Kamis, 18 Mei 2017

Materi Pak smp ix



GEREJA DAN AWAL TERBENTUKNYA
Kisah Para Rasul 2

A.      Arti Gereja
1.       Kata Gereja diambil alih dari kata igreja (bahasa Portugis), yang berasal dari kata Yunani Ekklesia artinya “dipanggil keluar.” Orang yang pertama kali dipanggil keluar adalah murid-muridNya yakni Petrus, Yohanes, Yakobus, Andreas, dan lain-lain (Matius 4:18-22)
2.       Selain kata Eklesia ada kata lain dalam bahasa Yunani yang artinya Gereja yaitu Kuriakon berarti Rumah Tuhan. Jadi Kuriakon lebih menunjuk kepada sebuah Gedung tempat orang beribadah.
Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan 2 hal:
1.       Gereja adalah gedung atau tempat beribadah umat Kristen
2.       Gereja adalah pribadi-pribadi yang dipanggil oleh Allah untuk menyatukan diri dalam persekuatuan, persekutuan yang memberitakan kabar baik.
       Jadi Gereja adalah setiap orang yang dipanggil keluar dari kegelapan menuju pada terang   Kristus

B.      Awal Terbentuknya Gereja
-          Jaun sebelum kebangkitan dan kenaikannya kesurga, Yesus sebenarnya sudah memanggil sekelompok murid dan memilih dari antara mereka 12 orang menjadi rasul. Kelompok para murid inilah yang kemudian menjadi penggerak pertama lahirnya gereja di Yerusalem.
-          Gereja pertama lahir pada saat yang sama dengan perayaan pentakosta. Saat itu pentakosta dirayakan sebagai hari raya umat Yahudi untuk mengungkapkan syukur atas hasil panen. Hari raya itu disebut juga hari raya pengumpulan hasil (Kel 23:16). Dalam Perjanjian Lama pantekosta dirayakan 7 minggu atau 50 hari setelah panen.
-          Alkitab mencatat murid berkumpul pada hari pentakosta sambil menantikan janji Tuhan. Janji itu digenapi melalui pencurahan Roh Kudus atas para muris-murid lainnya.

C.      Tugas Panggilan Gereja
1.       Bersekutu (Koinonia)
Dalam ikatan persekutuan dengan Tuhan Yesus kita diberdayakan untuk saling mengasihi, menghibur, menguatkan, berbagi, dan memuliakan Allah.
2.       Bersaksi (Marturia)
Kita bersaksi bahwa Injil adalah kabar sukacita, sebab injil berisi tentang Allah yang menyelamatkan dan memperdamaikan segala sesuatu didalam diri Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat.
3.       Melayani (Diakonia)
Melayani berarti mempergunakan segenap hidup kita bagi kemuliaan Allah.
a.       Pelayanan kepada Allah bukan dilakukan demi mendapatkan pahala atau balasan, melainkan sebagai ungkapan syukur kepadanya yang telah mengasihi dan menyelamatkan kita.
b.      Pelayanan kepada Allah itu kita diwujudkan juga kepada sesame dan lingkungan
c.       Sifat pelayanan kita itu ditujukan kepada semua orang tanpa memandang suku, agama, ras, etnis, golongan, usia, gender atau status social.
d.      Palayanan kita tertuju pada Alam sekitar. Dimana Allah memberikan mandate kepada kita untuk mengusahakan dan memelihara Alam secara bertanggung jawab.
4.       Mengajar (Didaskalia)
Mengajar adalah kegiatan yang ditugaskan oleh Tuhan sendiri pada gerejanya agar warganya bertumbuh menjadi dewasa sesuai dengan kepenuhan Kristus. Inti pengajaran gereja adalah undangan Allah bagi manusia untuk bertobat dan memperbaharui diri seturut dengan kehendaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...