Kamis, 18 Mei 2017

RPP PAK KELAS VII SEMESTER GENAP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 11)



Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
       menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.3. Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam  
       Lebih kuat dari pada kecenderungan manusia untuk merusaknya.
  1. Indicator                              :   Menjelaskan pentingnya alam bagi kehidupan manusia
Bersyukur untuk pemeliharaan Allah atas kehidupannya melalui alam   dan segala isinya.
  1. Tujuan Pembelajaran    
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menyebutkan pentingnya alam bagi manusia
·         Mendaftarkan (mencatat) apa saja yang dapat dilakukan oleh siswa untuk memelihara alam
·         Membuat  kliping tentang “ kerusakan lingkungan “
·         Membuat puisi
  1. Nilai karakter kebangsaan :  yang diharapkan dari siswa: tanggung jawab, peduli lingkungan
  2. Materi ajar                          : Pentingnya alam bagi kehidupan manusia
  3. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  4. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  5. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi : “Betapa Kita Tidak Bersyukur”
Guru bertanya:
siapa yang pernah mengalami kebanjiran, dan menimbulkan banyak korban?
Apa penyebab banjir?
Siswa menjawab pertanyaan guru secara bergantian.


Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Siswa mencermati  syair Lagu” Berita Kepada kawan” ciptaan Ebiet G.A.D
Siswa mempelajari apa maksud kata-kata dalam kutipan syair lagu , mengungkapkan fungsi alam bagi manusia menurut mereka.
Elaborasi:
Siswa mendaftarkan apa saja fungsi alam bagi kehidupan manusia
Guru memberi penjelasan tambahan.
Siswa membuat kliping  mengenai kerusakan lingkungan, secara berkelompok. Pada bagian akhir dari kliping diberi kesimpulan dan sarans ingkat mengenai : siapa yang berperan dalam kerusakan lingkungan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah kelanjutan kerusakan lingkungan tersebut.
Konfirmasi:
Rangkuman dan pebeguhan dari materi belajar yang sudah dilakukan
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu” Betapa Kita Tidak Bersyukur dan diakhiri dengan doa
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menyebutkan pentingnya alam bagi kehidupan
Tes







Non tes
Tertulis











1.Apa pentingnya alam bagi kehidupan?

2. Daftarkan apa saja yang dapat dilakukan oleh remaja untuk memelihara lingkungan!

3.Buatlah Puisi yang menggambarkan kecintaan terhadap alam

4. Buat kliping tentang kerusakan lingkungan! Bagian akhir kliping diberi kesimpulan, saran singkat siapa yang berperan dalam kerusakan lingkungan dan pencegahan  selanjutnya.
Kunci jawaban:
1.       Agar kehidupan menjadi seimbang dan untuk kelangsungan anak cucu
2.       Ikut memelihara tanaman di sekitar rumah dan sekolah
Tidak membuang sampah sembaranangan

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                                                                               
2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                                                Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.

                                                               









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 12)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
       menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.3 Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam
      Lebih kuat dari pada kecenderungan manusia untuk merusaknya.
  1. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Peduli lingkungan
·         Tanggung jawab
  1. Indicator : Menjelaskan pentingnya keseimbangan ekosistem dalam kehidupan  Manusia.
     Berperanserta dalam pemeliharaan keseimbangan ekosistem.
  1. Materi Pokok: Pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem
  2. Tujuan Pembelajaran    
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan alasan perlunya menjaga keseimbangan ekosistem.
·         Menuliskan 3 contoh tindakan yang merusak keseimbanganekosistem.
·         Memberikan pendapat, apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi kecenderungan manusia merusak alam.
·         Membuat program kepedulian terhadap lingkungan
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1, Alkitab
  2. Alokasi waktu                    : 2 x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi : “Betapa Kita Tidak Bersyukur”
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan pengertian mereka tentang ekosistemstem. Guru memberi  penjelasan tambahan.
Elaborasi:
Peserta didik diajak untuk mempelajari  tulisan tentang kerusakan ekosistem (dalam buku siswa). Peserta didik mendiskusikan pentingnya ekosistem bagi kelangsungan hidup manusia.
Penyampaian hasil diskusi.
Konfirmasi:
Peserta didik diminta untuk membuat program :Wujud kepedulian terhadap lingkungan
Rangkuman dan pebeguhan dari materi belajar yang sudah dilakukan
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu” Betapa Kita Tidak Bersyukur dan diakhiri dengan doa
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menyebutkan pentingnya alam bagi kehidupan
Tes






  



Non tes
Tertulis










KMTT
1.Mengapa kita perlu menjaga keseimbangan ekosistem?

2. Tuliskan 3 contoh tindakan merusak keseimbangan ekosistem!

3.Apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi kecenderungan manusia merusak alam? Berikan pendapatmu!

4.buatlah program kepedulian terhadap lingkungan!

Kunci jawaban:
1.       Agar tetap terjaga kehidupan yang harmonis dengan alam
2.       Penambangan liar, Mencari ikan dengan granat, penggundulan hutan

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                                               





2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                                                Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 13)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1.Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
  menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.4 Menjelaskan bahwa keberadaan manusia telah dicemari oleh dosa
  2. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menjelaskan  arti dosa
  2. Materi  Ajar                        : Arti dosa (Kejadian 3, Roma 3:23, I Yohanes 3 : 1-10
  3. Tujuan Pembelajaran    
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan pengertian dosa
·         Menyebutkan alasan Adam dan hawa jatuh dalam dosa
·         Menunjukkan pendapatmu ,teman menyontek, narkoba, copet dikatakan berdosa
·         Menuliskan doa penyesalan atas perbuatan yang pernah kamu lakukan.
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :”Jiwaku Terbuka untukMu Tuhan”
Membaca kitab I Yohanes 3: 1-10
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan pengertian mereka tentang dosa. Memberi  contoh alasan perbuatan itu disebut dosa.
Peserta didik memberi pendapat, mengapa manusia pertama (Adam dan Hawa) jatuh kedalam dosa?
Elaborasi:
Peserta didik diajak untuk  diskusi kelompok tentang tindakan aborsi, mencopet, menyontek, narkoba, bermain sepanjang hari dikatakan  sebagai tindakan dosa. Kerugian apa yang ada dari tindakan itu.
Penyampaian hasil diskusi.
Konfirmasi:
Rangkuman dan peneguhan dari materi belajar yang sudah dilakukan
Menuliskan doa pengakuan doa
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu” Hati – hati tanganku yang kecil”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menjelaskan arti dosa
Tes








Tertulis








1.Apa arti dosa?

2. Mengapa Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa?

3.Mengapa pencopet, aborsi, menyontek disebut berdosa? Berikan pendapatmu?

4.Tulislah doa penyesalan ata s kesalahan yang kamu lakukan!


Kunci jawaban:
1.       Pemberontakan terhadap Allah dalam segala bentuk
2.       Tidak taat kepada perintah Allah
3.                              

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                               




2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                                                Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 14)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
  menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : Menjelaskan bahwa keberadaan manusia telah dicemari oleh dosa
  2. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Mengidentifikasi penyebab manusia jatuh dosa
  2. Materi  Ajar                        : Manusia jatuh kedalam dosa (Kejadian 3, Matius 4:1-11,
  Markus 7:21-23, Yakobus 1:13-14)
  1. Tujuan Pembelajaran    
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menyebutkan  apa saja yang sering membuat manusia jatuh kedalam dosa menurut Matius 4 : 1-11 .
·         Menuliskan hal-hal yang sering membuat anak remaja berbuat dosa dalam hidup sehari-hari
·         Menjelaskan bagaimana cara menghindari godaan yang sering muncul ingin berbuat dosa
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1, Alkitab
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :”Jiwaku Terbuka untukMu Tuhan”
Membaca kitab I Yohanes 3: 1-10
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan pengertian mereka tentang dosa. Memberi  contoh alasan perbuatan itu disebut dosa.
Peserta didik memberi pendapat, mengapa manusia pertama (Adam dan Hawa) jatuh kedalam dosa?

Elaborasi:
Peserta didik diajak untuk  diskusi kelompok tentang tindakan aborsi, mencopet, menyontek, narkoba, bermain sepanjang hari dikatakan  sebagai tindakan dosa. Kerugian apa yang ada dari tindakan itu.
Penyampaian hasil diskusi.
Konfirmasi:
Peserta didik diminta menuliskan , penyebab akan remaja sering berbuat dosa dalam kehidupan sehari-hari. Beri pula saran, bagaimana cara menghadapi godaan.
Rangkuman dan peneguhan dari materi belajar yang sudah dilakukan
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu” Hati – hati tanganku yang kecil”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Mengidentifikasi penyebab manusia jatuh kedalam dosa
Tes








Tertulis








1.Apa yang membuat manusia jatuh kedalam dosa menurut Matius 4 : 1-11?

2.Tuliskan hal-hal yang membuat anak remaja melakukan perbuatan dosa dalam kehidupan sehari-hari?

3.Bagaimana menghindari godaan yang sering muncul ingin berbuat dosa?

Kunci jawaban:
1.       Manusia lebih mementingkan kebutuhan jasmani, kekuasaan
2.        Egois dan menyukai kehidupan yang hanya bersifat duniawi
3.       Menggunakan waktu secara positif dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                               



2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 15)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
      menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            :1.4 Menjelaskan tindakan Allah terhadap dosa
  2. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menjelaskan tindakan Allah terhadap dosa
  2. Materi  Ajar                        :Tindakan Allah tehadap  dosa (Kejadian 3: 8 - 9, Lukas 15: 1- 10,
Yohanes 8 : 1 -11
  1. Tujuan Pembelajaran    
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menuliskan, menuliskan dengan singkat tindakan Allah waktu manusia pertama  jatuh kedalam dosa
·         Menjelaskan, mengapa semua  manusia jatuh kedalam dosa
·         Mendiskusikan , mengapa Raja Daud sampai jatuh kedalam dosa besar dua kali
·         Menjelaskan, apa kamu yakin setelah melakukan kesalahan Allah mengampuni kamua.
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :”Jiwaku Terbuka untukMu Tuhan”
Membaca kitab I Yohanes 3: 1-10
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Dalam eksplorasi, guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan pengalamannya saat melakukan kesalahan terhadapa orang tua , guru dan teman .
Guru memberikan penjelasan mengenai tindakan Allah terhadap manusia berdosa.
Elaborasi:
Dalam elaborasi, guru mengaka peserta didik berdiskusi “Mengapa Raja Daud, raja yang besra sampai jatuh kedalam dosa besar sampai dua kali”
Penyajian hasil diskusi
Guru member penjelasan tanbahan.
Konfirmasi:
Peserta didik diajak untuk membuat perbandingan antara kasih Allah dan kasih Manusia  dengan cara membuat table.
Konfirmasi:
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu “Jiwaku terbuka untukMu Tuhan”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menjelaskan tindakan Allah terhadap dosa
Tes








Tertulis








1.Tuliskan dengan singkat, bagaimana tindakan Allah waktu manusia  pertama jatuh kedalam dosa!

2.Mengapa semua manusia jatuh kedalam dosa?

3.Apa kamu yakin ketika kamu berdosa, Tuhan mau mengampunimu? Jelaskan!


Kunci jawaban:
1.       Tuhan Allah menjumpai dan menegur. Member pakaian
2.       Karena manusia keturunan orang berdosa
3.       Ya, karena Tuhan berjanji, siapa yang mengaku dosa Tuhan setia dan akan menyucikan kita dari dosa


Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                               



2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                                                               
Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 16)





Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
       menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.4. Menjelaskan bahwa keberadaan manusia telah dicemari oleh dosa
  2. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menjelaskan pentingnya pertobatan
  Menunjukkan sikap bertobat
  1. Materi  Ajar                        : Pertobatan (Matius 9: 9-13, Lukas 19 : 1 – 10, Yohanes 3 : 3 - 7
  2. Kegiatan pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan arti bertobat
·         Menjelaskan, mengapa kita perlu bertobat
·         Menuliskan percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus tentang pertobatan.
·         Menuliskan contoh sikap hidup orang yang sudah bertobat..
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1
  2. Alokasi waktu                    :  4x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  :  Permainan, Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
Tujuan Pmbelajaran:
1.       Menjelaskan arti bertobat
2.       Menjelaskan mengapa manusia perlu bertobat
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :”Betapa Hatiku”
Membaca kitab Matius 4: 17
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Dalam eksplorasi, guru mengajak bermain “tobat”.  Guru menjadi pemimpin
*membuat lingkaran
Jika guru mengucapkan the, maka semua peserta menyentuh bibirnya dengan jempol
Bulan, semua peserta mengucapkan indah
Matahari, semua mengucapkan panas
Yesus, semua peserta membentu hati  di dada melambangkan cinta
Setelah selsesai permaina, peserta didik diminta mengungkapkan makna dari permaian tersebut
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru meminta siswa membaca cerita tentang pertobatan yang disiapkan dalam buku sisiwa, kemudian menjawab pertanyaan.
Guru memberi  penjelasan tambahan.
Peserta didik membaca kitab Matius 9: 9 – 13, kemudian menjawab pertanyaan dalam buku siswa.
Guru memberikan penjelasan,ada 2 jenis manusia:
1.       Manusia yang mau belajar dari kesalahan, dan tidak ingin mengulangi lagi
2.       Manusia tidak peduli, dan berulang-ulang melakukan kesalahan
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi, peserta didik menjawab pertanyaan dalam buku siswa
Penutup: menyanyi : “Di depan muka Yesus”
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
1.       Menuliskan percakapan Tuhan yesus dengan Nikodemus
2.       Menuliskan contoh sikap orang yang sudah bertobat
Kegiatan Pendahuluan:
Menyanyi : Di depan Tuhan Yesus, dilanjutkan doa
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untuk menyampaikan proses pertobatan Agustinus dan Rasul  Paulus
Guru menambah penjelasan
Elaborasi:
Dalam elaborasi, guru mengajak peserta didik  untuk membaca kitab Lukas 19 : 1- 10, dalam menuliskan makna dari perumpamaan tersebut.
Peserta didik menjawab pertanyaan dari buku siswa
.               Konfirmasi:
Dalam konfirmasi, peserta didik diminta menuliskan refleksi diri dengan menjawab pertanyaan: jenis perbiatan daging yang sering dilakukan.
Peserta didik diminta membuat komentar dalam satu kalimat.
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu “ Tuhanku, bila hati kawanku”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007





  1. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menjelaskan pentingnya pertobatan

Menunjukkan sikap bertobat
Tes








Tertulis








1.Jelaskan arti bertobat!

2. Mengapa kita perlu bertobat?

3.Tuliskan percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus yang akhirnya bertobat?

4.Tuliskan, contoh sikap orang yang sudah bertobat!

Kunci jawaban:
1.       Mengaku dosa dan tidak ingin mengulangi lagi
2.       Karena Tuhan sendiri yang menyuruh
Tanpa bertobat tidak akan hidup kekal
Tanpa bertobat dosa tidak diampuni
3.       Nikodemus menanyakan bagaimana agar memperoleh hidup kekal? Tuhan Yesus menjawab: harus dilahirkan kembali
4.       Bersikap rendah hati, senantiasa menomorsatukan Tuhan dalam hidupnya

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                               
2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 17)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1.    Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
         menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.5 Menjelaskan  bahwa   hanya  Allah yang dapat mengampuni dan
                                                         menyelamatkan manusia.
  1. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menjelaskan makna dan arti baptiasan
  2. Materi  Ajar                        : Baptisan Kudus (Matius 28: 19- 20, Kisah Para Rasul 2 : 38)
  3. Kegiatan pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan arti baptisan
·         Menjelaskan, mengapa  orang perlu dibaptis
·         Menjelaskan makna baptisan
·         Memberikan tanggapan tentang 2 cara baptis : baptis selam dan baptis percik.
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1, Alkitab
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :Kusiapkan hatiku Tuhan
Membaca kitab matius 28 : 19 – 20; Kisah Para Rasul 2 : 38
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Dalam eksplorasi guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan  manfaat mandi . apa beda orang yang tidak mandi dan yang mandi.
Guru memberikan penjelasan bahwa orang beriman juga ada upacar pembersihan, yang disebut “baptisan’. Guru member penjelasan tambahan tentang makna baptisan.


Elaborasi:
Peserta didik diminta untuk menceritakan pengalaman baptis di gereja masing – masing, dengan cara yang berbeda
Peserta didik diminta membuat kesimpulan dari makna baptisan yang sebenarnya menurut Alkitab.
Konfirmasi:
Peserta didik menanyakan hal-hal yang dianggpa belum jelas.
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menjelaskan makna dan arti baptisan
Tes








Tertulis








1.Jelaskan arti baptisan!

2.Mengapa manusia perlu dibaptis!

3.Jelaskan makna baptisan!

4.Berikan 2 tanggapanmu tentang 2 macam baptisan, yaitu baptis percik dan baptis selam!
Kunci jawaban:
1.       Membersihkan
2.       Karena manusia berdosa dan membutuhkan perdamaian dengan Tuhan Allah
3.       Diperdamaikan dengan Tuhan Allah
Format Kritera penilaian
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
               






2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1
                                                                                                                                                                                               
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru mata pelajaran                                                                                                                                                                                                                                                                                     


Drs. YUNUS KAMUDEK L.                                                                              VICTOR BO’TO’ LANGI, S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.                      



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 18)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1.   Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
         menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.5 Menjelaskan  bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan
        menyelamatkan manusia
  1. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menjelaskan bahwa Injil kerajaan Allah berisi tentang pengampunan,
                                                  keselamatan, dan hidup kekal
  1. Materi  Ajar                        : Injil Kerajaan Allah (Lukas 15: 11 -32 ; Yohanes 8 : 1-11
  2. Kegiatan pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menguraikan yang dimaksud dengan Injil.
·         Menyebutkan syarat pengampunan
·         Menjelaskan yang dapat dipelajari dari cerita “Anak yang hilang”
·         Memberikan contoh sikap orang yang sudah diampuni dan menerima keselamatan dari Yesus.
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1, Alkitab
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :Kasih pasti lemah lembut
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Dalam eksplorasi guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan  pernah memaafkan orang lain. Memaafkan dan meminta maaf perlu dimengerti benar oleh peserta didik, sehingga membantu memahami pengampunan dan Tuhan.
Elaborasi:
Guru meminta peserta didik membaca kitab  Lukas 15 : 11 -32Yohanes 8 : 1-11, kemudian membahas pertanyaan dalam buku siswa.
Peserta didik disuruh membandingkan cara manusia memaafkan dan cara Tuhan mengampuni dosa manusia. Tuliskan persamaan dan perbedaannya.
Konfirmasi:
Peserta didik mendaftarkan contoh mengampuni yang pernah dilakukan.
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu “Kasih pasti lemah lembut”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Injil Kerajaan Allah
Tes








Tertulis








1.Uraikan yang dimaksud dengan Injil!

2.Sebutkan syarat-syarat diampuni!

3.Jelaskan yang dapat dipelajari dari cerita “Anak yang hilang”!

4.Berikan contoh sikap orang yang diampuni dan menerima keselamatan!


Kunci jawaban:
1.       Kabar suka cita
2.       Mengaku dosa dan terus berusaha untuk dekat dengan Tuhan dalam hidupnya
3.       Tuhan menantikan pertobatan umat manusia
4.       Akan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan

Format Kritera penilaian
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                                               



2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 19)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1.    Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
          menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.5  Menjelaskan  bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan
         menyelamatkan manusia
  1. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menjelaskan karya penyelamatanAllah melalui Yesus Kristus.
Menjelaskan perbedaan penyelamatan Allah dengan tindakan manusia      menolong seseorang keluar dari bahaya
  1. Materi  Ajar                        : Karya  Allah di dalam Kristus Yesus  ( Yohanes14 :6)
  2. Kegiatan pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan minimal 2 perbedaan antara penyelamatan Allah dengan tindakan manusia menolong sesamanya!.
·         Menjelaskan, mengapa Yesus disebut “Anak Domba Allah”.
·         Menjelaskan, apakah kamu membutuhkan Yesus sebagai Juru selamat”.
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1,Alkiab
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi :Kasih pasti lemah lembut
Kegiatan inti:
Eksplorasi :
Dalam eksplorasi guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan  pernah menolong  orang lain.
Elaborasi:
Guru meminta peserta didik untuk diskusi untuk membandingkan anatar menolong dengan menyelamatkan. Dari hasil diskusi guru menyimpulkan  dan member penjelasan tambahan
Konfirmasi:
Peserta didik diberi tugas untuk mengumpulkan informasi organisasi dekat sekolah yang bergerak dibidang kemanusiaan, kemudian mendaftarkan apa saja yang dilakukan oleh organisasi tersebut ..
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu “Kasih pasti lemah lembut”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian

Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Karya Allah dalam Kristus Yesus
Tes








Tertulis








1. jelaskan minimal 2 perbedaan antara menolong  sesame dengan penyelamatan Allah

2.Mengapa Yesus disebut Anak Domba?

3.Apakah kamu membutuhkan Tuhan Yesus sebagai penyelamat? Mengapa?

Kunci jawaban:
1.       Menolong membatu sesame dalam keadaan darurat, sedang penyelamatan Allah menyangkut kehidupan kekal
2.       Karena Tuhan Yesus mengorbankan diriNya untuk keselamatan manusia
3.       Ya, karena hanya Tuhan Yesus sumber keselamatan

Format Kritera penilaian
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                               






2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                                                Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 20)




Satuan  Pendidikan         : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester                                : VII/2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 1 x pertemuan

  1. Standar Kompetensi       : 1.    Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan
         menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
  1. Kompetens Dasar            : 1.5 Menjelaskan  bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan
         menyelamatkan manusia
  1. Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Jujur
·         Tanggung jawab
  1. Indicator                              : Menanggapi karya penyelamatan Allah dalam kehidupan melalui
                                                  ucapan syukur dan ibadah
  1. Materi  Ajar                        : Merespon karya penyelamatan Allah
  2. Kegiatan pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat:
·         Menjelaskan arti bersyukur.
·         Menjelaskan ibadah sejati menurut roma 12: 1
·         Membuat perenungan, dapat berupa puisi, doa, atau tulisan yang mengungkapkan rasa syukur atas kasih Allah melalui orang-orang dekat.
  1. Bahan  ajar                          : Buku Cermin Remaja 1, Alkitab
  2. Alokasi waktu                    : 2x 40 menit
  3. Metode pembelajaran  : Tanya jawab, penugasan
  4. Kegiatan pembelajaran
Pendahuluan:
Membangkitkan semangat belajar dengan menyanyi : Betapa hatiku berterima kasih Yesus
kegiatan inti:
Eksplorasi :
Dalam eksplorasi guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengungkapkan, apakah  pernah lupa berterima kasih setelah ditolong orang lain.
Elaborasi:
Guru meminta peserta didik membaca cerita tentang orang kaya yang bodoh danpersembahan janda miskin .
Peserta didik membandingkan kedua cerita tersebut dan menjawab pertanyaan dalam buku siswa.
Peserta didik menuliskan bentuk-bentuk ucapan syukur dan ibadah yang pernah diikuti.
Secara berkelompok peserta didik menyiapkan ibadah kecil yang berisi : doa, nyanyian, baca firman.
Konfirmasi:
Peserta didik diberi tugas bertanya kepada orang tua, bagaimana rasanya memiliki anak seperti dirinya, harapan masa depan.
Kegiatan Penutup:
Menyanyi kembali lagu “Kasih pasti lemah lembut”
  1. Sumber belajar: buku Cermin Remaja 1, Buku Guru PAK (kelompok kerja PAK PGI) tahun 2007
  2. Penilaian
Indicator Pencapaian kompetensi
penilaian
Tes/non tes
Bentuk intrumen
instrumen
Menanggapi penyelamatan Allah dalam kehidupannya melalui ucapan syukur dan ibadah
Tes








Tertulis








1. jelaskan arti bersyukur!

2.Jelaskan arti ibadah sejati menurut Roma 12 : 1!

3.buatlah perenungan berupa puisi, doa, tulisan yang mengungkapkan rasa syukuratas kasih Allah melalui orang –orang terdekat!


Kunci jawaban:
1.       Berterima kasih ata ssemua berkat yang telah diberikan Tuhan
2.       Menggunakan tubuh kita untuk kemuliaan Tuhan melalui seluruh aktifitas hidup

Format Kritera penilaian
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
                               
               





2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                                                Kalukku,
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                  Guru PAK


Drs. Yunus Kamudek, L                                                                  Victor Bo’to’ Langi, S.PAK
NIP.                                                                                                       NIP.






























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...