KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jenjang Pendidikan : SMPN
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kurikulum : 2013
Kelas / Semester : VII ( Tujuh ) / 2
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal : PG 40, Jawaban singkat 5, Uraian 5
No. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
1. |
3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargologan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Ø Keberagaman dalam masyarakat Indonesia |
VII |
· Mengidentifikasi upaya meningkatkan keberagaman masyarakat Indonesia
· Menjelaskan faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia
· Mendeskripsikan keberagaman suku bangsa
· Menentukan keberagaman agama dan kepercayaan
· Mendeskripsikan keberagaman ras
· Menjelaskan keberagaman di Indonesia sebagai aset nasional · Menjelaskan dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia · Menjelaskan makna dari semboyan Bhineka Tunggal Ika · Menganalisis keberagaman masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi ( kekayaan bangsa ) |
Pengetahuan
Pemahaman Pemahaman
Pemahaman
Aplikasi
Pemahaman
Pengetahuan
Pengetahuan
Pengetahuan Pengetahuan
Penalaran |
PG
PG Uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG Jawaban singkat
Uraian
|
1
2, 3 46
4, 5
6
7
8
9
10 41
47
|
|
|
Ø Arti penting memahami keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
VII |
· Menjelaskan arti penting keberagaman masyarakat Indonesia
|
Pengetahuan
|
PG
|
11
|
|
|
Ø Perilaku toleran terhadap keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan |
VII |
· Menerapkan wujud perilaku toleransi dalam kehidupan antar umat beragama
· Menerapkan nilai-nilai toleransi dalam keberagaman |
Aplikasi Aplikatif
Aplikasi
|
PG Jawaban singkat
PG
|
12 42
13 |
2. |
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
Ø Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
|
VII |
· Menjelaskan kemerdekaan adalah kerja sama yang dilakukan oleh para pejuang tanpa dibatasi suku, bangsa, agama ras dan adat istiadat · Mengidentifikasi bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat tampak dalam kehidupan · Mengidentifikasi tujuan nasional bangsa Indonesia · Menjelaskan kelebihan gotong royong dibandingkan bentuk kerja sama yang lainnya · Mendeskripsikan bentuk gotong royong · Mengidentifikasi nama lain ( istilah ) gotong royong yang ada di Indonesia · Menjelaskan bentuk kerjasama dalam kehidupan sosial politik · Menjelaskan bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi · Menerapkan gagasan cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah · Menjelaskan sikap yang harus dihindari dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat. · Menjelaskan tujuan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia |
Pemahaman
Pengetahuan Aplikatif
Pengetahuan
Pemahaman
Pemahaman Pengetahuan
Pemahaman
Pemahaman
Penalaran
Pemahaman
Pemahaman
|
PG
PG Jawaban Singkat
PG
PG
PG Uraian
PG
PG
Uraian
PG
PG
|
14
15 43
16
17
18 48
19
20
49
21
22
|
|
|
Ø Arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan
|
VII
|
· Menjelaskan arti pentingnya kerjasama · Mengidentifikasi cara kerja sama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Pemahaman
Pengetahuan
|
PG
PG |
23
24
|
|
|
Ø Mewujudkan kerjasama dalam berbagai lingkungan kehidupan |
|
· Menerapkan perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama · Memberi contoh pelaksanaan kerja sama atau gotong goyong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan seluruh warga sekolah. |
Aplikasi
Aplikasi |
PG
PG
|
25
26
|
3. |
3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Ø Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia |
VII |
· Menjelaskan makna proklamasi dilihat dari asfek sosiologis · Menjelaskan makna proklamasi dilihat dari asfek hukum · Mengidentifikasi bunyi pasal 18B UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Menjelaskan hakikat otonomi daerah · Mengidentifikas hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah · Menjelaskan peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain · Mengidentifikasi nilai yang harus dimiliki bangsa Indonesia dalam pembangunan · Mengidentifikasi perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional · Menjelaskan keterikatan daerah terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Pemahaman
Pemahaman
Pengetahuan
Pemahaman
Pengetahuan
Pemahaman
Pengetahuan
Pengetahuan
Pemahaman |
PG
Uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
27
50
28
29
30
31
32
33
34
|
|
|
Ø Peran Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia |
VII |
· Menjelaskan potensi kekayaan alam di daerah · Mengidentifikasi isi pasal 33 ayat (3) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Pemahaman
Pengetahuan Pengetahuan |
PG
PG Jawaban Singkat |
35
36 44 |
|
|
Ø Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
VII |
· Mengidentifikasi bentuk negara yang sesuai pasal 1 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Menjelaskan nilai-nilai yang ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara (di daerah) demi tegaknya NKRI · Memberi contoh usaha bela Negara demi mempertahankan NKRI · Memberi contoh sikap ancaman sosial budaya dalam kerangka NKRI |
Pengetahuan
Pemahaman
Aplikasi Aplikaif
Aplikasi
|
PG
PG
PG Jawaban singkat
PG
|
37
38
39 45
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar