Kamis, 18 Mei 2017

SILABUS PAK SMP KELAS IX/ SEMESTER 1 DAN 2



S I L A B U S
Sekolah                                                : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester              :IX/ 1
Standar Kompetensi       :1.  Allah Tri Tunggal dan Karya-Nya, dan nilai-nilai Kristiani
                                                Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame , gereja, dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Nilai karakter
Kegiatan Pembelajaran
Pencampaian indicator yang diharapkan
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar





Tehnik
Bentuk
Contoh instrumen


1 1.Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame dan masyarakat
1.Tanggung jawab hidup baru





























2. Godaan lari dari tanggung jawab.





















3.Mengguna
kan waktu dan uang dengan baik.
















4.Menghargai hidup dengan menjauhi narkoba














5.Tinjauan Alkitab tentang seksualitas



















6.Peran remaja dalam masyarakat
























7.Aku dan kemajemuk-
an masyara -katku






























Tanggung jawab, jujur, nilai religius




























Jujur, disiplin























Jujur, peduli social, disiplin
















Tanggung jawab, disiplin, nilai religius














Nilai religious





















Tanggung jawab, peduli social, cinta damai























Bersahabat peduli social, tanggung jawab











1.Doa bersama

2.Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok untuk
 diskusi tentang tanggung jawab.

3. Presentasi hasil diskusi

4. Guru menyampaikan materi

6. Siswa menuliskan minimal

5. kata yang menunjukkan sikap tanggung jawab, dan 5 kata yang menunjukkan sikap tidak tanggung jawab

7. Siswa menuliskan komentar dari Matius 25 : 21, yang bercerita tentang tuan yang member talenta kepada 3 hamba secara berbeda

8.Siswa menuliskan puisi bertema “Tanggung jawab”

9.Siswa menuliskan seuah cerita tentang pengalaman tanggung jawab yang berkesan, dikerjakan di rumah dan dikumpulkan minggu depan.

1.Doa bersama
Tugas rumah dikumpulkan, dilanjutkan Tanya jawab untuk mengingatkan materi tentang tanggung jawab.

2.Guru menyampaikan materi tentang lari dari tanggung jawab.

3.Membaca kitab Yunus yang menceritakan Yunus melarikan diri ketika diutus Tuhan ke Niniwe.

4.SIswa menuliskan pengalamannya tentang mengahdapi godaan yang nyaris membuatnya menghindari tanggung jawab.

5.Nyanyi bersama



1.Menyanyi bersama “Gunakan Waktu yang dibrikan Tuhan”

2.Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok, untuk diskusi tentang Menggunakan uang dan waktu dengan baik.
Presentasi hasil diskusi.

3.Guru menyampaikan materi, dengan pesan-pesan moral dari kasus diskusi.

4.Kesimpulan dari materi penggunaan uamg dengan baik.
Berod bersama dan menyanyi kembali lagu “Gunakan waktu yang dibrikan Tuhan”.


1.Doa bersama
2.Guru menanyakan pengetahuan apa saja yang sudah dimiliki oleh siswa tentang narkoba.
Siswa menuliskan pendapat mereka

3.Guru menyampaikan materi  secara kreatif

.4.Diskusi tentang narkoba


5.Membuat slogan himbauan agar remaja tidak menggunakan narkoba.


1.Doa bersama dilanjutkan menyanyi “ Yesus berpesan”

2.Siswa memberi pendapat tentang “Tuhan menciptakan manusia dengan 2 jenis seks.

3.Guru menyampaikan materi kreatif tentang seksualitas menurut Alkitab.

4. Pendapat siswa tentang penyimpangan seks.

5.Diskusi kelompok tentang “ Tubuhku adalah Bait Roh Kudus’
Penyampaian hasil diskusi.
Guru memberi PR, merangkum pendapat media massa seputar seks dan penyimpangannya. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

1.Menyanyi bersama”Yesus berpesan”

2.Guru menugaskan siswa mengumpulkan tugas PR.memilih beberapa siswa untuk menyampaikan tulisannya, dan siswa lain member pendapat.

3.Dalam kelompok siswa mendiskusikan “Apa yang ingin ditiru dari generasi tua dan pa yang tidak disukai dari generasi tua, seperti orang tua, guru, atau pemimpin lainnya.

4.Presentasi hasil diskusi.

5. Masih dalam kelompok yang sama membuat rancangan program kegiatan peduli social kepada masyarakat.

6.Menyanyi  bersama “ Yesus menginginkan daku bersinar bagiNya”

1.Menyanyi bersama dilanjutkan doa

2.Guru menugaskan siswa menuliskan pengalaman mengikuti kegiatan bersama di luar sekolah bersama teman-teman. Manfaat apa yang didapat dari kegiatan tersebut.

3.Beberapa siswa diberi kesempatan menyampaikan tulisannya di depan kelas.
Guru member kesimpulan dan mengaitkan dengan materi pelajaran.

4.Guru mengajak siswa menggambar secara berkelompok . Setiap kelompok medapat kertas yang sudah diberi garis miring, garis lurus, titik, lengkung. Tugas tiap kelompok membuat gambar yang dimulai dari titik atau garis.
Refleksi dari permainan tersebut: manfaatnya apa?

5. Siswa mengerkahan pada buku tugas.

6.Guru mengajak siswa merancang program peduli terhadap masyarakat.

7. Guru member tugas , siswa membuat tulisan tentang pengalaman hidup dalam masyarakat majemuk
Memnyanyi bersama
Menjelaskan arti tanggung jawab sebagai orang yang sudah hidup baru



























Menyebutkan contoh godaan lari dari tanggung jawab





















Mewujudkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame dan masyarakat.














Kemampuan menjelaskan arti “tubuh adalah bait Roh Kudus”
-Mampu menjelaskan bahaya narkoba.












Mewujudkan sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame, dan masyarakat

















1.Alasan remaja berperan dalam kehidupan masyarakat


2.Mendiskusikan contoh peran remaja dalam masyarakat


















Menunjukan contoh sikap bersyukur atas keberadaannya dalam masyarakat majemuk.

Melaksanakan misi sebagai orang yang sudah ditebus Allah dalam kehidupan masyarakat.






















Tes































tes
























Tes



















Tes


















Tes






















tes



























tes
Esai































Esai
























Esai



















esai


















Esai






















Essai



























esai

1.Jelaskan pengertian tanggung jawab!

2.Sebutkan 3 contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri!

3.Jelaskan bagaimana menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap sesame dan masyarakat sekitar!

4.Sebutkan 3 contoh godaan yang mendorong kamu lari dari tanggung jawab!



















1.Apa yang menggoda Yunus sehingga lari dari tanggung jawab?

2.Apa akibatnya jika kita tidak dapat  mengendalikan godaan yang sering muncul saat kita melaksanakan tugas dan tanggung jawab?

3.Bagaimana cara kamu menghadapi godaan-godaan yang membuatmu nyaris lari dari tanggung jawab kamu?













1.Mengapa kita perlu mengatur keuangan kiota dengan baik?

2.BAgaimana caramu menghargai uang yang kamu terima dari orang tua?

3.Apa arti dari Akar kejahatan adalah cinta uang?
4.Mengapa kita perlu mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan positif?

5.Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu? Jelaskan tujuannya!




1.jelaskan arti”Tubuhmu adalah bait Roh Kudus”?

2.Walaupun pemakaian narkoba menghancurkan kehidupan seseorang, data menunjukkan pemakaian terus meningkat, terutama di kalangan generasi muda. Mengapa demikian?

3.Apa yang dapat kamu lakukan agar generasi muda tidak menggunakan narkoba?






1.Mengapa masturbasi dan onani dianggap sebagai perbuatan salah?

2.Dari kisah Onan dan Tamar, hal-hal apa yang dapat kamu pelajari?

3. Apa yang yang dapat kamu lakukan agar tidak terjebak dalam penyalagunaan seksual?

4.Benarkah, bila kita kecanduan terhadap sesuatu yang member kenikmatan akan berpengaruh pada kepribadian kita? Jelaskan!









1.Apa semua orang sama dihadapan Tuhan ? Jelaskan!

2.Mengapa kita harus berperan serta dalam kehidupan masyarakat?

3.Peran apa saja yang dapat kamu lakukan di masyarakat?

4.Teladan apa yang dapat kita ambil dari kehidupan Tuhan Yesus ?

















1.Sebutkan beberapa hal yang menunjukkan bahwa masyarakat kita majemuk!

2.Jelaskan, alasan remaja beriman harus berperan dalam masyarakat!
3.Berikan tiga contoh keterlibatanmu dalam masyarakat!

4. Jelaskan bahwa kita hidup dalam masyarakat majemuk bersikap toleran, saling mengahrgai dan tidak membeda-bedakan !
















4jp































4jp
























4jp



















4jp


















4jp






















4jp



























4jp
Cemin Remaja 3 Kelompok Kerja PGI tahu 2007, hal 1-6
Alkitab



























Cemin Remaja 3 Kelompok Kerja PGI tahu 2007
Hal 8 – 12, Alkitab



















Buku Cermin Remaja 3, Kelompok Kerja PGI tahun 2007, hal  13-17, Alkitab














Buku Cermin Remaja 3, Kelompok Kerja PGI tahun 2007
Hal 18 – 29, Alkitab













Buku Cermin Remaja 3 , Kelompok Kerja PGI 2007, hal 30 – 37, Alkitab


















Buku Cermin Remaja 3 , Kelompok Kerja PGI 2007, hal 38 – 44























Buku Cermin Remaja 3.Kelompok Kerja PGI tahun 20007 hal 45 – 50, Alkitab
Kalukku,                                
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

               DrS. YUNUS KAMUDEK, L                                                                                                                                                                                              VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                                                                                                                                       NIP.
S I L A B U S
Sekolah                         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester            :IX/ 2
Standar Kompetensi       :1.  Allah Tri Tunggal dan Karya-Nya, dan nilai-nilai Kristiani
                                    Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame , gereja, dan masyarakat untuk menunjukkan dirinya sebagai orang yang sudah diselamatkan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Nilai karakter
Kegiatan Pembelajaran
Pencampaian indicator yang diharapkan
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar





Tehnik
Bentuk
Contoh instrumen


1.2.Membangun sikap kritis terhadap perannya sebagai anggota gereja dalam masyarakat untuk menunjukkan diri sebagai orang yang sudah diselamatkan
8. Gereja dan awal terbentuknya
Nilai religious, tanggung jawab
1.Menyanyi bersama sebagai motivasi peserta didik belajar

2.Permainan dengan formasi U. guru memperagakan gerakan:
Aku gereja: menunjuk diri sendiri
Kau gereja:menunjuk teman
Kita sama : berjabat tangan. Pengikut Kristus: menunjuk ke atas

3.Peserta didik mengumpulkan tugas minggu lalu dan beberapa orang membacakabn tulisannya.

4.Guru menyampaikan uraian materi  secara kreatif

Peserta didik mengerjakan tugas dalam kegiatan 3,4,5 dan 6 dalam buku siswa.

Menjelaskan arti gereja.

Menceritakan terbentuknya gereja
Tes
Esai tertulis
1.     Apa arti gereja?

2.     Jelaskan arti Pentakosta!


3.     Kapan terbentuknya gereja perdana?

4.     Dimana terbentuknya gereja perdana?


5.     Berikan contoh keteladanan yang ada dalam kehidupan jemaat perdana!

6.     Jelaskan 4 tugas gereja!
 6 jp
Buku Cermin remaja 3 halaman
51 – 58, Alkitab

9. Sifat-sifat gereja
Nilai religious, tanggung jawab, cinta damai
1.Guru mengajak peserta didik menyanyi bersama “Kusiapkan Hatiku Tuhan”

2. Peserta didik membaca kitab I Petrus 2 : 1-10

Peserta didik melakukan permainan dalam kelompok. Setiap kelompok 3-5 orang Sebelumnya guru menyiapkan kertas folio.setiap kelompok masuk ke dalam lingkaran dari kertas. Peserta didik diminta tanggapan mengenai permainan tersebut.
Kertas dibagi 2 bagian besar.
Gunting kertas sama besar dan diberi titik vertical. Gunting lipatan horizontal yang bertanda garis  putus – putus.

3. peserta didk sharing, guru merangkum makna permainan.
 lingkaran melambangkan Gereja. Bagian – bagian kertasmelambangkan jemaat dengan segala perbedaadnnyatetapi dalam satu ikatan.

5. Guru menjelaskan uraian materi

Peserta didik mengerjakan skala sikap yang ada dalam buku siswa.

Menjelaskan panggilan gereja di dalam masyarakat
Tes
Uraian tertulis
1.       Sebutkan Kepala gerja yang sesungguhnya!

2.       Jelaskan arti Gereja adalah Kudus!

3.       Jelaskan arti gereja adalah Am!

4.       Bagaimana tanggapanmu tentang perpecahan dalam gereja sehingga menyebabkan banyak aliran gereja di Indonesia?
4 jp
Buku Cermin Remaja 3
Halaman 59 – 64, Alkitab

10. Gereja perdana hingga reformasi
Nilai religious, tanggung jawab
1.Memotivasi peserta didik dengan nyanyi bersama : “Aku milikMu Yesus Tuhanku”

2. Membaca kitab II Raja-raja 25: 1-21 ‘ Kisah para Rasul 11: 19-30

3.Peseta didik menuliskan lagi pokok pelajaran 8

4.Guru menyampaikan uraian materi tentang tantangan gereja perdana .tanya jawab dari materi yang sudah disampaikan.

5.Peserta didik diminta untuk mengingat tentang Marthin Luther dan Calcin yang mereka ketahui

6.Diskusi tentang pembaruan gereja.

7.Peserta didik dingatkan bahwa mereka juga harus menjadi garam dan terang dunia


Bersikap kritis terhadap perkembangan gereja di sekitarnya
Tes
Esai
1.       Apa arti diaspora?

2.       Jelaskan tantangan yang dihadapi oleh Gereja  perdana?

3.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerekana pembaruan  (reformasi) Gereja!

4.       Berikan contoh tokoh gerakan Reformasi!
4 jp















Buku Cermin Remaja 3 halaman 65 – 73, Alkitab

11.Perkem-bangan Gereja di Indonesia
Cinta damai, peduli social, tanggung jawab
1.Menyanyi bersama “Betapa hatiku berterima kasih Yesus”

2.Membaca kitab ! Korintus 12 : 12 – 31

3.Mencatat nama- nama gereja secara lengkap yang diketahui peserta didik.

4.Penjelasan materi secara kreatif  tentang Perkembangan Gereja Di Indonesia.

5.Diskusi kelompok tentang gereja  dengan banyak aliran

6.Menjelaskan Gerakan menjaga keesaan Gereja dan tokoh – tokoh gerakan keesaan Gereja.

7.Mengerjakan tugas dalam buku siswa


Menjelaskan perkembangan gereja di Indonesia


Tes
Esai
tertulis
1.       Jelaskan 5 dokumen Keesaan Gereja!

2.       Mengapa di Indonesia sekarang banyak aliran
 (beraneka ragam) Gereja?

3.       Jelaskan yang dimaksud dengan gerakan Keesaan Gereja!

4.       Ceritakan dengan singkat salah satu tokoh Gereja!
4 jp
Buku Cermin Remaja 3 halaman 74 – 80, Alkitab

12. Gereja di tengah masyarakat
Cinta damai, peduli social, tanggung jawab
1.Menyanyi bersama : “Kasih pasti lemah lembut”

2.Membaca kitab Matius 5 :
13 – 16 (Garam dan Terang Dunia)

3.Penyampaian uraian materi secara kreatif, dengan mangaitkan masalah actual yang terjadi di masyarakat.

5.Mengarjakan tugas dalam buku siswa.

6.Menuliskan program Gereja yang dapat melibatkan masyarakat sekitar!

Mewujudkan tanggung jawab dalam kehidupan bergereja dalam masyarakat melalui perannya serta di lingkungan masing-masing

Membuat program tanggung jawab gereja yang dapat dilakukan oleh siswa secara kelompok
Tes









Non tes





Esai

1.       Jelaskan yang dimaksud fungsi garam dan terang dunia dalam Gereja!

2.       Tuliskan tanggung jawab yang sudah kamu lakukan sebagai bagian gari gereja terhadap masyarakat sekitar!

3.       Tuliskanlah program gereja yang melibatkan masyarakat sekitar !
2jp
Buku Cermin Remaja 3 halaman  81 – 84, Alkitab
               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               DrS. YUNUS KAMUDEK, L                                                                                                                                                                                                                                              VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                                                                                                                                                                                       NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...