Kamis, 18 Mei 2017

SILABUS PAK SMP KELAS VII SEMETER 1/2



S I L A B U S
Nama Sekolah               : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/ Semester             : VII/ 1
Standar kompetensi        : Allah  Tri Tunggal dan KaryaNya
Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Indicator pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber Belajar
Tehnik
bentuk
instrumen



1.1.menjelaskan makna manusia sebagai mahkota ciptaan












































































1.2.Menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus berkarya




1. Manusia sebagai gambar dan rupa Allah.








2. Manusia diberi mandat  untuk berkarya









3. Kebesaran Allah
















4. Keterbatasan manusia




















5. Kemahakuasaan Allah dan keterbasan manusia












6. Karya Allah melalui keajaiban alam








7.Karya Allah melalui kelahiran

















8.Karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit






















9.Pemahaman orang Kristen tentang kematian












10. Allah terus berkarya


Nilai religious
Tanggung jawab








Peduli lingkungan
Tanggung jawab








Nilai religious
Kreatif
















Kerja keras
Jujur





















Nilai religious
Rasa ingin tahu













Nilai religious
Jujur









Rasa ingin tahu
Peduli social
Tanggung jawab














Tanggung jawab, peduli social
























1.Guru meminta siswa mengungkapkan pengertian mereka tentang “siapa manusia ”
Secara berkelompok

2. Siswa membaca Kejadian 1: 26-28; 2:7, dan mengungkapkan yang mereka pahami tentang gambar dan rupa Allah


1.Pesan berantai ayat alkitab

2.Pembahasan materi

3.Sosiodrama “melaksanakan perintah ayah”

4.Siswa mendata apa saja yang dapat dilakukansebagai pelaksana mandat Allah


1. Siswa mengungkapkan tokoh yang dikagumi, dan memberikan alasan mengagumi.

2. Guru mengajak siswa untuk menjelaskan apa yang dia pahami tenatng kebesaran dan kehebatan Allah.

3. Diskusi kelompok, denga pertanyaan: bukti kebesaran Allah dan tanggapan manusia atas kebesaran Allah

4. Siswa menulis puisi tentang kebesaran Allah


1.Guru mengajak siswa mengingat kembali tokoh yang dikagumi pada pelajaran sebelumnya.

2. bermain keterbatasanku, dengan menuliskan lima kelebihan dan lima kelemahan pada kertas.

3. siswa menuliskan kelebihan dan kelemahan temannya, ditulis di kertas dan ditempel pada punggung. Semua siswa melakukan.

4. siswa mengungkapkan manfaat permainan tersebut.

5. guru menekankan bahwa setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihan. Diskusi kelompok
6. PR: menuliskan salah satu contoh keterbasan manusia


1.Guru menyampaikan mateti tentang kemahakuasaan Allah

2. siswa membandingkan kekuasaan Allah dan keterbatasan manusi, dengan membaca kitab Keluaran 14:15-31: Yosua 6: 16-27: Yohanes 2:1-11; Yohanes 6:1-15; Yohanes 6: 16-21

3. siswa mencari dalam surat kabar tentang kehebatan manusia yang dapat membuat sombong dan dikumpulkan minggu depan.


1.Siswa mengumpulkan PR

2. membaca kitab Kejadian 30:25-43

3. Guru menyampaikan materi kreatif

4. Siswa menjawab pertanyaan yang disiapkan



1.Siswa diminta menceritakan pengalaman mereka tentang peristiwa kelahiran yang pernah dilihat.

2.Siswa dibagi dalam kelompok, memilih satu tokoh Alkitab: Musa, Samuel Yohanes Pembaptis.
 Setiap kelompokmengerjakan:
*mendaftarkan apa yang dipersiapkan orang tua dari bayi.
*Mencatat janji Allah sehubungan kelahiran bayi tersebut.

Siswa diberi kesempatan membandingkan dengan kelahiran dirinya.


1.Guru mengajak siswa mengungkapkan pengalaman waktu sakit.

2.Siswa secara berkelompok mebaca kitab II Raja-raja 5:1-19; II Raja-raja20:1-11; Markus 7:31-37; Luakas 5:17-26: Lukas 6:1-11, Yohanes 4:46-64, Yohanes 5:1-18.

a.Mencatat identitas orang yang sakit

b.mempelajari cara Tuhan menyembuhkan penyakit.

c.mencatat apa yang dilakukan orang yang sudah disembuhkan
d.Membuat kesim pulan satu kalimat tentang karya Allah.

e. siswa medaftar cara dokter menyembuhkan penyakit.


Siswa mengungkapkan pengalaman mereka ketika menyaksikan atau mendengar tentang kematian



Siswa secara berkelompok membaca bagian Alkitab Mazmur 90:3-12; Mazmur 116: 15; Yohanes 11:11; Roma 6:5-10. Membaca dan menjelaskan yang dikatakan Alkita tentang kematian.  Bersama guru siswa mencari kesimpulan


Guru mengajak siswa membaca Matius 6: 25-34, lalu membahas pertanyaan-pertanyaan:
  1. Apa saja yang dapat membuat orang kuatir hidupnya?
  2. MengapaTuhan Yesus menyuruh  kita tidak boleh kuatir?
  3. Bagaimana seharusnya kita menyikapi masa depan kita?
Siswa mendata bahwa Allah masih terus berkarya
Siswa ditugaskan membuat tulisan yang mengungkapkan ucapan syukur atas karya Allah. Tulisan dapat berupa puisi, doa.




Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah.








Mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah dalam melaksanakan mandate untuk berkarya






Menjelaskan kebesaran Allah
















Menjelaskan dengan arti keterbasan manusia dalam pikiran, perasaan, dan perbuatan



















Membandingkan kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia












Menceritakan karya Allah melalui keajaiban alam

Menyebutkan contoh-contoh perbuatan siswa yang menghargai karya Allah dalam kaitan dengan alam.


Menceritakan Karya Allah melalui kelahiran

















Menceritakan karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit






















Menceritakan karya Allah melalui kematian
Menyebutkan sikap yang baik dalam menghadapi kematian










Menunjukkan tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya


uraian
tertulis









Uraian tertulis










Uraian terulis
















Uraian tertulis





















Uraian tertulis














Uraian tertulis









Uraian tertulis

















Uraian tertulis
























Uraian tertulis













TT

1. sebutkan apa saja yang kamu ketahui, manusia sebagai gambar dan rupa Allah !






1.jelaskan arti manusia diberi mandate untuk berkarya








Tuliskan 2 contoh kebesaran Allah!
















Tuliskan 2 contoh keterbasan manusia!




















Menyebutkan kebesaran Allah beberapa kebesaran Allah dalm hidup manusia!










Ceritakan kebesaran Allah kamu rasakan dalm hidup







Ceritakan, bagaimana  Allah berkarya dalam proses kelahiran Yosua, Musa dan Yohanes













Sebutkan beberapa penyakit yang disembuhkan Tuhan Yesus dan bagimana cara Tuhan Yesus menyembuhkan?


















Bagaimana sikap orang beriman menghadapi kematian?











Mengapa manusia sering kuatir dalam hidup?





Buatlah sebuah puisi atau tulis pendek yang menceritakan kebesaran Allah


4jp










4jp











2jp

















4jp






















4jp















2jp










2jp


















2jp

























2jp














4jp









Buku Cermin Remaja 1. Kelompok kerja PA PGI tahun 2007, halaman 1-7
Alkitab

Kran
Buku cermin remaja 1 hal 11-17
Alkitab






Buku Cermin Remaja 1
Ha18 – 24














Cermin Remaja 1
Hal 25-32




















Cermin Remaja 1
Hal 33 – 37
Alkitab











Cermin Remaja 1
Hal 38- 41
Alkitab






Cermin Remaja 1 hal
42 – 47















Cermin Remaja 1 hal 48 – 54
Alkitab





















Cermin Remaja 1 hal 55 – 61
Alkitab










Cermin Remaja 1 hal 62 – 68
Alkitab
                                                                                                                                                                                               


Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. Yunus Kamudek, L                                                                                                                                    Victor Bo’to Langi, S.PAK
Nip.                                                                                                                                                              Nip.








S I L A B U S


Sekolah                                                : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Kelas / Semester              : VII / 2
Standar Kompetensi       : Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan, memelihara, dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Indicator pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
tehnik
bentuk
Contoh instrumen
1.3.Mengakui bahwa pemeliharaan Allah terhadap manusia dan alam lebih kuat dari pada kecenderungan manusia untuk menrusaknya
11.Pentinya alam  bagi kehidupan manusia

Peduli lingkungan

Tanggung jawab

1.Guru meminta peserta didik menceritakan pengalaman kebanjiran dan dampak yang ditimbulkannya

2.Peserta didik mendaftar fungsi alam bagi kehidupan manusia

3.Peserta didik membuat kliping tentang kerusakan lingkungan


*menjelaskan pentingnya alam bagi manusia

*bersyukur untuk pemeliharaan Allah atas kehidupannya melalui alam dan segala jenisnya
Tes







Non tes

Uraian
tertulis
1.Mengapa alam perlu dipelihara?

2.Tuliskan apa saja fungsi alam bagi manusia!

3.Daftarkan apa saja yang dapat dilakukan untuk memelihara lingkungan

4.Buatlah kliping tentang kerusakan lingkungan!





1.Mengapa kita perlu menjaga keseimbangan ekosistem?

2.Tulislah 3 contoh tindakan merusak alam!

3.Mengapa manusia sering merusak lingkungan?Bagaimana mengatasinya?

4.Buatlah program pribadi sebagai wujud kepedulian lingkungan!
2 jp
Cermin Reman 1 Kelompok Keja PGI Th 2007, hal 69-74
Alkitab

12.Pentingnya keseimbangan ekosistem

Peduli lingkungan

Tanggung jawab

1.Guru mengadakan Tanya jawab dengan pesrta didik tentang ekosistem

2.Guru mengajak peserta didik untuk mempelajari tulisan tentang kerusakan alam

3.diskusi kelompok : merumuskan yang dapat dilakukan masyarakat dalam menjaga lingkungan

4.Peserta didik membuat program secara pribadi sebagai wujud kepedulian lingkungan

*Menjelaskan pentingnya keseimbangan ekosistemdalam kehidupan manusia




*Berperan serta dalam pemeliharaan keseimbangan ekosistem

Tes


Uraian tertulis
2 jp

Cemin Remaja 1 hal 75 – 81
Alkitab
1.4.Menjelaskan bahwa keberadaan manusia telah dicemari oleh dosa
13.Arti dosa
Nilai religius
Jujur

1.Tanya jawab tentang dosa, contoh-contoh dosa.

2Peserta didik diskusi tentang menyontek aborsi, pembunuhan, korupsi

3.Membaca kitab 1 Yohanes 3:1-10, dan menjawab pertanyaan.

4. Peserta didik menuliskan dosa apa saja yang pernah dilakukan
*Menjelaskan arti dosa







tes

Uraian

1.Jelaskan arti dosa!

2.Bagaimana tindakanmu jika melihat temanmu menyontek saat ulangan?

3.Tulislah doa penyesalan kamu mengenai perbuatan yang pernagh kamu lakukan!

4 jp

Cermin Remaja 1 Hal 82 -86
Alkitab


14manusia jatuh kedalam dosa

Nilai religius

1.Membaca kitab Kejadian dan mendiskusikan: Mengapa manusia jatuh dalam dosa

2.Membaca Kitab  Matius 4 :1-11 dan menuliskan yang sering membuat manusia jatuh dosa


3.Menuliskan hal-hal yang sering membuat anak-anak usia remaja berbuat dosa, dan jelaskan bagaimana cara menghindari



Mengidentifikasi penyebab manusia jatuh kedalam dosa

Tes

Uraian tertulis

1.Jelaskan mengapa manusia pertma sampai jatuh kedalam dosa?

2.Apa yang sering membuat manusia jatuh kedalam dosa menurut Matius 4:1-11?

3.Hal-hal apa saja yang sering membuat remaja seusiamu jatuh kedalam dosa, dan bagaimana cara menghindarinya?
2 jp

Cermin Remaja 1 hal 87 - 91
1.4.Menjelaskan bahwa keberadaan manusia telah dicemari oleh dosa
15.Tindakan Allah terhadap dosa
Nilai religius
Jujur

1.Peserta didik Membaca kitabLukas 15: 1-10, dan menjawab pertanyaan.

2 Peserta didik menceritakan pengalaman saat melakukan kesalahan terhadap orang dan teman.Guru member penjelasanmengenai tindaka Allah terhadap manusia dosa
*Menjelaskan arti dosa







tes

1.Bagaimana tindakan Allah ketika manusia jatuh kedalam dosa?

2.Mengapa  semua manusia jatuh kedalam dosa?

3.Dalam Lukas 15:1-10, mengambarkan sikapmAllah yang bagaimana terhadap manusia berdosa?

2 jp

Cermin Remaja 1 Hal 82 -86
Alkitab

16.Pertobatan
Nilai religious
jujur

1.Permainan Tobat dengan membentuk lingkaran.

2.Guru menanyakankepada peserta didik, apa yang dilakukan ketika telah melakukan kesalahan.

3.Membaca cerita tentang “Bertobat” dalam buku siswa

4.Membaca Kitab Lukas 19:1-10, dan menjawab pertanyaan dalam buku siswa.

5.Refleksi diri: menjawab pertanyaan dalam buku siswa.

6. Guru membuat rangkuman jawaban peserta didik

7.Menyanyi”Tuhanku, bila hati kawanku”

Mengidentifikasi penyebab manusia jatuh kedalam dosa

tes


1.Apa arti bertobat?

2.Jelaskan mengapa kita perlu bertobat?

3.Tuliskan contoh perbuatan yang hanya menuruti daging?

4. Mengapa Zakeus disebut orang berdosa oleh kaum Farisi?

5.Bagaimana wujud pertobatan Zakeus?


4 jp

Cermin Remaja 1 hal 99 – 107
Alkitab
1.5.Menjelaskan bahwa  hanya Allah yang  dapat mengampuni dosa dan menyelamatkan manusia
17. Baptisan Kudus
Nilai religius
Jujur

1.Peserta didik Menjawab pertanyaan guru: apa ada yang tidak mandi sebelum berangkat ke sekolah

2.Guru menghubungkan mandi dengan baptisan kudus.

3.Peserta didik menyampaikan pengalamannya dibaptis

3.guru menjelaskan 2 macam baptis



Menjelaskan arti dan makna baptisan





tes

uraian

1Apa arti baptisan dalam bahasa Yunani?

2.Jelaskan mengapa orang perlu dibaptis?

3. Jelaskan makna Baptisan!

4.Bagaiman pandanganmu tentang 2 cara baptis: percik dan selam?
2 jp

Cermin Remaja 1 Hal 108 112

18. Injil kerajaan Allah

Nilai religious


1.Guru bertanya : apa ada yang ketika melakukan kesalah dan terus meminta maaf? Bagimana rasanya ketika dimaafkan?

2.Membaca Ktab Yohanes 8: 1-11; Lukas 15: 11 -32, dan menjawab pertanyaan


3. Peserta didik diminta membandingkan cara Allah mengampuni dan orang memberi maaf

Menjelaskan bahwa Injil Kerajaan Allahberisi berita pengampunan , keselamatam, dan hidup yang kekal

Tes


Uraian tertulis

1.Apa yang dimaksud dengan Injil

2. Apa yang Tuhan Yesus tawarkan kepada orang yang sudah diampuni?

3.Apa yang disampaikan Tuhan Yesus kepada perempuan yang kedapatan berzinah?

4. Apa makna perumpamaan tentang “Anak yang hilang”?

4 jp

Cermin Remaja 1 hal 113 – 11
Alkitab
1.5.Menjelaskan bahwa  hanya Allah yang  dapat mengampuni dosa dan menyelamatkan manusia
19. Karya Allah dal Yesus Kristus
Nilai religius
Jujur

1.Peserta didik diberi kesempatan untuk mengungkapkan “siapa Yesus?

2.Siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan pengalaman menolong orang lain.

3.Peserta didik membandingan antara menolong dengan mengampuni

4.Peserta didik diminta untuk mencari informasi organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, mendaftar apa saja yang dilakukan oleh organisasi tersebut.


*menjelaskan karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus

*Menjelaskan perbedaan antara penyelamatan Allah dengan menolong seseorang keluar dari bahaya



Tes

Uraian


1.Jelaskan pandangan tentang keselamatan menurut iman Kristen?

2. Jelaskan 3 perbedaan antara penyelamatan Allah dengan tindakan manusia dalammenolong sesame?

3. Sebutkan 2 istilah yang sering dipakai untuk menjelaskan  Tuhan Yesus sebagai Juruselamat!

4. Jelaskan mengapa Tuhan Yesus disebut “Anak Domba Allah”

5.Mengapa kamu memerlukan Juruselamat?
4 jp
Cermin Remaja 1 hal 118 – 125
Alkitab

20. Merespon penyelamatan Allah
Nilai religious


1.Peserta didik diminta untuk mengingat, apakah pernah lupa mengucapkan terma kasih atas perbuatan baik orang lain.




2. Peserta didik membaca kitab Lukas 12: 13-21” orang kaya yang bodoh dan Lukas 21: 1-4tentang persembahan janda miskin
3.menuliskan bentuk-bentuk ibadah

*Menanggapi penyelamatan Allah dalam kehidupan melalui ucapan syukur dan ibadah



Tes



uraian

1.jelaskan pengertian bersyukur!

2. Apa arti ibadah yang sejati itu?

3. Buatlah sebuah perenungan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas kasih yang tersalur melalui orang tua atau orang-orang terdekat!

2 jp
Cermin Remaja 1 hal 126 130
Alkitab
                                                                                                                               
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. Yunus Kamudek, L                                                                                                                                              Victor Bo’to Langi, S.PAK
Nip.                                                                                                                                                                        Nip.















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...