S I L A B U S
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/ Semester :
VII/ 1
Standar kompetensi : Allah
Tri Tunggal dan KaryaNya
Menjelaskan karya Allah
dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indicator pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tehnik
|
bentuk
|
instrumen
|
|
|
|||||
1.1.menjelaskan
makna manusia sebagai mahkota ciptaan
1.2.Menceritakan
tanda-tanda bahwa Allah terus berkarya
|
1.
Manusia sebagai gambar dan rupa Allah.
2.
Manusia diberi mandat untuk berkarya
3.
Kebesaran Allah
4.
Keterbatasan manusia
5.
Kemahakuasaan Allah dan keterbasan manusia
6.
Karya Allah melalui keajaiban alam
7.Karya
Allah melalui kelahiran
8.Karya
Allah melalui kesembuhan dari penyakit
9.Pemahaman
orang Kristen tentang kematian
10.
Allah terus berkarya
|
Nilai
religious
Tanggung
jawab
Peduli
lingkungan
Tanggung
jawab
Nilai
religious
Kreatif
Kerja
keras
Jujur
Nilai
religious
Rasa
ingin tahu
Nilai
religious
Jujur
Rasa
ingin tahu
Peduli
social
Tanggung
jawab
Tanggung
jawab, peduli social
|
1.Guru
meminta siswa mengungkapkan pengertian mereka tentang “siapa manusia ”
Secara
berkelompok
2.
Siswa membaca Kejadian 1: 26-28; 2:7, dan mengungkapkan yang mereka pahami
tentang gambar dan rupa Allah
1.Pesan
berantai ayat alkitab
2.Pembahasan
materi
3.Sosiodrama
“melaksanakan perintah ayah”
4.Siswa
mendata apa saja yang dapat dilakukansebagai pelaksana mandat Allah
1.
Siswa mengungkapkan tokoh yang dikagumi, dan memberikan alasan mengagumi.
2.
Guru mengajak siswa untuk menjelaskan apa yang dia pahami tenatng kebesaran
dan kehebatan Allah.
3.
Diskusi kelompok, denga pertanyaan: bukti kebesaran Allah dan tanggapan
manusia atas kebesaran Allah
4.
Siswa menulis puisi tentang kebesaran Allah
1.Guru
mengajak siswa mengingat kembali tokoh yang dikagumi pada pelajaran
sebelumnya.
2.
bermain keterbatasanku, dengan menuliskan lima kelebihan dan lima kelemahan
pada kertas.
3.
siswa menuliskan kelebihan dan kelemahan temannya, ditulis di kertas dan
ditempel pada punggung. Semua siswa melakukan.
4.
siswa mengungkapkan manfaat permainan tersebut.
5.
guru menekankan bahwa setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan. Diskusi
kelompok
6.
PR: menuliskan salah satu contoh keterbasan manusia
1.Guru
menyampaikan mateti tentang kemahakuasaan Allah
2.
siswa membandingkan kekuasaan Allah dan keterbatasan manusi, dengan membaca
kitab Keluaran 14:15-31: Yosua 6: 16-27: Yohanes 2:1-11; Yohanes 6:1-15;
Yohanes 6: 16-21
3.
siswa mencari dalam surat kabar tentang kehebatan manusia yang dapat membuat
sombong dan dikumpulkan minggu depan.
1.Siswa
mengumpulkan PR
2.
membaca kitab Kejadian 30:25-43
3.
Guru menyampaikan materi kreatif
4.
Siswa menjawab pertanyaan yang disiapkan
1.Siswa
diminta menceritakan pengalaman mereka tentang peristiwa kelahiran yang
pernah dilihat.
2.Siswa
dibagi dalam kelompok, memilih satu tokoh Alkitab: Musa, Samuel Yohanes
Pembaptis.
Setiap kelompokmengerjakan:
*mendaftarkan
apa yang dipersiapkan orang tua dari bayi.
*Mencatat
janji Allah sehubungan kelahiran bayi tersebut.
Siswa
diberi kesempatan membandingkan dengan kelahiran dirinya.
1.Guru
mengajak siswa mengungkapkan pengalaman waktu sakit.
2.Siswa
secara berkelompok mebaca kitab II Raja-raja 5:1-19; II Raja-raja20:1-11;
Markus 7:31-37; Luakas 5:17-26: Lukas 6:1-11, Yohanes 4:46-64, Yohanes
5:1-18.
a.Mencatat
identitas orang yang sakit
b.mempelajari
cara Tuhan menyembuhkan penyakit.
c.mencatat
apa yang dilakukan orang yang sudah disembuhkan
d.Membuat
kesim pulan satu kalimat tentang karya Allah.
e.
siswa medaftar cara dokter menyembuhkan penyakit.
Siswa
mengungkapkan pengalaman mereka ketika menyaksikan atau mendengar tentang
kematian
Siswa
secara berkelompok membaca bagian Alkitab Mazmur 90:3-12; Mazmur 116: 15;
Yohanes 11:11; Roma 6:5-10. Membaca dan menjelaskan yang dikatakan Alkita
tentang kematian. Bersama guru siswa
mencari kesimpulan
Guru
mengajak siswa membaca Matius 6: 25-34, lalu membahas pertanyaan-pertanyaan:
Siswa
mendata bahwa Allah masih terus berkarya
Siswa
ditugaskan membuat tulisan yang mengungkapkan ucapan syukur atas karya Allah.
Tulisan dapat berupa puisi, doa.
|
Menjelaskan
makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah.
Mewujudkan
tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah dalam
melaksanakan mandate untuk berkarya
Menjelaskan
kebesaran Allah
Menjelaskan
dengan arti keterbasan manusia dalam pikiran, perasaan, dan perbuatan
Membandingkan
kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia
Menceritakan
karya Allah melalui keajaiban alam
Menyebutkan
contoh-contoh perbuatan siswa yang menghargai karya Allah dalam kaitan dengan
alam.
Menceritakan
Karya Allah melalui kelahiran
Menceritakan
karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit
Menceritakan
karya Allah melalui kematian
Menyebutkan
sikap yang baik dalam menghadapi kematian
Menunjukkan
tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya
|
|
uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
terulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
TT
|
1.
sebutkan apa saja yang kamu ketahui, manusia sebagai gambar dan rupa Allah !
1.jelaskan
arti manusia diberi mandate untuk berkarya
Tuliskan
2 contoh kebesaran Allah!
Tuliskan
2 contoh keterbasan manusia!
Menyebutkan
kebesaran Allah beberapa kebesaran Allah dalm hidup manusia!
Ceritakan
kebesaran Allah kamu rasakan dalm hidup
Ceritakan,
bagaimana Allah berkarya dalam proses
kelahiran Yosua, Musa dan Yohanes
Sebutkan
beberapa penyakit yang disembuhkan Tuhan Yesus dan bagimana cara Tuhan Yesus
menyembuhkan?
Bagaimana
sikap orang beriman menghadapi kematian?
Mengapa
manusia sering kuatir dalam hidup?
Buatlah
sebuah puisi atau tulis pendek yang menceritakan kebesaran Allah
|
4jp
4jp
2jp
4jp
4jp
2jp
2jp
2jp
2jp
4jp
|
Buku
Cermin Remaja 1. Kelompok kerja PA PGI tahun 2007, halaman 1-7
Alkitab
Kran
Buku
cermin remaja 1 hal 11-17
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 1
Ha18
– 24
Cermin
Remaja 1
Hal
25-32
Cermin
Remaja 1
Hal
33 – 37
Alkitab
Cermin
Remaja 1
Hal
38- 41
Alkitab
Cermin
Remaja 1 hal
42
– 47
Cermin
Remaja 1 hal 48 – 54
Alkitab
Cermin
Remaja 1 hal 55 – 61
Alkitab
Cermin
Remaja 1 hal 62 – 68
Alkitab
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Drs. Yunus Kamudek,
L Victor Bo’to Langi, S.PAK
Nip. Nip.
S I L A B U S
Sekolah :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester :
VII / 2
Standar Kompetensi :
Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan
manusia serta seluruh ciptaan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indicator pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
||
tehnik
|
bentuk
|
Contoh instrumen
|
|||||||
1.3.Mengakui bahwa pemeliharaan Allah
terhadap manusia dan alam lebih kuat dari pada kecenderungan manusia untuk
menrusaknya
|
11.Pentinya alam bagi
kehidupan manusia
|
Peduli lingkungan
Tanggung jawab
|
1.Guru meminta peserta didik
menceritakan pengalaman kebanjiran dan dampak yang ditimbulkannya
2.Peserta didik mendaftar fungsi alam
bagi kehidupan manusia
3.Peserta didik membuat kliping tentang
kerusakan lingkungan
|
*menjelaskan pentingnya alam bagi
manusia
*bersyukur untuk pemeliharaan Allah atas
kehidupannya melalui alam dan segala jenisnya
|
Tes
Non tes
|
Uraian
tertulis
|
1.Mengapa alam perlu dipelihara?
2.Tuliskan apa saja fungsi alam bagi
manusia!
3.Daftarkan apa saja yang dapat
dilakukan untuk memelihara lingkungan
4.Buatlah kliping tentang kerusakan
lingkungan!
1.Mengapa kita perlu menjaga
keseimbangan ekosistem?
2.Tulislah 3 contoh tindakan merusak
alam!
3.Mengapa manusia sering merusak lingkungan?Bagaimana
mengatasinya?
4.Buatlah program pribadi sebagai wujud
kepedulian lingkungan!
|
2 jp
|
Cermin Reman 1 Kelompok Keja PGI Th 2007, hal 69-74
Alkitab
|
|
12.Pentingnya keseimbangan ekosistem
|
Peduli lingkungan
Tanggung jawab
|
1.Guru mengadakan Tanya jawab dengan
pesrta didik tentang ekosistem
2.Guru mengajak peserta didik untuk
mempelajari tulisan tentang kerusakan alam
3.diskusi kelompok : merumuskan yang
dapat dilakukan masyarakat dalam menjaga lingkungan
4.Peserta didik membuat program secara
pribadi sebagai wujud kepedulian lingkungan
|
*Menjelaskan pentingnya keseimbangan
ekosistemdalam kehidupan manusia
*Berperan serta dalam pemeliharaan
keseimbangan ekosistem
|
Tes
|
Uraian tertulis
|
2 jp
|
Cemin Remaja 1 hal 75 – 81
Alkitab
|
|
1.4.Menjelaskan bahwa keberadaan manusia
telah dicemari oleh dosa
|
13.Arti dosa
|
Nilai religius
Jujur
|
1.Tanya jawab tentang dosa,
contoh-contoh dosa.
2Peserta didik diskusi tentang menyontek
aborsi, pembunuhan, korupsi
3.Membaca kitab 1 Yohanes 3:1-10, dan
menjawab pertanyaan.
4. Peserta didik menuliskan dosa apa
saja yang pernah dilakukan
|
*Menjelaskan arti dosa
|
tes
|
Uraian
|
1.Jelaskan arti dosa!
2.Bagaimana tindakanmu jika melihat temanmu menyontek saat ulangan?
3.Tulislah doa penyesalan kamu mengenai perbuatan yang pernagh kamu
lakukan!
|
4 jp
|
Cermin Remaja 1 Hal 82 -86
Alkitab
|
|
14manusia jatuh kedalam dosa
|
Nilai religius
|
1.Membaca kitab Kejadian dan
mendiskusikan: Mengapa manusia jatuh dalam dosa
2.Membaca Kitab Matius 4 :1-11 dan menuliskan yang sering
membuat manusia jatuh dosa
3.Menuliskan hal-hal yang sering membuat
anak-anak usia remaja berbuat dosa, dan jelaskan bagaimana cara menghindari
|
Mengidentifikasi penyebab manusia jatuh
kedalam dosa
|
Tes
|
Uraian tertulis
|
1.Jelaskan mengapa manusia pertma sampai
jatuh kedalam dosa?
2.Apa yang sering membuat manusia jatuh
kedalam dosa menurut Matius 4:1-11?
3.Hal-hal apa saja yang sering membuat
remaja seusiamu jatuh kedalam dosa, dan bagaimana cara menghindarinya?
|
2 jp
|
Cermin Remaja 1 hal 87 - 91
|
1.4.Menjelaskan bahwa keberadaan manusia
telah dicemari oleh dosa
|
15.Tindakan Allah terhadap dosa
|
Nilai religius
Jujur
|
1.Peserta didik Membaca kitabLukas 15:
1-10, dan menjawab pertanyaan.
2 Peserta didik menceritakan pengalaman
saat melakukan kesalahan terhadap orang dan teman.Guru member
penjelasanmengenai tindaka Allah terhadap manusia dosa
|
*Menjelaskan arti dosa
|
tes
|
|
1.Bagaimana tindakan Allah ketika
manusia jatuh kedalam dosa?
2.Mengapa semua manusia jatuh kedalam dosa?
3.Dalam Lukas 15:1-10, mengambarkan
sikapmAllah yang bagaimana terhadap manusia berdosa?
|
2 jp
|
Cermin Remaja 1 Hal 82 -86
Alkitab
|
|
16.Pertobatan
|
Nilai religious
jujur
|
1.Permainan Tobat dengan membentuk
lingkaran.
2.Guru menanyakankepada peserta didik,
apa yang dilakukan ketika telah melakukan kesalahan.
3.Membaca cerita tentang “Bertobat”
dalam buku siswa
4.Membaca Kitab Lukas 19:1-10, dan
menjawab pertanyaan dalam buku siswa.
5.Refleksi diri: menjawab pertanyaan
dalam buku siswa.
6. Guru membuat rangkuman jawaban peserta didik
7.Menyanyi”Tuhanku, bila hati kawanku”
|
Mengidentifikasi penyebab manusia jatuh
kedalam dosa
|
tes
|
|
1.Apa arti bertobat?
2.Jelaskan mengapa kita perlu bertobat?
3.Tuliskan contoh perbuatan yang hanya
menuruti daging?
4. Mengapa Zakeus disebut orang berdosa
oleh kaum Farisi?
5.Bagaimana wujud pertobatan Zakeus?
|
4 jp
|
Cermin Remaja 1 hal 99 – 107
Alkitab
|
1.5.Menjelaskan bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dosa dan menyelamatkan
manusia
|
17. Baptisan Kudus
|
Nilai religius
Jujur
|
1.Peserta didik Menjawab pertanyaan
guru: apa ada yang tidak mandi sebelum berangkat ke sekolah
2.Guru menghubungkan mandi dengan
baptisan kudus.
3.Peserta didik menyampaikan
pengalamannya dibaptis
3.guru menjelaskan 2 macam baptis
|
Menjelaskan arti dan makna baptisan
|
tes
|
uraian
|
1Apa arti baptisan dalam bahasa Yunani?
2.Jelaskan mengapa orang perlu dibaptis?
3. Jelaskan makna Baptisan!
4.Bagaiman pandanganmu tentang 2 cara
baptis: percik dan selam?
|
2
jp
|
Cermin Remaja 1 Hal 108 112
|
|
18. Injil kerajaan Allah
|
Nilai religious
|
1.Guru bertanya : apa ada yang ketika
melakukan kesalah dan terus meminta maaf? Bagimana rasanya ketika dimaafkan?
2.Membaca Ktab Yohanes 8: 1-11; Lukas
15: 11 -32, dan menjawab pertanyaan
3. Peserta didik diminta membandingkan
cara Allah mengampuni dan orang memberi maaf
|
Menjelaskan bahwa Injil Kerajaan
Allahberisi berita pengampunan , keselamatam, dan hidup yang kekal
|
Tes
|
Uraian tertulis
|
1.Apa yang dimaksud dengan Injil
2. Apa yang Tuhan Yesus tawarkan kepada
orang yang sudah diampuni?
3.Apa yang disampaikan Tuhan Yesus
kepada perempuan yang kedapatan berzinah?
4. Apa makna perumpamaan tentang “Anak
yang hilang”?
|
4 jp
|
Cermin Remaja 1 hal 113 – 11
Alkitab
|
1.5.Menjelaskan bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dosa dan menyelamatkan
manusia
|
19. Karya Allah dal Yesus Kristus
|
Nilai religius
Jujur
|
1.Peserta didik diberi kesempatan untuk
mengungkapkan “siapa Yesus?
2.Siswa diberi kesempatan untuk
mengungkapkan pengalaman menolong orang lain.
3.Peserta didik membandingan antara
menolong dengan mengampuni
4.Peserta didik diminta untuk mencari
informasi organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, mendaftar apa saja
yang dilakukan oleh organisasi tersebut.
|
*menjelaskan karya penyelamatan Allah
melalui Yesus Kristus
*Menjelaskan perbedaan antara
penyelamatan Allah dengan menolong seseorang keluar dari bahaya
|
Tes
|
Uraian
|
1.Jelaskan pandangan tentang keselamatan
menurut iman Kristen?
2. Jelaskan 3 perbedaan antara
penyelamatan Allah dengan tindakan manusia dalammenolong sesame?
3. Sebutkan 2 istilah yang sering
dipakai untuk menjelaskan Tuhan Yesus
sebagai Juruselamat!
4. Jelaskan mengapa Tuhan Yesus disebut
“Anak Domba Allah”
5.Mengapa kamu memerlukan Juruselamat?
|
4 jp
|
Cermin Remaja 1 hal 118 – 125
Alkitab
|
|
20. Merespon penyelamatan Allah
|
Nilai religious
|
1.Peserta didik diminta untuk mengingat,
apakah pernah lupa mengucapkan terma kasih atas perbuatan baik orang lain.
2. Peserta didik membaca kitab Lukas 12:
13-21” orang kaya yang bodoh dan Lukas 21: 1-4tentang persembahan janda
miskin
3.menuliskan bentuk-bentuk ibadah
|
*Menanggapi penyelamatan Allah dalam
kehidupan melalui ucapan syukur dan ibadah
|
Tes
|
uraian
|
1.jelaskan pengertian bersyukur!
2. Apa arti ibadah yang sejati itu?
3. Buatlah sebuah perenungan sebagai
ungkapan syukur kepada Tuhan atas kasih yang tersalur melalui orang tua atau
orang-orang terdekat!
|
2 jp
|
Cermin Remaja 1 hal 126 130
Alkitab
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Yunus Kamudek,
L Victor Bo’to Langi, S.PAK
Nip. Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar