9.Siswa menuliskan seuah cerita tentang
pengalaman tanggung jawab yang berkesan, dikerjakan di rumah dan dikumpulkan
minggu depan.
1.Doa bersama
Tugas rumah dikumpulkan, dilanjutkan Tanya jawab
untuk mengingatkan materi tentang tanggung jawab.
2.Guru menyampaikan materi tentang lari dari
tanggung jawab.
3.Membaca kitab Yunus yang menceritakan Yunus
melarikan diri ketika diutus Tuhan ke Niniwe.
4.SIswa menuliskan pengalamannya tentang
mengahdapi godaan yang nyaris membuatnya menghindari tanggung jawab.
5.Nyanyi bersama
1.Menyanyi bersama “Gunakan Waktu yang dibrikan
Tuhan”
2.Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok,
untuk diskusi tentang Menggunakan uang dan waktu dengan baik.
Presentasi hasil diskusi.
3.Guru menyampaikan materi, dengan pesan-pesan
moral dari kasus diskusi.
4.Kesimpulan dari materi penggunaan uamg dengan
baik.
Berod bersama dan menyanyi kembali lagu “Gunakan
waktu yang dibrikan Tuhan”.
1.Doa bersama
2.Guru menanyakan pengetahuan apa saja yang sudah
dimiliki oleh siswa tentang narkoba.
Siswa menuliskan pendapat mereka
3.Guru menyampaikan materi secara kreatif
.4.Diskusi tentang narkoba
5.Membuat slogan himbauan agar remaja tidak
menggunakan narkoba.
1.Doa bersama dilanjutkan menyanyi “ Yesus
berpesan”
2.Siswa memberi pendapat tentang “Tuhan
menciptakan manusia dengan 2 jenis seks.
3.Guru menyampaikan materi kreatif tentang
seksualitas menurut Alkitab.
4. Pendapat siswa tentang penyimpangan seks.
5.Diskusi kelompok tentang “ Tubuhku adalah Bait
Roh Kudus’
Penyampaian hasil diskusi.
Guru memberi PR, merangkum pendapat media massa
seputar seks dan penyimpangannya. Tugas dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya.
1.Menyanyi bersama”Yesus berpesan”
2.Guru menugaskan siswa mengumpulkan tugas
PR.memilih beberapa siswa untuk menyampaikan tulisannya, dan siswa lain
member pendapat.
3.Dalam kelompok siswa mendiskusikan “Apa yang
ingin ditiru dari generasi tua dan pa yang tidak disukai dari generasi tua,
seperti orang tua, guru, atau pemimpin lainnya.
4.Presentasi hasil diskusi.
5. Masih dalam kelompok yang sama membuat
rancangan program kegiatan peduli social kepada masyarakat.
6.Menyanyi bersama “ Yesus menginginkan daku bersinar
bagiNya”
1.Menyanyi bersama dilanjutkan doa
2.Guru menugaskan siswa menuliskan pengalaman
mengikuti kegiatan bersama di luar sekolah bersama teman-teman. Manfaat apa
yang didapat dari kegiatan tersebut.
3.Beberapa siswa diberi kesempatan menyampaikan
tulisannya di depan kelas.
Guru member kesimpulan dan mengaitkan dengan
materi pelajaran.
4.Guru mengajak siswa menggambar secara
berkelompok . Setiap kelompok medapat kertas yang sudah diberi garis miring,
garis lurus, titik, lengkung. Tugas tiap kelompok membuat gambar yang dimulai
dari titik atau garis.
Refleksi dari permainan tersebut: manfaatnya apa?
5. Siswa mengerkahan pada buku tugas.
6.Guru mengajak siswa merancang program peduli
terhadap masyarakat.
7. Guru member tugas , siswa membuat tulisan
tentang pengalaman hidup dalam masyarakat majemuk
Memnyanyi bersama
|
Menjelaskan arti tanggung jawab sebagai orang
yang sudah hidup baru
Menyebutkan contoh godaan lari dari tanggung jawab
Mewujudkan sikap bertanggung jawab terhadap diri
sendiri, sesame dan masyarakat.
Kemampuan menjelaskan arti “tubuh adalah bait Roh
Kudus”
-Mampu menjelaskan bahaya narkoba.
Mewujudkan sikap tanggung jawab terhadap diri
sendiri, sesame, dan masyarakat
1.Alasan remaja berperan dalam kehidupan
masyarakat
2.Mendiskusikan contoh peran remaja dalam
masyarakat
Menunjukan contoh sikap bersyukur atas
keberadaannya dalam masyarakat majemuk.
Melaksanakan misi sebagai orang yang sudah
ditebus Allah dalam kehidupan masyarakat.
|
Tes
tes
Tes
Tes
Tes
tes
tes
|
Esai
Esai
Esai
esai
Esai
Essai
esai
|
1.Jelaskan pengertian tanggung jawab!
2.Sebutkan 3 contoh tanggung jawab terhadap diri
sendiri!
3.Jelaskan bagaimana menunjukkan sikap tanggung
jawab terhadap sesame dan masyarakat sekitar!
4.Sebutkan 3 contoh godaan yang mendorong kamu
lari dari tanggung jawab!
1.Apa yang menggoda Yunus sehingga lari dari
tanggung jawab?
2.Apa akibatnya jika kita tidak dapat mengendalikan godaan yang sering muncul saat
kita melaksanakan tugas dan tanggung jawab?
3.Bagaimana cara kamu menghadapi godaan-godaan
yang membuatmu nyaris lari dari tanggung jawab kamu?
1.Mengapa kita perlu mengatur keuangan kiota
dengan baik?
2.BAgaimana caramu menghargai uang yang kamu
terima dari orang tua?
3.Apa arti dari Akar kejahatan adalah cinta uang?
4.Mengapa kita perlu mengisi waktu luang dengan
kegiatan-kegiatan positif?
5.Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengisi
waktu luangmu? Jelaskan tujuannya!
1.jelaskan arti”Tubuhmu adalah bait Roh Kudus”?
2.Walaupun pemakaian narkoba menghancurkan
kehidupan seseorang, data menunjukkan pemakaian terus meningkat, terutama di
kalangan generasi muda. Mengapa demikian?
3.Apa yang dapat kamu lakukan agar generasi muda
tidak menggunakan narkoba?
1.Mengapa masturbasi dan onani dianggap sebagai
perbuatan salah?
2.Dari kisah Onan dan Tamar, hal-hal apa yang
dapat kamu pelajari?
3. Apa yang yang dapat kamu lakukan agar tidak
terjebak dalam penyalagunaan seksual?
4.Benarkah, bila kita kecanduan terhadap sesuatu
yang member kenikmatan akan berpengaruh pada kepribadian kita? Jelaskan!
1.Apa semua orang sama dihadapan Tuhan ?
Jelaskan!
2.Mengapa kita harus berperan serta dalam
kehidupan masyarakat?
3.Peran apa saja yang dapat kamu lakukan di
masyarakat?
4.Teladan apa yang dapat kita ambil dari
kehidupan Tuhan Yesus ?
1.Sebutkan beberapa hal yang menunjukkan bahwa
masyarakat kita majemuk!
2.Jelaskan, alasan remaja beriman harus berperan
dalam masyarakat!
3.Berikan tiga contoh keterlibatanmu dalam
masyarakat!
4. Jelaskan bahwa kita hidup dalam masyarakat
majemuk bersikap toleran, saling mengahrgai dan tidak membeda-bedakan !
|
4jp
4jp
4jp
4jp
4jp
4jp
4jp
|
Cemin Remaja 3 Kelompok Kerja PGI tahu 2007, hal
1-6
Alkitab
Cemin Remaja 3 Kelompok Kerja PGI tahu 2007
Hal 8 – 12, Alkitab
Buku Cermin Remaja 3, Kelompok Kerja PGI tahun
2007, hal 13-17, Alkitab
Buku Cermin Remaja 3, Kelompok Kerja PGI tahun
2007
Hal 18 – 29, Alkitab
Buku Cermin Remaja 3 , Kelompok Kerja PGI 2007,
hal 30 – 37, Alkitab
Buku Cermin Remaja 3 , Kelompok Kerja PGI 2007,
hal 38 – 44
Buku Cermin Remaja 3.Kelompok Kerja PGI tahun
20007 hal 45 – 50, Alkitab
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
DrS. YUNUS
KAMUDEK, L VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
S I L A B U S
Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Kristen
Kelas
/ Semester :IX/ 2
Standar
Kompetensi :1. Allah Tri Tunggal dan Karya-Nya, dan
nilai-nilai Kristiani
Bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, sesame , gereja, dan masyarakat untuk menunjukkan
dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Nilai
karakter
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pencampaian
indicator yang diharapkan
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
|
|
|
|
Tehnik
|
Bentuk
|
Contoh
instrumen
|
|
|
1.2.Membangun
sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam masyarakat untuk
menunjukkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan
|
8.
Gereja dan awal terbentuknya
|
Nilai
religious, tanggung jawab
|
1.Menyanyi
bersama sebagai motivasi peserta didik belajar
2.Permainan
dengan formasi U. guru memperagakan gerakan:
Aku
gereja: menunjuk diri sendiri
Kau
gereja:menunjuk teman
Kita
sama : berjabat tangan. Pengikut Kristus: menunjuk ke atas
3.Peserta
didik mengumpulkan tugas minggu lalu dan beberapa orang membacakabn
tulisannya.
4.Guru
menyampaikan uraian materi secara
kreatif
Peserta
didik mengerjakan tugas dalam kegiatan 3,4,5 dan 6 dalam buku siswa.
|
Menjelaskan
arti gereja.
Menceritakan
terbentuknya gereja
|
Tes
|
Esai
tertulis
|
1.
Apa arti gereja?
2.
Jelaskan arti Pentakosta!
3.
Kapan terbentuknya gereja perdana?
4.
Dimana terbentuknya gereja perdana?
5.
Berikan contoh keteladanan yang ada dalam kehidupan
jemaat perdana!
6.
Jelaskan 4 tugas gereja!
|
6 jp
|
Buku
Cermin remaja 3 halaman
51
– 58, Alkitab
|
|
9. Sifat-sifat gereja
|
Nilai religious, tanggung jawab, cinta damai
|
1.Guru mengajak peserta didik menyanyi bersama
“Kusiapkan Hatiku Tuhan”
2. Peserta didik membaca kitab I Petrus 2 : 1-10
Peserta didik melakukan permainan dalam kelompok.
Setiap kelompok 3-5 orang Sebelumnya guru menyiapkan kertas folio.setiap
kelompok masuk ke dalam lingkaran dari kertas. Peserta didik diminta
tanggapan mengenai permainan tersebut.
Kertas dibagi 2 bagian besar.
Gunting kertas sama besar dan diberi titik
vertical. Gunting lipatan horizontal yang bertanda garis putus – putus.
3. peserta didk sharing, guru merangkum makna
permainan.
lingkaran
melambangkan Gereja. Bagian – bagian kertasmelambangkan jemaat dengan segala
perbedaadnnyatetapi dalam satu ikatan.
5. Guru menjelaskan uraian materi
Peserta didik mengerjakan skala sikap yang ada
dalam buku siswa.
|
Menjelaskan panggilan gereja di dalam masyarakat
|
Tes
|
Uraian tertulis
|
1.
Sebutkan Kepala gerja yang sesungguhnya!
2.
Jelaskan arti Gereja adalah Kudus!
3.
Jelaskan arti gereja adalah Am!
4.
Bagaimana tanggapanmu tentang perpecahan dalam
gereja sehingga menyebabkan banyak aliran gereja di Indonesia?
|
4 jp
|
Buku Cermin Remaja 3
Halaman 59 – 64, Alkitab
|
|
10. Gereja perdana hingga reformasi
|
Nilai religious, tanggung jawab
|
1.Memotivasi peserta didik dengan nyanyi bersama
: “Aku milikMu Yesus Tuhanku”
2. Membaca kitab II Raja-raja 25: 1-21 ‘ Kisah
para Rasul 11: 19-30
3.Peseta didik menuliskan lagi pokok pelajaran 8
4.Guru menyampaikan uraian materi tentang
tantangan gereja perdana .tanya jawab dari materi yang sudah disampaikan.
5.Peserta didik diminta untuk mengingat tentang
Marthin Luther dan Calcin yang mereka ketahui
6.Diskusi tentang pembaruan gereja.
7.Peserta didik dingatkan bahwa mereka juga harus
menjadi garam dan terang dunia
|
Bersikap kritis terhadap perkembangan gereja di
sekitarnya
|
Tes
|
Esai
|
1.
Apa arti diaspora?
2.
Jelaskan tantangan yang dihadapi oleh
Gereja perdana?
3.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerekana
pembaruan (reformasi) Gereja!
4.
Berikan contoh tokoh gerakan Reformasi!
|
4 jp
|
Buku Cermin Remaja 3 halaman 65 – 73, Alkitab
|
|
11.Perkem-bangan Gereja di Indonesia
|
Cinta damai, peduli social, tanggung jawab
|
1.Menyanyi bersama “Betapa hatiku berterima kasih
Yesus”
2.Membaca kitab ! Korintus 12 : 12 – 31
3.Mencatat nama- nama gereja secara lengkap yang
diketahui peserta didik.
4.Penjelasan materi secara kreatif tentang Perkembangan Gereja Di Indonesia.
5.Diskusi kelompok tentang gereja dengan banyak aliran
6.Menjelaskan Gerakan menjaga keesaan Gereja dan
tokoh – tokoh gerakan keesaan Gereja.
7.Mengerjakan tugas dalam buku siswa
|
Menjelaskan perkembangan gereja di Indonesia
|
Tes
|
Esai
tertulis
|
1.
Jelaskan 5 dokumen Keesaan Gereja!
2.
Mengapa di Indonesia sekarang banyak aliran
(beraneka ragam) Gereja?
3.
Jelaskan yang dimaksud dengan gerakan Keesaan
Gereja!
4.
Ceritakan dengan singkat salah satu tokoh
Gereja!
|
4 jp
|
Buku Cermin Remaja 3 halaman 74 – 80, Alkitab
|
|
12. Gereja di tengah masyarakat
|
Cinta damai, peduli social, tanggung jawab
|
1.Menyanyi bersama : “Kasih pasti lemah lembut”
2.Membaca kitab Matius 5 :
13 – 16 (Garam dan Terang Dunia)
3.Penyampaian uraian materi secara kreatif,
dengan mangaitkan masalah actual yang terjadi di masyarakat.
5.Mengarjakan tugas dalam buku siswa.
6.Menuliskan program Gereja yang dapat melibatkan
masyarakat sekitar!
|
Mewujudkan tanggung jawab dalam kehidupan
bergereja dalam masyarakat melalui perannya serta di lingkungan masing-masing
Membuat program tanggung jawab gereja yang dapat
dilakukan oleh siswa secara kelompok
|
Tes
Non tes
|
Esai
|
1.
Jelaskan yang dimaksud fungsi garam dan terang
dunia dalam Gereja!
2.
Tuliskan tanggung jawab yang sudah kamu
lakukan sebagai bagian gari gereja terhadap masyarakat sekitar!
3.
Tuliskanlah program gereja yang melibatkan
masyarakat sekitar !
|
2jp
|
Buku Cermin Remaja 3 halaman
81 – 84, Alkitab
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS
KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar