RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 1)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi: 1. hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
Beriman dan berpengharapan
B.
Kompetensi
Dasar : 1.1.Hidup bersyukur dalam segala
situasi
C.
Indikator
pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan
makna hidup bersyukur
·
Menyebutkan
alasan bersyukur
D.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah pembelajaran
selesai, diharapaka siswa dapat:
1. Menyebutkan arti bersyukur
2. Menjelaskan cara mengungkapkan rasa syukur
kepada Tuihan
3. Mengungkapkan rasa terima kasih kepada
guru, orang tua dan teman
4. Memberikan contoh, bukti kasih Tuhan tidak
pernah meninggalkan kita
E.
Materi
Ajar: hidup bersyukur
F.
Alokasi
Waktu : 2x pertemuan
G.
Model/
metode Pembelajaran: curah pendapat,
Tanya awab
H.
Kegiatan
pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menyebutkan arti bersyukur
2. Menjelaskan cara mengungkapkan rasa syukur
kepada Tuhan
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama :
Yesus sayang padaku
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru
mengajak siswa mengungkapkan hal-hal apa saja yang penting dan sering disyukuri
dalam hidupnya, dalam tulisan dan lisan.
Elaborasi :
Guru membimbing siswa belajar
tentang arti bersyukur melalui cerita “Tina dan Susi”
Siswa
mendengar penjelasan tambahan guru tentang “berakar didalam Dia dan dibangun di
atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarakan
kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan ucapan syukur (Kolose 2:7)
Siswa
menjawab pertanyaan dalam buku siswa.
Konfirmasi:
Peneguhan dan rangkuman
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
1. Mengungkapkan terima kasih kepada orang
tua, guru dan teman
2. Memberikan contoh bukti kasih Tuhan tidak
pernah meninggalkan kita
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : “Hidup
kita yang benar”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Beberapa
siswa diminta untuk mengungkapkan wujud rasa terima kasihnya kepada orang tua,
guru secara bergantian secara lisan
Elaborasi
Guru
menjelaskan pandangan alkitab tentang bersyukur seperti yang dilakukan oleh
satu orang dari sepuluh orang yang disembuhkan Tuhan Yesus dari sakitnya.
Siswa
menanggapi penjelasan guru yang hanya satu dari sepuluh orang berterima kasih
sudah disembuhkan
Konfirmasi:
Siswa membuat puisi atau karangan singkat
yang mengungkapkan rasa syukur atas sesuatu yang berharga dari Tuhan dalam
hidupnya.
Penutup:
Menyanyi bersama :” kita harus membawa berita”
I.
Sumber
belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
J.
Penilaian;
Indicator pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrument
|
instrumen
|
|
Menyebutkan alasan bersyukur
Menjelaskan makna bersyukur kepada Tuhan
|
Tes
Non
tes
|
Esai
|
1.
Sebutkan
arti bersyukur
2.
Jelaskan
cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan
3.
Ungkapkan
rasa syukur kepada orang tua, guru, dan teman dalam bentuk surat
4.
Buatlah
puisi atau karangan sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas berkat dalam
hidupmu
|
Kunci jawaban:
1. Rasa berterima kasih kepada Tuhan Allah
untuk semua yang sudah diberikan dalam hidup kita
2. Dengan doa, pujian, belajar dan sengan
seluruh aktifitas hidup kita
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 2)
Nama Sekolah :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester :
VIII / 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x
40 menit
A.
Standar
Kompetensi :1. hidup bersyukur dalam
segala situasi serta mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B.
Kompetensi
Dasar : 1.1.Hidup bersyukur
dalam segala situasi
C.
Karakter
siswa yang diharapkan:
1. Disiplin
2. Jujur
3. Tanggung jawab
D.
Indikator
pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan
arti kelebihan yang dimiliki sebagai pemberian Tuhan
·
Mampu
mengenali kelebihan orang lain dan diri sendiri
·
Mampu
mewujudkan rasa syukur dengan membuat tulisan yang menggambarkan kebanggaan dan
keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
E.
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka
siswa dapat:
5. Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup
bersyukur atas kelebihan yang dimiliki
6. Menunjukkan sikap ketika melihat kelebihan
orang lain
7. Menunjukkan cara mengembangkan kelebihan
diri
8. Memberikan contoh kelebihan yang dimiliki
F. Materi Ajar: Kelebihanku
G. Alokasi Waktu : 2 pertemuan
H. Model/ metode Pembelajaran: refleksi diri, diskusi, membandingkan
I.
Kegiatan
pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup
bersyukur atas kelebihan yang dimiliki
2. Menunjukkan sikap ketika melihat kelebihan
orang lain
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Kasih pasti lemah lembut
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Siswa membacakan puisi dan
karangan yang dibuat minggu sebelumnya
Elaborasi :
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok
Setiap kelompok mencari dan menuliskan kelebihan manusia
Kelompok melaporankan hasil pekerjaannya
Guru menjelaskan makna permainan tersebut, bahwa manusia diciptakan
segambar dan serupa dengan Allah memiliki kelebihan yang beraneka ragam untuk
saling melengkapi
Konfirmasi:
Siswa menuliskan kelebihan teman disebelahnya, lalu membandingkan
hasil itu untuk saling menilai kelebihan masing-masing
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
1. Menunjukkan cara mengembangan kelebihan
diri
2. Menuliskan 1 atau 2 alenia yang
menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang
dimiliki kelebihan yang dimiliki
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi :Bahasa Cinta
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Siswa membaca kitab Lukas 19: 12-37 “ Perumpaman tentang Talenta”
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru:
Guru menjelaskan tentang
perumpamaan “Talenta”
Siswa melakukan refleksi diri
atas pelajaran dari perumpamaan Talenta sebagai mana yang terdapat dalam buku
siswa
Konfirmasi:
Siswa bertanya hal-hal yang belum dipahami
Siswa menuliskan 1 atau 2 alenia yang mengggambarkan kebangaan dan
keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
J.
Sumber
belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
K. Penilaian;
Indicator
pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrument
|
instrumen
|
|
Mampu
menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki atas pemberian Tuhan
|
Tes
Non
tes
|
Esai
|
1. Jelaskan yang dimaksud dengan bersyukur atas
kelebihan yang dimiliki!
2. Bagaimana sikapmu ketika melihat
kelebihan orang lain? Jelaskan!
3. Bagaimana cara mengembangkan kelebihan
yang kamu miliki?
4. Tuliskan 1 atau 2 alenia yang
menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangan kelebihan yang
dimiliki!
|
Kunci jawaban:
1. Mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh
Tuhan Allah dengan mengembangkan setiap talenta yang ada pada kita dengan
seoptimal mungkin.
2. Ikut senang dengan kelebihan orang lain,
karena kita dapat belajar dari mereka
3. Dengan mengembangkan dengan lebih baik
untuk kemuliaan nama Tuhan Allah
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 3)
Nama Sekolah :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester :
VIII / 1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x
40 menit
A. Standar Kompetensi : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
Beriman
dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar :1.1. Hidup bersyukur dalam segala situasi
C. Karakter siswa yang diharapkan:
1. Kreatif
2. Disiplin
3. Tanggung jawab
D. Indikator pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan arti kelemahan yang dimiliki
oleh manusia
2. Mampu mengenali kelemahan yang dimiliki
orang lain dan diri sendiri
3. Mampu mewujudkan rasa syukur dengan
kelemahan yang dimiliki
E. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
·
Menjelaskan
yang dimaksud dengan hidup bersyukurdalam kelemahan yang dimiliki
·
Menjelaskan
manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri sendiri ini
·
Menunjukkan
cara mengatasi kelemahan diri
·
Memberikan
tanggapan, mengapa kita diajarkan bersyukur sekalipun kita mempunyai kelemahan
F. Materi Ajar: Kelemahanku
G. Alokasi Waktu : 2 pertemuan
H. Model/ metode Pembelajaran: permainan, membandingkan
I.
Kegiatan
pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·
Menjelaskan
yang dimaksud dengan hidup bersyukur dalam kelemahan yang dimiliki
·
Menjelaskan
manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Betapa hatiku
Berdoa bersama
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Siswa membacakan tulisannya minggu lalu, yang menggambarkan kebanggaan
dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru:
Membagi
kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap
kelompok mencari dan menuliskan kelemahan/kekurangan manusia. Kelompok
melaporankan hasil pekerjaannya
Guru menjelaskan makna permainan tersebut,
bahwa manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah memiliki kelemahan ,
namun Tuhan adil dengan memberi kemampuan kepadanya
Konfirmasi:
Siswa menuliskan kelemahan teman disebelahnya, lalu membandingkan
hasil itu untuk saling menilai kelemahan masing-masing
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
·
Menunjukkan
cara mengatasi kelemahan diri
·
Mendiskusikan,
mengapa kita diberi kelemahan oleh Tuhan
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : Kami Puji dengan Riang
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Siswa membaca kitab Markus 4: 35-41 ” Tuhan meredakan Angin Ribut
Elaborasi
Guru menjelaskan materi termasuk kisah Beethoven, seorang yang tuna
netra, bisu tuli tetapi dapat menciptakan lagu “kami Puji Dengan Riang”
Siswa mendengarkan penjelasan
Siswa melakukan refleksi diri
atas pelajaran dari buku siswa
Konfirmasi:
Siswa bertanya dari materi yang telah disampaikandan belum dipahami
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
J.
Sumber
belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
K. Penilaian;
Indicator pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk instrument
|
instrumen
|
|
Mampu menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki atas pemberian Tuhan
|
Tes
|
Esai
|
1.
Bagaimana
cara mengatasi kelemahan yang ada pada diri kita ?
2.
Mengapa
kita diberi kelemahan oleh Tuhan? Jelaskan!
3.
Apa
yang dapat kamu ambil contoh dari cerita tentang kisah hidup Beethoven?
|
Kunci jawaban:
1. Mengatasi kelemahan, dengan melihat diri
sendiri kelemahan apa yang ada pada kita, dan belajar untuk mencari penyebab tanpa
menyalahkan orang lain,serta memeprbaikinya untuk menjadi kelebihan
2. Dengan kelemahan yang ada pada kita, kita
pun dapat mensyukuri akan hidupyang diberikan oleh Allah sehingga kita dapat
bersikap rendah hati dan terus belajar untuk menjadi lebih baik.
3. Dari kisah hidup Beetoven kita dapat
belajar, bagaimana dengan segala kelemahan yang ada pada diri kita, kita tetap
dapat berkarya untuk kemuliaan nama Tuhan Allah.
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO.
4)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi :1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C. Karakter peserta didik yang diharapkan:
·
Kreatif
·
Disiplin
·
Tanggung
jawab
D. Indikator pencapaian Kompetensi:
·
Memberikan
alasan, remaja sudah dituntut tanggung jawab
·
Mendata
hambatan untuk memiliki rasa tanggung jawab
·
Menunjukkan
yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan
·
Membuat
catatan dari tokoh Alkitab yang kamu anggap bertanggung jawab
E. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
·
Menjelaskan
yang dimaksud dengan hidup bersyukurdalam kelemahan yang dimiliki
·
Menjelaskan
manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri sendiri ini
·
Menunjukkan
cara mengatasi kelemahan diri
·
Memberikan
tanggapan, mengapa kita diajarkan bersyukur sekalipun kita mempunyai kelemahan
F. Materi Ajar: Kelemahanku
G. Alokasi Waktu : 2 pertemuan
H. Model/ metode Pembelajaran: curah pendapat, diskusi, cerita
I.
Kegiatan
pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·
Menjelaskan
yang dimaksud dengan hidup bersyukur dalam kelemahan yang dimiliki
·
Menjelaskan
manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Betapa hatiku
Berdoa bersama
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Siswa membacakan tulisannya minggu lalu, yang menggambarkan kebanggaan
dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru:
Membagi kelas menjadi beberapa kelompok
Setiap kelompok mencari dan menuliskan kelemahan/kekurangan manusia
Kelompok melaporankan hasil pekerjaannya
Guru menjelaskan makna permainan tersebut, bahwa manusia diciptakan
segambar dan serupa dengan Allah memiliki kelemahan , namun Tuhan adil dengan
memberi kemampuan kepadanya
Konfirmasi:
Siswa menuliskan kelemahan teman disebelahnya, lalu membandingkan
hasil itu untuk saling menilai kelemahan masing-masing
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
·
Menunjukkan
cara mengatasi kelemahan diri
·
Mendiskusikan,
mengapa kita diberi kelemahan oleh Tuhan
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : Kami Puji dengan Riang
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Siswa membaca kitab Markus 4: 35-41 ” Tuhan meredakan Angin Ribut
Elaborasi
Guru menjelaskan materi termasuk kisah Beethoven, seorang yang tuna
netra, bisu tuli tetapi dapat menciptakan lagu “kami Puji Dengan Riang”
Siswa mendengarkan penjelasan
Siswa melakukan refleksi diri
atas pelajaran dari buku siswa
Konfirmasi:
Siswa bertanya dari materi yang telah disampaikandan belum dipahami
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
J.
Sumber
belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
K. Penilaian;
Indicator
pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrument
|
instrumen
|
|
Mampu
menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki atas pemberian Tuhan
|
Non
Tes
|
|
Bahan
diskusi:
1. Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang
ada pada diri kita ?
2. Diskusikan berkelompok, Mengapa kita
diberi kelemahan oleh Tuhan?
|
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 5)
Nama Sekolah : SMP BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar :1.1 Mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
Karakter kebangsaan siswa yang
diharapkan:
·
Nilai religius
·
Tanggung
jawab
C. Indikator pencapaian Kompetensi:
·
Mampu
menjelaskan makna hidup beriman dan berpengharapan
·
Mampu
mewujudkan sikap hidup sebagai remaja beriman dalam perkataan, pikiran dan
perbuatan
D. Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
·
Menyebutkan
aspek-aspek hidup orang beriman yang
diketahui
·
Menjelaskan,
apakah orang beriman bebas dari kesulitan dan penderitaan
·
Menjelaskan
kaitan antara iman dan pengharapan
·
Memberikan
contoh penderitaan tokoh Alkitab yang kamu ketahui
E. Materi Ajar: Hidup beriman dan berpengharapan
F. Alokasi Waktu : 2 pertemuan
G. Model/ metode Pembelajaran: diskusi, berbagi pengalaman
H. Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menyebutkan aspek-aspek hidup beriman
2. Menjelaskan, apakah orang beriman bebas
dari kesulitan dan penderitaan
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Jalan serta Yesus
Berdoa bersama
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru membagi kelompok untuk berdikusi “Kisah Parni”
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru:
Guru mendampingi siswa diskusi
Siswa menyampaikan hasil diskusi, dan kelompok lain lain menanggapi
Guru memberi tanggapan dari hasil diskusi
Konfirmasi:
Siswa menanyakan materi yang dianggap belum jelas
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama :
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
·
Menjelaskan
antara iman dan pengharapan
·
Memberikan
contoh penderitaan tokoh Alkitab
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : Jalan serta Yesus
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi, guru:
Mengajak siswa membaca kitab Yakobus 2 : 14 -18 ( Iman tanpa perbuatan
pada hakikatnya adalah mati)
Elaborasi
Guru menjelaskan materi dengan kreatif tentang iman tanpa perbuatan
adalah mati
Konfirmasi:
Siswa menanyakan yang belum jelas
Guru memperkaya dengan menugaskan siswa untuk menuliskan pengalaman
yang dimiliki atau kisah nyata yang ada di lingkungan sekitar berkaitan hidup
beriman. Dikumpulkan minggu depan
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
I.
Sumber
belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
J.
Penilaian:
Indicator pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk instrument
|
instrumen
|
|
Menjelaskan makna hidup beriman dan berpengharapan
Mewujudkan sikap hidup beriman dalam perkataan, pikiran dan
perbuatan
|
Tes
|
Esai
|
1.
Sebutkan
aspek hidup orang beriman!
2.
Apakah
orang beriman bebas dari penderitaan dan kesulitan? Jelaskan!
3.
Jelaskan
kaitan antara iman dan pengharapan!
4.
Berikan
contoh tokoh alkitab yang mengalami penderitaan!
|
Kunci jawab:
1. Aspek hidup manusia: fisik, mental,
social, spiritual
2. Tidak, karena justru dengan penderitaan
kita dapat merasakan menyertaan dan cinta kasih Tuhan Allah
3. Dengan iman yang kuat kita memiliki
pengharapan akan hidup kekal bersama Tuhan Allah
4. Tokoh Alkitab yang mengalami penderitaan:
a. Yusuf yang dijual oleh kakak-kakaknya
b. Daud dikejar-kejar Raja Saul
c. Nabi Yeremia yang dimasukkkan sumur
d. Daniel dimasukkkan kandang singa
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO.
6)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar :1.2. mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
C. Karakter siswa yang diharapakan:
·
Nilai
religious
·
Jujur
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
arti hidup beriman
·
Menjelaskan
arti hidup berpengahrapan
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
beberapa contoh perbuatan seorang yang imannya bertumbuh
·
Menyebutkan
3 faktor penghambat pertumbuhan iman!
·
Menyebutkan
3 faktor pendukungpertumbuhan iman
·
Memberikan
contoh menjadi terang bagi sesame
F. Materi
pembelajaran: Wujud Beriman
G. Alokasi waktu: 2 kali pertemuan
H. Model pembelajaran:
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·
Menyebutkan
beberapa contoh perbuatan seorang yang imannya bertumbuh
·
Menyebutkan
3 faktor penghambat pertumbuhan iman
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Guru menyuruh siswa mengumpulkan tugas minggu lalu
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Memberi kesempatan beberapa siswa untuk unjuk
kemampuan membacakan hasil pekerjaan peserta didik yang dikerjakan minggu
sebelumnya dan memberi tanggapan
Elaborasi
dalam elaborasi, guru : menunjukksn kecambah
dalam botol. Kemudian siswa diminta untuk mengamati dan membayangkan proses
pertumbuhan kecambahtersebut .tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran
kepada siswa bagaimana proses pertumbuhan imanitu berlangsung.
Guru menjelaskan mater I tentang pertumbuhan
iman membutuhkan tahapan seperti tumbuhan siswa memperhatikan. Guru member
tugas kepada siswa untuk membeca kitab Matius 6: 9-13 “Doa Bapa Kami.
Siswa menuliskan tugas yang diberikan oleh
Allah kepada manusia dalam kitab kejadian 2: 15, dan kitab Yakobus 1 :26-27,
sebagai salah satu wujud pertumbuhan iman
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI, kecambah
K. Penialian:
Indicator pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrument
|
instrumen
|
|
Menjelaskan arti hidup beriman dan berpengharapan
|
Tes
|
Esai
|
1. Sebutkan beberapa contoh sikap hidup
orang yang imannya bertumbuh!
2. Sebutkan 3 faktor penghambat pertumbuhan
iman!
|
Kunci jawaban:
1. Sikap hidup orang yang bertumbuh imanya:
·
Senantiasa
mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah
hidupnya
·
Menaruh
hormat kepada setiap orang
·
Bersungguh-sungguh
dalam bekerja (belajar)
2. Tiga factor penghambat pertumbuhan iman: egois
, merasa dirinya selalu benar, tidak percaya kepada Tuhan
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 7)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi : 1. Hidup bersyukur
dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B.
Kompetensi
Dasar :1.1 mewujudkan imannya
dalam hidup berpengharapan
C. Karakter siswa yang diharapakan:
·
kreatif
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Mewujudkan
sikap hidup beriman dan berpengharapan, seperti tidak mudah putus asa, kreatif,
optimis
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan
arti optimis
·
Menjelaskan
arti pesimis
·
Memberikan
contoh cirri-ciri orang pesimis
·
Memberikan
contoh cirri-ciri orang optimis
·
Memberikan
alasan, mengapa kita harus bersikap optimis
F. Materi pembelajaran: optimis atau Pesimis?
G. Alokasi waktu: kali pertemuan
H. Model pembelajaran:
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Pertemuan 1
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi : hidup kita yang benar
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Guru bercerita tentang dua orang dalam penjara
elaborasi
dalam elaborasi, guru :
guru meminta siswa untuk menunuukkan mana
tahanan yang bersikap optimis dan mana yang bersikap pesimis, dengan memberikan
alasannya.
Untuk memperdalam materi guru menyuruh
siswa untuk membaca kitab Bilangan 13: 25 -14: 10
Siswa mencari contoh sikap optimis
dari bacaan dan mencari contoh sikap pesimisnya
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
siswa menuliskan hal-hal yang dikuatirkan dalam hidup, untuk didoakan
penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrument
|
instrumen
|
|
Menjelaskan arti hidup beriman dan berpengharapan
|
Tes
|
Esai
|
1. Jelaskan arti optimis
2. Jelaskan arti pesimis
3. Berikan contoh cirri-ciri orang pesimis!
4. Berikan contoh cirri-ciri orang optimis!
5. Mengapa kita harus bersikap optimis
|
Kunci jawaban:
1. Optimis adalah orang yang selalu melihat
masalah dari sisi positif
2. Pesimis adalah orang yang selalu melihat
masalah dari sisi negative
3. Cirri-ciri orang pesimis: Arman sudah
merasa takut ketika hujan mulai turun
4. Cirri orang optimis: Amo merasa soal
matematika sulit, namun dia percaya akan dapat mengerjakan dengan benar.
5. Kita harus bersikap optimis karena setiap
manusia diberi talenta oleh Tuhan untuk dikembangkan.
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 8)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B.
Kompetensi
Dasar :1.1 Mewujudkan imannya
dalam hidup berpengharapan
C.
Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religious
·
Cinta
kasih
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
Menyebutkan contoh hidup beriman dan berpengharapan
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan
yang dimaksud dengan”mengalah tidak berarti kalah
·
Berikan
contoh mengutamakan hak orang lain dalam hidup sehari-hari.
F. Materi pembelajaran: Mengalah untuk menang
G. Alokasi waktu:1x pertemuan
H. Model pembelajaran:
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi : Kasih Pasti Lemah Lembut
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Guru memimpin permaian “Mengalah tidak
berarti kalah”
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru :
Guru meminta siswa untuk menuliskan didalam
kotak yang tersedia di dalam buku siswa, pelajaran apa yang didapat dari
permainan tersebut.
Guru menekankan sikap mengalah tidak
selamanya kalah
Guru membimbing peserta didik menggali
pemahaman melaui cerita
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum
dipahami
siswa menuliskancerita singkat pengalaman mengalah yang mendatangkan
kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang lain
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa
kita tidak bersyukur
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrument
|
instrumen
|
|
Menjelaskan
arti hidup beriman dan berpengharapan
|
Tes
|
Esai
|
1. Apa yang dimaksud mengalah tidak berarti
kalah?
2. Memberikan contoh mengutamakan hak orang
lain dalam kehidupan sehari-hari!
|
Kunci jawaban:
1. Mengalah tidak berarti kalah berarti, kita
membiarkan hak kita diambil oleh orang lain untuk kebaikan orang lain dan
kemuliaan nama Tuhan
2. Ketika kita naik angkutan umum, melihat
orang tua tidak memepolrh tempat duduk, kita mempersilahkan tempat duduk kita
ditempati orang itu.
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 9)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar :1.3. Mewujudkan kesetiaan imannya walau menderita
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Cinta
kasih
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
arti memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman
kepada kristus
·
Menyebutkan
contoh hidup setia kepada Kristus
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
resikonya, saat menyampaikan kebenaran
·
Menyebutkan
tokoh di lingkungan yang berani menyuarakan kebenaran
·
Membuat
doa permohoinan untuk berani mengatakan yang benar.
·
Menceritakan
bagaiman Rasul Petrus dan Rasul Yohanes dalam menyampaikan keba Rasul Petrus
dan rasul Yohanes yang memperjuangkan kebenaran
F. Materi pembelajaran: Memperjuangkan
kebenaran
G. Alokasi waktu:1x pertemuan
H. Model pembelajaran: permainan, cerita ,
curah pendapat
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, gurnaran di depan banyak orang?u mengajak menyanyi :
Kasih Pasti Lemah Lembut
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Guru meminta peserta didk untuk menyampaikan arti kebenaran. Peserta
didik bercerita tentang pengalaman dalam memperjuangkan kebenaran.
elaborasi
Dalam elaborasi, guru :
Guru menyampaikan materi secara kreatif dan dinamis, yang didahului
dengan membaca kitab Kisah Para Rasul 4 : 1 – 22 tentang Petrus menyampaikan
imannya di hadapan banyak orang
Peseta didik mengerjakan tugas yang ada dalam buku siswa
konfirmasi:
speserta didik menuliskan perintah Tuhan yang kesembilan dari sepuluh
Perintah Allah.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk instrument
|
instrumen
|
|
Menjelaskan arti memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai
wujud kesetiaan kepada Kristus
|
Tes
|
Esai
|
1.
Resiko
apa yang dihadapi ketika berbicara tentang kebenaran?
2.
Sebutkan
tokoh di masyarakat yang memperjuangkan kebenaran!
3.
Susunlah
doa yang berisi berani berkata yang benar!
|
Kunci jawaban:
1. Tidak disukai teman
2. Nelson mandela, Marthin Luther King
3.
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 10)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.3.Mewujudkan kesetiaan imannya walau menderita
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Cinta
kasih
D. Indicator pencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
arti memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman
kepada kristus
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
berbagai bentuk ketidak jujuran
·
Menyebutkan
tokoh masyarakat yang dikenal sebagai orang jujur
·
Menunjukkan
resiko dari orang yang jujur
·
Menjelaskan
upaya yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran
·
Membuat
komitmen memperjuangkan kejujuran dalam bentuk puisi, slogan atau kata-kata
mutiara
F. Materi pembelajaran: Memperjuangkan
kejujuran
G. Alokasi waktu:1x pertemuan
H. Model pembelajaran: permainan, cerita ,
curah pendapat
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·
Menyebutkan
berbagai bentuk ketidakjujuran.
·
Menyebutkan
tokoh masyarakat yang dikenal sebagai orang jujur.
·
Menunjukkan
resiko orang jujur.
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Yesus menginginkan daku
Bersinar BagiNya”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:
Guru meminta siswa untuk keluar kelas sekitar 5-7 menit untuk
mengamati apa yang ada di sekitarnya. Guru mengamati apa yang dilakukan oleh
peserta didik.
Guru menanyakan apa yang mereka lihat di luar. Ini untuk mengetahui
kejujuran peserta didik.
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi guru menjelaskan materi secara kreatif.
Peserta didik diminta menuliskan perintah kesembilan dari sepuluh
perintah Allah dan menjelaskan makna dari “Jangan bersaksi dusta”.
Peserta didik menuliskan akibat ( hukuman yang diberikan oleh
Allah)atas ketidak jujuran yang dilakukan oleh Akhan, Gehasi dan suami istri
Ananias dan Safira.
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :
“Yesus menginginkan daku Bersinar BagiNya”
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
·
Menjelaskan
upaya yang dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran
·
Membuat
komitmen memperjuangkan kejujuran melalui slogan, puisi, kata-kata mutiara
Kegiatan Pembelajaran:
Pendahuluan
Dalam pendahuluan guru memotivasi peserta didik dengan mengajak
menyanyi “Kami Puji dengan riang”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untk membaca kitab Markus
7:20-23
Perempuan Sero-Fenisia yang percaya kepada Tuhan Yesus.
Peserta didik menuliskan makna dari cerita Perempuan Serofenisia
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru menjelaskan materi ketidakjujuran secara kreatif
Peserta didik diminta mengerjakan kegiatan yang ada dalam buku siswa
Peserta didik diminta membuat komitmen tentang kejujuran , dalam
bentuk motto, puisi, slogan atau kata-kata mutiara.
Konfirmasi
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang dianggap belum
jelas
Rangkuman dan peneguhan
Penutup
Kegiatan belajar diakhiri dengan doa.
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk Instrument
|
Instrumen
|
|
Menjelaskan arti memperjuangkan
kebenaran, kejujuran, keadilan, sebagai wujud kesetiaan kepada Kristus
|
Tes
|
Esai
|
1.
Sebutkan
berbagai bentuk ketidakjujuran di yang ada di masyarakat!
2.
Sebutkan
salah satu tokoh yang dikenal karena
jujur!
3.
Apa
resiko orang tidak tidak jujur!
4.
Upaya
apa yang dapt dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran?
5.
Buatlah
komitmen memperjuangkan kejujuran dalam bentuk slogan, puisi, atau kata-kata mutiara !
|
Kunci jawaban:
1. Korupsi, menyontek
2. Dr. Muh Hatta, Romo Mangun
3. Tidak disukai teman, tidak dipercaya,
dibawa ke pengadilan.
4. a. Pendidikan yang berkarakter kebangsaan
b.penanaman
nilai-nilai melalui pendidikan agama
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO.
11)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar :1.3. Mewujudkan kesetiaan imannya walau menderita
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
arti memperjuangkan kebenaran,
kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada kristus
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan
arti kata adil
·
Menjelaskan
makna keadilan Tuhan Yesus dalam Perumpamaan “Anak yang hilang”
·
Memberikan
contoh fakta yang ada ketidak adilan di masyarakat.
·
Menunjukkan
langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam
kehidupan sehari- hari
F. Materi pembelajaran: Memperjuangkan
keadilan
G. Alokasi waktu: 1x pertemuan
H. Model pembelajaran: penugasan, cerita ,
curah pendapat
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tuntun aku ya Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta peserta untuk mengungkapkan pengalaman mereka
tentang keadilan dalam hidup sehari – hari.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta pesrta didik untuk membaca kitab Lukas 15
: 11 – 32, dilanjutkan penjelaskan materi secara kreatif.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dalam buku buku siswa.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami
Guru member tugas : membuat kliping tentang “Tokoh atau berita yang
memperjuangkan keadilan.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :
“Yesus menginginkan daku Bersinar BagiNya”
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrument
|
Instrumen
|
|
Menjelaskan
arti memperjuangkan kebenaran,
kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada Kristus
|
Tes
|
Esai
|
1. Apa arti keadilan?
2. Apa makna keadilan menurut Tuhan Yesus
dalam” perumpamaan tentang anak yang
hilang”?
3. Berikan contoh fakta ketidakadilan yang
ada di masyarakat
4. Langkah – langkah apa yang dapat kita
lakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari – hari?
|
Kunci jawab:
1. Apa yang seharusnya diterima oleh orang
sesuai kehendak Tuhan
2. Tuhan tetap mengampuni orang yang banyak
dosanya
3. a. Masih banyak orang yang hidup di bawah
garis kemiskinan
b. kekayaan bangsa
masih belum dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat
4. Tidak segan-segan untuk mengingatkan
pemerintah melalui wakil-wakil rakyat.
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 12)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.3.Mewujudkan kesetiaan imannya walau menderita
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menyebutkan
contoh hidup setia kepada Kristus
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
tantangan terberat menjadi murid Yesu
·
Member
kesimpulan tenatng menjadi murid Tuhan Yesus.
·
Menjelaskan
arti memikul salib dan menyangkal diri.
·
Menjelaskan
makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus
F. Materi pembelajaran: Memperjuangkan
keadilan
G. Alokasi waktu: 1x pertemuan
H. Model pembelajaran: penugasan, diskusi ,
curah pendapat
I.
Kegiatan
Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Ikut Dikau saja Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta
peserta untuk menuliskan siapa Yesus menurut mereka.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab Matius
10 : 16– 32, guru menjelaskan yang dimaksud dengan “ cerdik seperti ular dan
putih seperti merpati.
Peserta didik membaca kitab
Lukas 14 : 25 – 34, dilanjutkan penjelaskan materi tentang “ memikul salib dan meninggalkan ayah
dan ibunya untuk menjadi murid Tuhan Yesus
. penyampaian materi secara kreatif dan dinamis.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dalam buku buku siswa.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :
“Ikut Dikau saja Tuhan”
pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran :
·
Menjelaskan
makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus
Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan Pendahuluan: dalam kegiatan pendahuluan guru menanyakan
kembali materi yang sudah diterima sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana
peserta telah memahami pelajaran yang lalu.
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab
Yohanes 15 : 18 – 27 dan
Ibrani 10 : 19 – 25
Peserta didik diminta untuk mengungkapkan yang dimaksud dengan “Bukan
kamu yang memilih Aku tetapi Aku yang memilih kamu” dan “ jangan menjauhkan
diri dari pertemuan ibadah”
Elaborasi:
Dalam elaborasi peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang “
Bagaimana menghadapi tantangan untuk menjadi yang terbaik menurut Tuhan Yesus.
Penyampaian hasil diskusi , kelompok lain dapat menanyakan atau
menyanggah kelompok lain.
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang belum jelas dan
guru merangkum hasil belajar yang sudah dijalani
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrument
|
Instrumen
|
|
Menyebutkan
contoh sikap hidup setia kepada Kristus
|
Tes
|
Esai
|
1. Apa tantangan terberat menjadi murid
Tuhan Yesus ? Jelaskan!
2. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang
menjadi murid Tuhan Yesu?
3. Apa arti memikul salib dan menyangkal
diri?
4. Apa makna panggilan menjadi murid Tuhan
Yesus?
|
Kunci jawaban:
1. Meninggalkan kehidupan duniawi
2. Berani memikul salib walau pun harus
menderita
3. Rela menderita dan meninggalkan kesenangan
duniawi yang menyesatkan
4. Ikut memberitakan kabar keselamatan
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 13)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan
Hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar :1.4.meneladani
Kristus dalam menghadapi penderitaan
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya.
·
Meneladani
Kristus dalam menghadapi penderitaan
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian.
·
Menjelaskan
makna pengorbanan yang dilakukan oleh tokoh gereja
·
Menjelaskan
arti pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib
·
Menjelaskan
makna penderitaan Kristus bagi orang percaya
·
Menjelaskan
tiga arti salib bagiorang Romawi kuno
F. Materi pembelajaran: Makna penderitaan Kristus
G. Alokasi waktu: 2 x pertemuan
H. Model pembelajaran: penugasan, diskusi ,
curah pendapat
I.
Kegiatan
Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1.menjelaskan arti pengorbanan Tuhan Yesus di salib
2. menjelaskan makna pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib
Menjelaskan 3 arti salib bagiorang Romawi
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Kusiapkan hatiku Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta
peserta didik untuk membaca kitab
Roma 6 : 23 mengungkapkan pengertian mereka tentang dosa.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru memutarkan film tentang Penyaliban Tuhan Yesus
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik menanggapi film yang baru saja
dilihatnya.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :
“Ikut Dikau saja Tuhan”
pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran :
·
Menjyebutkan
nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian
·
Menjelaskan
makna pengorbanan yang dilakukan tokoh
gereja
Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan Pendahuluan: dalam kegiatan pendahuluan guru menanyakan
kembali materi yang sudah diterima sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana
peserta telah memahami pelajaran yang lalu.
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab I Petrus
3 : 17 - 18
Peserta didik diminta untuk mengungkapkan yang dimaksud dari bacaan
kitab.
Elaborasi:
Dalam elaborasi peserta didik berdiskusi tentang “Marthin Luther King”
dengan pertanyaan – pertanyaan yang ada dalm buku siswa.
Penyampaian hasil diskusi secara bergantian
Kesimpulan hasil diskusi
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang belum jelas dan
guru merangkum hasil belajar yang sudah dijalani
Kegiatan Penutup: belajar diakhiri dengan Doa Sayfaat dan menyanyi “
Ingat KasihNya’
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrument
|
Instrumen
|
|
Makna
penderitaan Kristus
|
Tes
|
Esai
|
1. Jelaskan arti pengorbanan Tuhan Yesus di
kayu salib!
2. Menjelaskan makna penderitaan Tuhan
Yesus bagi orang percaya!
3. Sebut dan jelaskan 3 arti salib bagi
orang Romawi!
4. Sebutkan nama tokoh gereja yang rela
mengorbankan diri demi perdamaian!
5. Apa makna pengorbanan yang dilakukan oleh tokoh gereja ?
|
Kunci jawaban:
1. Menebus dosa umat manusia yang percaya
kepadaNya
2. Dibenarkan karena iman, diperdamaikan
dengan Tuhan, hidup kekal
3. Kutukan, hinaan, dan kebodohan
4. Martin Luther King
5. Menghilangkan diskriminasi yang ada
terlebih tentang warna kulit
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 14)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
penderitaan Kristus dan maknanya bagi
orang percaya
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
tri hari Paskah
·
Menjelaskan
arti paskah dalam Perjanjian Lama
·
Menjelaskan
arti Paskah dalam Perjanjian baru
·
Menjelaskan
makna telur paskah dalam perayaan paskah
F. Materi pembelajaran: Paskah sebuah
Refleksi
G. Alokasi waktu: 2 x pertemuan
H. Model pembelajaran: pemutaran film,
penugasan
I.
Kegiatan
Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Kusiapkan hatiku Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta
peserta didik untuk membaca kitab
Korintus 15 : 54 - 55 mengungkapkan pengertian mereka tentang “maut dimana
sengatmu”
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta peserta didik untuk menuliskan pengalaman
mereka pada Hari Paskah yang paling berkesan. Kelas dibagi dalam beberapa
kelompok , lalu merumuskan inti pengalaman paskah dan dipresentasikan.
Guru menyampaikan materi secara kreatif.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik mengungkapkan rasa syukur kepada
Tuhan Allah melalui peristiwa Paskah dalam bentuk tulisan, puisi maupun gambar.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :
“Kristus bangkit Soraklah”
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrument
|
Instrumen
|
|
Menjelaskan
penderitaan Kristus dan maknanya bagi
orang percaya
|
Tes
|
Esai
|
1. Sebutkan Tri Hari Paskah!
2. Jelaskan arti Paskah dalam Perjanjian
lama!
3. Jelaskan arti Paskah dalam Perjanjian
Baru!
4. Menjelaskan makna telur Paskah dalam
perayaan paskah!
|
Kunci jawaban:
1. Kamis putih, jumat agung, minggu paskah
2. Keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir
tempat perbudakan
3. Kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian
4. Didalam dunia yang paling gelap ada
kehidupan baru
Format criteria penilaian:
1. Produk hasil diskusi
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagain
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performasi
No
|
Aspek
|
Kerjasama
|
skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
bekerja sama
Tidak
bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
Tidak
aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 15)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menyikapi
secara kritis makna penderitaan
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
penyebab Raja saul mengalami penderitaan
·
Menyebutkan
penderitaan yang dialami oleh Tamar anak Raja Daud
·
Menjelaskan
penyebab Policarpus, seorang Uskup dari Smirna menderita
·
Mengungkapkan
yang kamu lakukan ketika sedang menghadapi penderitaan
F. Materi pembelajaran: layakkah mereka
menderita?
G. Alokasi waktu: 1 x pertemuan
H. Model pembelajaran: cerita kreatif, penugasan
I.
Kegiatan
Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tahanlah dan Berjuang Trus”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta
peserta didik untuk mengungkapkan pengertian mereka tentang “Penderitaan”
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab I Samuel
13 : 1-22 ; II Samuel 13 tentang Penderitaan Raja Saul dan Penderitaan Tamar, putrid Raja Daud.
Guru menyampaikan materi secara kreatif.
Peserta didik menanggapi penderitaan tokoh – tokoh yang ada dalam
materi.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik diminta untuk mengidentifikasi
penderitaan yang ada di masyarakat,
hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan doa bersama
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrument
|
Instrumen
|
|
Menyikapi secara kritis makna penderitaan
|
Tes
|
Esai
|
1. Mengapa Raja Saul mengalami penderitaan?
2. Penderitaan apa yang dialami Tamar, anak
Raja Daud?
3. Mengapa Policarpus, seorang Uskup dari
Smirna mengalami penderitaan?
4. Apa yang kamu lakukan ketika sedang
mengalami penderitaan?
|
Kunci jawaban:
1. Raja saul tidak mendengar lagi apa yang
diperintahkan oleh Allah
2. Karena Daud tidak mendebgar suara Tuhan,
sebagai raja yang dipilih oleh Allah, berzinah dengan Batseba.
3. Tidak mau disuruh menyembah kaisar
4. Tidak perlu cemas, tetapi mohon bimbingan
Tuhan agar dapat melewati penderitaan dengan bersyukur
Format Kriteria penilaian:
1. Produl hasil diskusi:
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagian
besar benar
Sebagain
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
Skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
kerja sama
Tidak
kerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
tidak
|
4
2
1
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 16)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi :1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
makna sakramen Perjamuan Kudus
·
Menjelaskanpenderitaan
Kristus dan maknanya
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan
dengan kata-kata sendiri arti Perjamuan Kudus
·
Menceritakan
dengan singkat asal-mula Perjamuan Kudus
F. Materi pembelajaran: Sakramen Perjamuan
kudus (Markus 14:22-25; I Korintus 11: 23 – 25)
G. Alokasi waktu: 1 x pertemuan
H. Model pembelajaran: cerita kreatif, penugasan
I.
Kegiatan
Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”maukah Kau Jadi Roti”
Guru meminta peserta didik mengumpulkan kliping yang sudah dibuat
dibuat.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta
peserta didik untuk mengunmpulkan roti dan air minun di meja.
Setelah didoakan oleh guru, peserta didik dipersilahkan mengambil makanan yang
tersedia. Setelah semua makan, guru menjelaskan makna makan bersama.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru mengajak peserta didik untuk mempercakapkan Perjamuan
Kudus. Apa yang mereka ketahui tentang Perjamuan Kudus. Guru meminta peserta
didik menuliskan apa yang merekanketahui tentang perjamuan Kudus.
Guru menyampaikan materi secara kreatif.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik diminta untuk mengerjakanntugas dalam
buku siswa
Penutup:
pelajaran ditutup dengan nyanyi “Maukah Kau Jadi Roti”
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
Instrument
|
Instrumen
|
|
Menjelasakn
makna sakramen Perjamuan Kudus
|
Tes
|
Esai
|
1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri arti
sakramen Perjamuan Kudus!
2. Ceritakan dengan singkat asal mula
adanya Perjamuan Kudus!
|
Kunci jawaban:
1. Sakramen adalah tanda yang dimeteraikan
sebagai jaminan hidup kekal. Perjamuan kudus mengingatkan akan pengorbanan
Tuhan Yesus di kayu salib bagi orang berdosa
2. Sebelum Tuhan Yesus ditangkap untuk
diadili, Tuhan Yesus mengadakan perjamuan dengan 12 muridNya, sebagai perjamuan
terakhir.
Format Kriteria penilaian:
3. Produl hasil diskusi:
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagian
besar benar
Sebagain
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
4. Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
Skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
kerja sama
Tidak
kerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
tidak
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP NO. 17)
Nama Sekolah : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
hidup
beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C. Karakter siswa yang diharapkan:
·
Nilai
religius
·
Tanggung
jawab
D. Indicatorpencapaian kompetensi:
·
Menjelaskan
makna sakramen Perjamuan Kudus
·
Menjelaskanpenderitaan
Kristus dan maknanya
E. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menyebutkan
alasan, Habel disebut sebagai pahlawan iman.
·
Menyebutkan
alasan, Rakhab disebut sebagai pahlawan iman
·
Menceritakan
satu tokoh yang menurut kamu dapat disebut pahlawan iman
F. Materi pembelajaran: Pahlawan Iman
G. Alokasi waktu: 1 x pertemuan
H. Model pembelajaran: cerita kreatif, penugasan
I.
Kegiatan
Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tuhan adalah kekuatanku”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru meminta peserta didik belajar dari cerita “ dicari Pekerjaan yang
Tersulit”, dengan menjawab pertanyaan yang ada.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru mengajak
peserta didik membacakitab Ibrani 11 : 17 -34, dan menuliskan masing
–masing sikap hidup para tokoh iman, dan menuliskan bagimana seharusnya kita
mewujudkan sikap tersebut dalm hidup sehari hari.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi peserta didik menuliskan akronim yang sesuai gaya
hidup remaja yang paling menarik dan mudah diingat.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan nyanyi “Tuhan adalah Kekuatanku”
J.
Sumber
Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K. Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk Instrument
|
Instrumen
|
|
Menyebutkan contoh sikap meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
|
Tes
|
Esai
|
1.
Mengapa
Habil disebut sebagai salah satu tokoh iman dakam Alkitab/
2.
Mengapa
Rakhab disebut sebagai salah satu tokoh iman dalam Alkitab?
3.
Ceritakan
satu tokoh yang menurut kamu dapat disebut pahlawan iman!
|
Kunci jawaban:
1. Habil mempersembahkan korban bakaran dari
hasil yang terbaik
2. Rahab menyembunyikan pengintai Israel di
Yerikho
3. Hana rela menunggu lama untuk mendapatkan
seorang anak, dan setelah dikaruniai anak maka anaknya diserahkan ke kemah suci
untuk melayanai Allah
Format Kriteria penilaian:
1. Produl hasil diskusi:
No
|
Aspek
|
Criteria
|
skor
|
1
|
Konsep
|
Semua
benar
Sebagian
besar benar
Sebagain
kecil benar
Semua
salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja
sama
|
Skor
|
1
|
Kerja
sama
|
Bekerja
sama
Kadang-kadang
kerja sama
Tidak
kerja sama
|
4
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
Aktif
Kadang-kadang
tidak
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar