Kamis, 18 Mei 2017

RPP SMP PAK KELAS VIII SEMESESTER 1/2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 1)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.    Standar Kompetensi: 1. hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup   
                                           Beriman dan berpengharapan
B.    Kompetensi Dasar   : 1.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C.    Indikator pencapaian Kompetensi
·         Menjelaskan makna hidup bersyukur
·         Menyebutkan alasan bersyukur
D.   Tujuan Pembelajaran:
        Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
1.       Menyebutkan arti bersyukur
2.       Menjelaskan cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuihan
3.       Mengungkapkan rasa terima kasih kepada guru, orang tua dan teman
4.       Memberikan contoh, bukti kasih Tuhan tidak pernah meninggalkan kita
E.    Materi Ajar: hidup bersyukur
F.    Alokasi Waktu           : 2x  pertemuan
G.   Model/ metode Pembelajaran:  curah pendapat, Tanya awab
H.   Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1.       Menyebutkan arti bersyukur
2.       Menjelaskan cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Yesus sayang padaku
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru mengajak siswa mengungkapkan hal-hal apa saja yang penting dan sering disyukuri dalam hidupnya, dalam tulisan dan lisan.
Elaborasi :
Guru membimbing siswa belajar tentang arti bersyukur melalui cerita “Tina dan Susi”
Siswa mendengar penjelasan tambahan guru tentang “berakar didalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarakan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan ucapan syukur (Kolose 2:7)
 Siswa  menjawab pertanyaan dalam buku siswa.
Konfirmasi:
Peneguhan dan rangkuman
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
1.       Mengungkapkan terima kasih kepada orang tua, guru dan teman
2.       Memberikan contoh bukti kasih Tuhan tidak pernah meninggalkan kita
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : “Hidup kita yang benar”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Beberapa siswa diminta untuk mengungkapkan wujud rasa terima kasihnya kepada orang tua, guru secara bergantian secara lisan
Elaborasi
Guru menjelaskan pandangan alkitab tentang bersyukur seperti yang dilakukan oleh satu orang dari sepuluh orang yang disembuhkan Tuhan Yesus dari sakitnya.
Siswa menanggapi penjelasan guru yang hanya satu dari sepuluh orang berterima kasih sudah disembuhkan
Konfirmasi:
Siswa membuat puisi atau karangan singkat yang mengungkapkan rasa syukur atas sesuatu yang berharga dari Tuhan dalam hidupnya.
Penutup:
Menyanyi bersama :” kita harus membawa berita”

I.     Sumber belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
J.     Penilaian;

Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Menyebutkan alasan bersyukur
Menjelaskan makna bersyukur kepada Tuhan
Tes


Non tes
Esai
1.       Sebutkan arti bersyukur
2.       Jelaskan cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan
3.       Ungkapkan rasa syukur kepada orang tua, guru, dan teman dalam bentuk surat
4.       Buatlah puisi atau karangan sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas berkat dalam hidupmu


Kunci jawaban:
1.       Rasa berterima kasih kepada Tuhan Allah untuk semua yang sudah diberikan dalam hidup kita
2.       Dengan doa, pujian, belajar dan sengan seluruh aktifitas hidup kita

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1


2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1


                                                                                                                                Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 2)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       :1. hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
     beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
1.       Disiplin
2.       Jujur
3.       Tanggung jawab
D.      Indikator pencapaian Kompetensi
·         Menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki sebagai pemberian Tuhan
·         Mampu mengenali kelebihan orang lain dan diri sendiri
·         Mampu mewujudkan rasa syukur dengan membuat tulisan yang menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
E.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
5.       Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup bersyukur atas kelebihan yang dimiliki
6.       Menunjukkan sikap ketika melihat kelebihan orang lain
7.       Menunjukkan cara mengembangkan kelebihan diri
8.       Memberikan contoh kelebihan yang dimiliki
F.       Materi Ajar: Kelebihanku
G.     Alokasi Waktu   : 2 pertemuan
H.      Model/ metode Pembelajaran:  refleksi diri, diskusi, membandingkan
I.        Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1.       Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup bersyukur atas kelebihan yang dimiliki
2.       Menunjukkan sikap ketika melihat kelebihan orang lain
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Kasih pasti lemah lembut
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Siswa membacakan puisi  dan karangan yang dibuat minggu sebelumnya

Elaborasi :
Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok
Setiap kelompok mencari dan menuliskan kelebihan manusia
Kelompok melaporankan hasil pekerjaannya
Guru menjelaskan makna permainan tersebut, bahwa manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah memiliki kelebihan yang beraneka ragam untuk saling  melengkapi
Konfirmasi:
Siswa menuliskan kelebihan teman disebelahnya, lalu membandingkan hasil itu untuk saling menilai kelebihan masing-masing
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
1.       Menunjukkan cara mengembangan kelebihan diri
2.       Menuliskan 1 atau 2 alenia yang menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki kelebihan yang dimiliki
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi :Bahasa Cinta
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Siswa membaca kitab Lukas 19: 12-37 “ Perumpaman tentang Talenta”
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru:
Guru menjelaskan  tentang perumpamaan “Talenta”
Siswa  melakukan refleksi diri atas pelajaran dari perumpamaan Talenta sebagai mana yang terdapat dalam buku siswa
Konfirmasi:
Siswa bertanya hal-hal yang belum dipahami
Siswa menuliskan 1 atau 2 alenia yang mengggambarkan kebangaan dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
J.        Sumber belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI








K.      Penilaian;
Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Mampu menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki atas pemberian Tuhan

Tes




Non tes
Esai
1.        Jelaskan yang dimaksud dengan bersyukur atas kelebihan yang dimiliki!
2.       Bagaimana sikapmu ketika melihat kelebihan orang lain? Jelaskan!
3.       Bagaimana cara mengembangkan kelebihan yang kamu miliki?
4.       Tuliskan 1 atau 2 alenia yang menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangan kelebihan yang dimiliki!

Kunci jawaban:
1.       Mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh Tuhan Allah dengan mengembangkan setiap talenta yang ada pada kita dengan seoptimal mungkin.
2.       Ikut senang dengan kelebihan orang lain, karena kita dapat belajar dari mereka
3.       Dengan mengembangkan dengan lebih baik untuk kemuliaan nama Tuhan Allah
       
Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1
Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP NO. 3)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                     Beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.1. Hidup bersyukur dalam segala situasi
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
1.       Kreatif
2.       Disiplin
3.       Tanggung jawab
D.      Indikator pencapaian Kompetensi
1.       Menjelaskan arti kelemahan yang dimiliki oleh manusia
2.       Mampu mengenali kelemahan yang dimiliki orang lain dan diri sendiri
3.       Mampu mewujudkan rasa syukur dengan kelemahan yang dimiliki
E.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
·         Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup bersyukurdalam kelemahan yang dimiliki
·         Menjelaskan manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri sendiri ini
·         Menunjukkan cara mengatasi kelemahan diri
·         Memberikan tanggapan, mengapa kita diajarkan bersyukur sekalipun kita mempunyai kelemahan
F.       Materi Ajar: Kelemahanku
G.     Alokasi Waktu   : 2 pertemuan
H.      Model/ metode Pembelajaran:  permainan, membandingkan
I.        Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·         Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup bersyukur dalam kelemahan yang dimiliki
·         Menjelaskan manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Betapa hatiku
Berdoa bersama
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Siswa membacakan tulisannya minggu lalu, yang menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru:
Membagi  kelas  menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mencari dan menuliskan kelemahan/kekurangan manusia. Kelompok melaporankan hasil pekerjaannya
Guru menjelaskan makna permainan tersebut, bahwa manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah memiliki kelemahan , namun Tuhan adil dengan memberi kemampuan kepadanya
Konfirmasi:
Siswa menuliskan kelemahan teman disebelahnya, lalu membandingkan hasil itu untuk saling menilai kelemahan masing-masing
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
·         Menunjukkan cara mengatasi kelemahan diri
·         Mendiskusikan, mengapa kita diberi kelemahan oleh Tuhan
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : Kami Puji dengan Riang
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Siswa membaca kitab Markus 4: 35-41 ” Tuhan meredakan Angin Ribut
Elaborasi
Guru menjelaskan materi termasuk kisah Beethoven, seorang yang tuna netra, bisu tuli tetapi dapat menciptakan lagu “kami Puji Dengan Riang”
Siswa mendengarkan penjelasan
Siswa  melakukan refleksi diri atas pelajaran dari buku siswa
Konfirmasi:
Siswa bertanya dari materi yang telah disampaikandan  belum dipahami
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
J.        Sumber belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
K.      Penilaian;
Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Mampu menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki atas pemberian Tuhan

Tes




Esai
1.       Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang ada pada diri kita ?
2.       Mengapa kita diberi kelemahan oleh Tuhan? Jelaskan!
3.       Apa yang dapat kamu ambil contoh dari cerita tentang kisah hidup Beethoven?


Kunci jawaban:
1.       Mengatasi kelemahan, dengan melihat diri sendiri kelemahan apa yang ada pada kita, dan belajar untuk mencari penyebab tanpa menyalahkan orang lain,serta memeprbaikinya untuk menjadi kelebihan
2.       Dengan kelemahan yang ada pada kita, kita pun dapat mensyukuri akan hidupyang diberikan oleh Allah sehingga kita dapat bersikap rendah hati dan terus belajar untuk menjadi lebih baik.
3.       Dari kisah hidup Beetoven kita dapat belajar, bagaimana dengan segala kelemahan yang ada pada diri kita, kita tetap dapat berkarya untuk kemuliaan nama Tuhan Allah.
                                                                                                               
Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1



Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 4)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       :1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                    beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C.      Karakter peserta didik yang diharapkan:
·         Kreatif
·         Disiplin
·         Tanggung jawab
D.      Indikator pencapaian Kompetensi:
·         Memberikan alasan, remaja sudah dituntut tanggung jawab
·         Mendata hambatan untuk memiliki rasa tanggung jawab
·         Menunjukkan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan
·         Membuat catatan dari tokoh Alkitab yang kamu anggap bertanggung jawab
E.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
·         Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup bersyukurdalam kelemahan yang dimiliki
·         Menjelaskan manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri sendiri ini
·         Menunjukkan cara mengatasi kelemahan diri
·         Memberikan tanggapan, mengapa kita diajarkan bersyukur sekalipun kita mempunyai kelemahan
F.       Materi Ajar: Kelemahanku
G.     Alokasi Waktu   : 2 pertemuan
H.      Model/ metode Pembelajaran:  curah pendapat, diskusi, cerita
I.        Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·         Menjelaskan yang dimaksud dengan hidup bersyukur dalam kelemahan yang dimiliki
·         Menjelaskan manfaat pelajaran mengenali kelemahan diri
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Betapa hatiku
Berdoa bersama



Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Siswa membacakan tulisannya minggu lalu, yang menggambarkan kebanggaan dan keinginan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru:
Membagi  kelas  menjadi beberapa kelompok
Setiap kelompok mencari dan menuliskan kelemahan/kekurangan manusia
Kelompok melaporankan hasil pekerjaannya
Guru menjelaskan makna permainan tersebut, bahwa manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah memiliki kelemahan , namun Tuhan adil dengan memberi kemampuan kepadanya
Konfirmasi:
Siswa menuliskan kelemahan teman disebelahnya, lalu membandingkan hasil itu untuk saling menilai kelemahan masing-masing
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama : “Hidup kita yang benar”
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
·         Menunjukkan cara mengatasi kelemahan diri
·         Mendiskusikan, mengapa kita diberi kelemahan oleh Tuhan
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : Kami Puji dengan Riang
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Siswa membaca kitab Markus 4: 35-41 ” Tuhan meredakan Angin Ribut
Elaborasi
Guru menjelaskan materi termasuk kisah Beethoven, seorang yang tuna netra, bisu tuli tetapi dapat menciptakan lagu “kami Puji Dengan Riang”
Siswa mendengarkan penjelasan
Siswa  melakukan refleksi diri atas pelajaran dari buku siswa
Konfirmasi:
Siswa bertanya dari materi yang telah disampaikandan  belum dipahami
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
J.        Sumber belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI







K.      Penilaian;

Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Mampu menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki atas pemberian Tuhan

Non Tes





Bahan diskusi:
1.       Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang ada pada diri kita ?
2.       Diskusikan berkelompok, Mengapa kita diberi kelemahan oleh Tuhan?


Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1


2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1


Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 5)


Nama Sekolah                   : SMP BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                       beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.1 Mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
Karakter kebangsaan siswa  yang diharapkan:
·         Nilai  religius
·         Tanggung jawab
C.      Indikator pencapaian Kompetensi:
·         Mampu menjelaskan makna hidup beriman dan berpengharapan
·         Mampu mewujudkan sikap hidup sebagai remaja beriman dalam perkataan, pikiran dan perbuatan
D.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran selesai, diharapaka siswa dapat:
·         Menyebutkan aspek-aspek hidup orang beriman  yang diketahui
·         Menjelaskan, apakah orang beriman bebas dari kesulitan dan penderitaan
·         Menjelaskan kaitan antara iman dan pengharapan
·         Memberikan contoh penderitaan tokoh Alkitab yang kamu ketahui
E.       Materi Ajar:  Hidup beriman dan berpengharapan
F.       Alokasi Waktu   : 2 pertemuan
G.     Model/ metode Pembelajaran:  diskusi, berbagi pengalaman
H.      Kegiatan pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1.       Menyebutkan aspek-aspek hidup beriman  
2.       Menjelaskan, apakah orang beriman bebas dari kesulitan dan penderitaan
Kegiatan awal / Pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi bersama : Jalan serta Yesus
Berdoa bersama
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru membagi kelompok untuk berdikusi “Kisah Parni”
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru:
Guru mendampingi siswa diskusi
Siswa menyampaikan hasil diskusi, dan kelompok lain lain menanggapi
Guru memberi tanggapan dari hasil diskusi
Konfirmasi:
Siswa menanyakan materi yang dianggap belum jelas
Kegiatan akhir:
Menyanyi bersama :
Pertemuan 2
Tujuan pembelajaran:
Setelah pelajaran selesai siswa dapat:
·         Menjelaskan antara iman dan pengharapan
·         Memberikan contoh penderitaan tokoh Alkitab
Kegiatan awal/pendahuluan:
Memotivasi siswa dengan menyanyi : Jalan serta Yesus
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi, guru:
Mengajak siswa membaca kitab Yakobus 2 : 14 -18 ( Iman tanpa perbuatan pada hakikatnya adalah mati)
Elaborasi
Guru menjelaskan materi dengan kreatif tentang iman tanpa perbuatan adalah mati
Konfirmasi:
Siswa menanyakan yang belum jelas
Guru memperkaya dengan menugaskan siswa untuk menuliskan pengalaman yang dimiliki atau kisah nyata yang ada di lingkungan sekitar berkaitan hidup beriman. Dikumpulkan minggu depan
Penutup:
Menyanyi bersama : Bahasa Cinta
I.        Sumber belajar: Alkitab, buku Cermin Remaja 1, Kelompok kerja PGI
J.        Penilaian:
Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Menjelaskan makna hidup beriman dan berpengharapan
Mewujudkan sikap hidup beriman dalam perkataan, pikiran dan perbuatan
Tes




Esai
1.       Sebutkan aspek hidup orang beriman!
2.       Apakah orang beriman bebas dari penderitaan dan kesulitan? Jelaskan!
3.       Jelaskan kaitan antara iman dan pengharapan!
4.       Berikan contoh tokoh alkitab yang mengalami penderitaan!

Kunci jawab:
1.       Aspek hidup manusia: fisik, mental, social, spiritual
2.       Tidak, karena justru dengan penderitaan kita dapat merasakan menyertaan dan cinta kasih Tuhan Allah
3.       Dengan iman yang kuat kita memiliki pengharapan akan hidup kekal bersama Tuhan Allah
4.       Tokoh Alkitab yang mengalami penderitaan:
a.       Yusuf yang dijual oleh kakak-kakaknya
b.      Daud dikejar-kejar Raja Saul
c.       Nabi Yeremia yang dimasukkkan sumur
d.      Daniel dimasukkkan kandang singa

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1


2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.




                                                               










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 6)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                       beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.2. mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
C.      Karakter siswa yang diharapakan:
·         Nilai religious
·         Jujur
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan arti hidup beriman
·         Menjelaskan arti hidup berpengahrapan
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan beberapa contoh perbuatan seorang yang imannya bertumbuh
·         Menyebutkan 3 faktor penghambat pertumbuhan iman!
·         Menyebutkan 3 faktor pendukungpertumbuhan iman
·         Memberikan contoh menjadi terang bagi sesame
F.        Materi pembelajaran: Wujud Beriman
G.     Alokasi waktu: 2 kali pertemuan
H.      Model pembelajaran:
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·         Menyebutkan beberapa contoh perbuatan seorang yang imannya bertumbuh
·         Menyebutkan 3 faktor penghambat pertumbuhan iman
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Guru menyuruh siswa mengumpulkan tugas minggu lalu
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Memberi  kesempatan beberapa siswa untuk unjuk kemampuan membacakan hasil pekerjaan peserta didik yang dikerjakan minggu sebelumnya dan memberi  tanggapan

Elaborasi
dalam elaborasi, guru : menunjukksn kecambah dalam botol. Kemudian siswa diminta untuk mengamati dan membayangkan proses pertumbuhan kecambahtersebut .tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada siswa bagaimana proses pertumbuhan imanitu berlangsung.
Guru menjelaskan mater I tentang pertumbuhan iman membutuhkan tahapan seperti tumbuhan siswa memperhatikan. Guru member tugas kepada siswa untuk membeca kitab Matius 6: 9-13 “Doa Bapa Kami.
Siswa menuliskan tugas yang diberikan oleh Allah kepada manusia dalam kitab kejadian 2: 15, dan kitab Yakobus 1 :26-27, sebagai salah satu wujud pertumbuhan iman
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI, kecambah
K.      Penialian:

Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Menjelaskan arti  hidup beriman dan berpengharapan

Tes




Esai
1.       Sebutkan beberapa contoh sikap hidup orang  yang imannya bertumbuh!
2.       Sebutkan 3 faktor penghambat pertumbuhan iman!

Kunci jawaban:
1.       Sikap hidup orang yang bertumbuh imanya:
·         Senantiasa mengandalkan  Tuhan dalam setiap langkah hidupnya
·         Menaruh hormat kepada setiap orang
·         Bersungguh-sungguh dalam bekerja (belajar)
2.       Tiga factor penghambat pertumbuhan iman: egois , merasa dirinya selalu benar, tidak percaya kepada Tuhan

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1



2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1



Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 7)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                      beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.1 mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
C.      Karakter siswa yang diharapakan:
·         kreatif
·         Jujur
·         Disiplin
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Mewujudkan sikap hidup beriman dan berpengharapan, seperti tidak mudah putus asa, kreatif, optimis
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menjelaskan arti  optimis
·         Menjelaskan arti  pesimis
·         Memberikan contoh cirri-ciri orang pesimis
·         Memberikan contoh cirri-ciri orang optimis
·         Memberikan alasan, mengapa kita harus bersikap optimis
F.       Materi pembelajaran: optimis atau Pesimis?
G.     Alokasi waktu:  kali pertemuan
H.      Model pembelajaran:
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Pertemuan 1
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi : hidup kita yang benar
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Guru bercerita tentang dua orang dalam penjara



elaborasi
dalam elaborasi, guru :
guru meminta siswa untuk menunuukkan mana tahanan yang bersikap optimis dan mana yang bersikap pesimis, dengan memberikan alasannya.
Untuk memperdalam materi guru menyuruh siswa untuk membaca kitab Bilangan 13: 25 -14: 10
Siswa mencari  contoh sikap optimis dari bacaan dan mencari contoh sikap pesimisnya
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
siswa menuliskan hal-hal yang dikuatirkan dalam hidup, untuk didoakan
penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:

Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Menjelaskan arti  hidup beriman dan berpengharapan

Tes




Esai
1.       Jelaskan arti optimis
2.       Jelaskan arti pesimis
3.       Berikan contoh cirri-ciri orang pesimis!
4.       Berikan contoh cirri-ciri orang optimis!
5.       Mengapa kita harus bersikap optimis

Kunci jawaban:
1.       Optimis adalah orang yang selalu melihat masalah dari sisi positif
2.       Pesimis adalah orang yang selalu melihat masalah dari sisi negative
3.       Cirri-ciri orang pesimis: Arman sudah merasa takut ketika hujan mulai turun
4.       Cirri orang optimis: Amo merasa soal matematika sulit, namun dia percaya akan dapat mengerjakan dengan benar.
5.       Kita harus bersikap optimis karena setiap manusia diberi talenta oleh Tuhan untuk dikembangkan.

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1




2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1
                                                                                                                                Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 8)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 1
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       :1.  Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                      beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.1 Mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religious
·         Cinta kasih
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
Menyebutkan contoh hidup beriman dan berpengharapan
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menjelaskan yang dimaksud dengan”mengalah tidak berarti kalah
·         Berikan contoh mengutamakan hak orang lain dalam hidup sehari-hari.
F.       Materi pembelajaran: Mengalah untuk menang
G.     Alokasi waktu:1x pertemuan
H.      Model pembelajaran:
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi : Kasih Pasti Lemah Lembut
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Guru memimpin permaian “Mengalah tidak berarti kalah”
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru :
Guru meminta siswa untuk menuliskan didalam kotak yang tersedia di dalam buku siswa, pelajaran apa yang didapat dari permainan tersebut.
Guru menekankan sikap mengalah tidak selamanya kalah
Guru membimbing peserta didik menggali pemahaman melaui cerita
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
siswa menuliskancerita singkat  pengalaman mengalah yang mendatangkan kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang lain
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Menjelaskan arti  hidup beriman dan berpengharapan

Tes




Esai
1.       Apa yang dimaksud mengalah tidak berarti kalah?
2.       Memberikan contoh mengutamakan hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari!

Kunci jawaban:
1.       Mengalah tidak berarti kalah berarti, kita membiarkan hak kita diambil oleh orang lain untuk kebaikan orang lain dan kemuliaan nama Tuhan
2.       Ketika kita naik angkutan umum, melihat orang tua tidak memepolrh tempat duduk, kita mempersilahkan tempat duduk kita ditempati orang itu.

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 9)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                       beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.3. Mewujudkan kesetiaan imannya  walau menderita
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Cinta kasih
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan arti memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada kristus
·         Menyebutkan contoh hidup setia kepada Kristus
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan resikonya, saat menyampaikan kebenaran
·         Menyebutkan tokoh di lingkungan yang berani menyuarakan kebenaran
·         Membuat doa permohoinan untuk berani mengatakan yang benar.
·         Menceritakan bagaiman Rasul Petrus dan Rasul Yohanes dalam menyampaikan keba Rasul Petrus dan rasul Yohanes yang memperjuangkan kebenaran
F.       Materi pembelajaran: Memperjuangkan kebenaran
G.     Alokasi waktu:1x pertemuan
H.      Model pembelajaran: permainan, cerita , curah pendapat
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, gurnaran di depan banyak orang?u mengajak menyanyi : Kasih Pasti Lemah Lembut
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru:
Guru meminta peserta didk untuk menyampaikan arti kebenaran. Peserta didik bercerita tentang pengalaman dalam memperjuangkan kebenaran.
elaborasi
Dalam elaborasi, guru :
Guru menyampaikan materi secara kreatif dan dinamis, yang didahului dengan membaca kitab Kisah Para Rasul 4 : 1 – 22 tentang Petrus menyampaikan imannya di hadapan banyak orang
Peseta didik mengerjakan tugas yang ada dalam buku siswa
konfirmasi:
speserta didik menuliskan perintah Tuhan yang kesembilan dari sepuluh Perintah Allah.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator pencapaian Kompetensi
penilaian
Tehnik
Bentuk instrument
instrumen
Menjelaskan arti  memperjuangkan  kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan kepada Kristus

Tes




Esai
1.       Resiko apa yang dihadapi ketika berbicara tentang kebenaran?
2.       Sebutkan tokoh di masyarakat yang memperjuangkan kebenaran!
3.       Susunlah doa yang berisi berani berkata yang benar!

Kunci jawaban:
1.       Tidak disukai teman
2.        Nelson mandela, Marthin Luther King
3.        
Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

                                                                                Kalukku,                                
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 10)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit
A.      Standar Kompetensi       : 1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                       beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.3.Mewujudkan kesetiaan imannya  walau menderita
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Cinta kasih
D.      Indicator pencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan arti memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada kristus
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan berbagai bentuk ketidak jujuran
·         Menyebutkan tokoh masyarakat yang dikenal sebagai orang jujur
·         Menunjukkan resiko dari orang yang jujur
·         Menjelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran
·         Membuat komitmen memperjuangkan kejujuran dalam bentuk puisi, slogan atau kata-kata mutiara
F.       Materi pembelajaran: Memperjuangkan kejujuran
G.     Alokasi waktu:1x pertemuan
H.      Model pembelajaran: permainan, cerita , curah pendapat
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
·         Menyebutkan berbagai bentuk ketidakjujuran.
·         Menyebutkan tokoh masyarakat yang dikenal sebagai orang jujur.
·         Menunjukkan resiko orang jujur.
Kegiatan pendahuluan:
Berdoa bersama
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Yesus menginginkan daku Bersinar BagiNya”




Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:
Guru meminta siswa untuk keluar kelas sekitar 5-7 menit untuk mengamati apa yang ada di sekitarnya. Guru mengamati apa yang dilakukan oleh peserta didik.
Guru menanyakan apa yang mereka lihat di luar. Ini untuk mengetahui kejujuran peserta didik.
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi guru menjelaskan materi secara kreatif.
Peserta didik diminta menuliskan perintah kesembilan dari sepuluh perintah Allah dan menjelaskan makna dari “Jangan bersaksi dusta”.
Peserta didik menuliskan akibat ( hukuman yang diberikan oleh Allah)atas ketidak jujuran yang dilakukan oleh Akhan, Gehasi dan suami istri Ananias dan Safira.
konfirmasi:
siswa menanyakan materi yang belum dipahami
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Yesus menginginkan daku Bersinar BagiNya”
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
·         Menjelaskan upaya  yang dilakukan  untuk memperjuangkan kejujuran
·         Membuat komitmen memperjuangkan kejujuran melalui slogan, puisi, kata-kata mutiara
Kegiatan Pembelajaran:
Pendahuluan
Dalam pendahuluan guru memotivasi peserta didik dengan mengajak menyanyi “Kami Puji dengan riang”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untk membaca kitab Markus 7:20-23
Perempuan Sero-Fenisia yang percaya kepada Tuhan Yesus.
Peserta didik menuliskan makna dari cerita Perempuan Serofenisia
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru menjelaskan materi ketidakjujuran secara kreatif
Peserta didik diminta mengerjakan kegiatan yang ada dalam buku siswa
Peserta didik diminta membuat komitmen tentang kejujuran , dalam bentuk motto, puisi, slogan atau kata-kata mutiara.
Konfirmasi
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang dianggap belum jelas
Rangkuman dan peneguhan
Penutup
Kegiatan belajar diakhiri dengan doa.
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI



K.      Penialian:

Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menjelaskan arti  memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan, sebagai wujud kesetiaan kepada Kristus

Tes




Esai
1.       Sebutkan berbagai bentuk ketidakjujuran di yang ada di masyarakat!
2.       Sebutkan salah satu tokoh yang dikenal karena  jujur!
3.       Apa resiko orang tidak tidak jujur!
4.       Upaya apa yang dapt dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran?
5.       Buatlah komitmen memperjuangkan kejujuran dalam bentuk slogan, puisi, atau  kata-kata mutiara !

Kunci jawaban:
1.       Korupsi, menyontek
2.       Dr. Muh Hatta, Romo Mangun
3.       Tidak disukai teman, tidak dipercaya, dibawa ke pengadilan.
4.       a. Pendidikan yang berkarakter kebangsaan
b.penanaman nilai-nilai melalui pendidikan agama
       
Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.

                                                               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 11)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                     beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           :1.3. Mewujudkan kesetiaan imannya  walau menderita
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan arti  memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada kristus
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menjelaskan arti  kata adil
·         Menjelaskan makna keadilan Tuhan Yesus dalam Perumpamaan “Anak yang hilang”
·         Memberikan contoh fakta yang ada ketidak adilan di masyarakat.
·         Menunjukkan langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari- hari
F.       Materi pembelajaran: Memperjuangkan keadilan
G.     Alokasi waktu: 1x pertemuan
H.      Model pembelajaran: penugasan, cerita , curah pendapat
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tuntun aku ya Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta  peserta untuk mengungkapkan pengalaman mereka tentang keadilan dalam hidup sehari – hari.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta pesrta didik untuk membaca kitab Lukas 15 : 11 – 32, dilanjutkan penjelaskan materi secara kreatif.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dalam buku buku siswa.

Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami
Guru member tugas : membuat kliping tentang “Tokoh atau berita yang memperjuangkan keadilan.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Yesus menginginkan daku Bersinar BagiNya”
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:

Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menjelaskan arti  memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada Kristus

Tes




Esai
1.       Apa arti keadilan?
2.       Apa makna keadilan menurut Tuhan Yesus dalam” perumpamaan tentang  anak yang hilang”?
3.       Berikan contoh fakta ketidakadilan yang ada di masyarakat
4.       Langkah – langkah apa yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari – hari?

Kunci jawab:
1.       Apa yang seharusnya diterima oleh orang sesuai kehendak Tuhan
2.       Tuhan tetap mengampuni orang yang banyak dosanya
3.       a. Masih banyak orang yang hidup di bawah garis kemiskinan
b. kekayaan bangsa masih belum dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat
                4.  Tidak segan-segan untuk mengingatkan pemerintah melalui wakil-wakil rakyat.

                                                                                                                               
       
Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1





2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 12)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                     beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.3.Mewujudkan kesetiaan imannya  walau menderita
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menyebutkan contoh hidup setia kepada Kristus
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan tantangan terberat menjadi murid Yesu
·         Member kesimpulan tenatng menjadi murid Tuhan Yesus.
·         Menjelaskan arti memikul salib dan menyangkal diri.
·         Menjelaskan makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus
F.       Materi pembelajaran: Memperjuangkan keadilan
G.     Alokasi waktu: 1x pertemuan
H.      Model pembelajaran: penugasan, diskusi , curah pendapat
I.        Kegiatan Pembelajaran;
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Ikut Dikau saja Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta  peserta untuk menuliskan siapa Yesus menurut mereka.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab Matius 10 : 16– 32, guru menjelaskan yang dimaksud dengan “ cerdik seperti ular dan putih seperti merpati.
Peserta didik membaca  kitab Lukas 14 : 25 – 34, dilanjutkan penjelaskan materi  tentang “ memikul salib dan meninggalkan ayah dan ibunya untuk menjadi murid Tuhan Yesus  . penyampaian materi secara kreatif dan dinamis.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dalam buku buku siswa.

Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Ikut Dikau saja Tuhan”
pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran :
·         Menjelaskan makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus
Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan Pendahuluan: dalam kegiatan pendahuluan guru menanyakan kembali materi yang sudah diterima sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana peserta telah memahami pelajaran yang lalu.
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab Yohanes 15 : 18 – 27 dan
Ibrani 10 : 19 – 25
Peserta didik diminta untuk mengungkapkan yang dimaksud dengan “Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Aku yang memilih kamu” dan “ jangan menjauhkan diri dari pertemuan ibadah”
Elaborasi:
Dalam elaborasi peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang “ Bagaimana menghadapi tantangan untuk menjadi yang terbaik menurut Tuhan Yesus.
Penyampaian hasil diskusi , kelompok lain dapat menanyakan atau menyanggah kelompok lain.
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang belum jelas dan guru merangkum hasil belajar yang sudah dijalani
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menyebutkan contoh sikap hidup setia kepada Kristus
Tes




Esai
1.       Apa tantangan terberat menjadi murid Tuhan Yesus ?  Jelaskan!
2.       Apa yang dapat kamu simpulkan tentang menjadi murid Tuhan Yesu?
3.       Apa arti memikul salib dan menyangkal diri?
4.       Apa makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus?
               
Kunci jawaban:
1.       Meninggalkan kehidupan duniawi
2.       Berani memikul salib walau pun harus menderita
3.       Rela menderita dan meninggalkan kesenangan duniawi yang menyesatkan
4.       Ikut memberitakan kabar keselamatan
                                                                                                       

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1


2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 13)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 4 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi                       : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan
      Hidup beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar                           :1.4.meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya.
·         Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian.
·         Menjelaskan makna pengorbanan yang dilakukan oleh tokoh gereja
·         Menjelaskan arti pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib
·         Menjelaskan makna penderitaan Kristus bagi orang percaya
·         Menjelaskan tiga arti salib bagiorang Romawi kuno
F.        Materi pembelajaran: Makna penderitaan Kristus
G.     Alokasi waktu: 2 x pertemuan
H.      Model pembelajaran: penugasan, diskusi , curah pendapat
I.        Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1.menjelaskan arti pengorbanan Tuhan Yesus di salib
2. menjelaskan makna pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib
Menjelaskan 3 arti salib bagiorang Romawi
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Kusiapkan hatiku  Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta  peserta  didik untuk membaca kitab Roma 6 : 23 mengungkapkan pengertian mereka tentang dosa.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru memutarkan film tentang Penyaliban Tuhan Yesus
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik menanggapi film yang baru saja dilihatnya.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Ikut Dikau saja Tuhan”
pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran :
·         Menjyebutkan nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian
·         Menjelaskan makna pengorbanan  yang dilakukan tokoh gereja
Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan Pendahuluan: dalam kegiatan pendahuluan guru menanyakan kembali materi yang sudah diterima sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana peserta telah memahami pelajaran yang lalu.
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab I Petrus 3 : 17 - 18
Peserta didik diminta untuk mengungkapkan yang dimaksud dari bacaan kitab.
Elaborasi:
Dalam elaborasi peserta didik berdiskusi tentang “Marthin Luther King” dengan pertanyaan – pertanyaan yang ada dalm buku siswa.
Penyampaian hasil diskusi secara bergantian
Kesimpulan hasil diskusi
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang belum jelas dan guru merangkum hasil belajar yang sudah dijalani
Kegiatan Penutup: belajar diakhiri dengan Doa Sayfaat dan menyanyi “ Ingat KasihNya’
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Makna penderitaan Kristus
Tes




Esai
1.       Jelaskan arti pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib!
2.       Menjelaskan makna penderitaan Tuhan Yesus bagi orang percaya!
3.       Sebut dan jelaskan 3 arti salib bagi orang Romawi!
4.       Sebutkan nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian!
5.       Apa makna pengorbanan  yang dilakukan oleh tokoh gereja ?
               

Kunci jawaban:
1.       Menebus dosa umat manusia yang percaya kepadaNya
2.       Dibenarkan karena iman, diperdamaikan dengan Tuhan, hidup kekal
3.       Kutukan, hinaan, dan kebodohan
4.       Martin Luther King
5.       Menghilangkan diskriminasi yang ada terlebih tentang warna kulit                                                   
Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1


Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 14)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                   beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan penderitaan  Kristus dan maknanya bagi orang percaya
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan tri hari Paskah
·         Menjelaskan arti paskah dalam Perjanjian Lama
·         Menjelaskan arti Paskah dalam Perjanjian baru
·         Menjelaskan makna telur paskah dalam perayaan paskah
F.       Materi pembelajaran: Paskah sebuah Refleksi
G.     Alokasi waktu: 2 x pertemuan
H.      Model pembelajaran: pemutaran film, penugasan
I.        Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Kusiapkan hatiku  Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta  peserta  didik untuk membaca kitab Korintus 15 : 54 - 55 mengungkapkan pengertian mereka tentang “maut dimana sengatmu”
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta peserta didik untuk menuliskan pengalaman mereka pada Hari Paskah yang paling berkesan. Kelas dibagi dalam beberapa kelompok , lalu merumuskan inti pengalaman paskah dan dipresentasikan.
Guru menyampaikan materi secara kreatif.
Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Allah melalui peristiwa Paskah dalam bentuk tulisan, puisi maupun gambar.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Kristus bangkit Soraklah”
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menjelaskan  penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
Tes




Esai
1.       Sebutkan Tri Hari Paskah!
2.       Jelaskan arti Paskah dalam Perjanjian lama!
3.       Jelaskan arti Paskah dalam Perjanjian Baru!
4.       Menjelaskan makna telur Paskah dalam perayaan paskah!

Kunci jawaban:
1.       Kamis putih, jumat agung, minggu paskah
2.       Keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir tempat perbudakan
3.       Kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian
4.       Didalam dunia yang paling gelap ada kehidupan baru                                                                                             

Format criteria penilaian:
1.       Produk hasil diskusi
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagain besar benar
Sebagian kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2.       Performasi
No
Aspek
Kerjasama
skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang bekerja sama
Tidak bekerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
Tidak aktif
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 15)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                   beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menyikapi secara kritis makna penderitaan
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan penyebab  Raja saul mengalami penderitaan
·         Menyebutkan penderitaan yang dialami oleh Tamar anak Raja Daud
·         Menjelaskan penyebab Policarpus, seorang Uskup dari Smirna menderita
·         Mengungkapkan yang kamu lakukan ketika sedang menghadapi penderitaan
F.       Materi pembelajaran: layakkah mereka menderita?
G.     Alokasi waktu: 1 x pertemuan
H.      Model pembelajaran: cerita kreatif,  penugasan
I.        Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tahanlah dan Berjuang Trus”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta  peserta  didik untuk  mengungkapkan pengertian mereka tentang “Penderitaan”
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru meminta peserta didik untuk membaca kitab I Samuel 13 : 1-22 ; II Samuel 13 tentang Penderitaan Raja  Saul dan Penderitaan Tamar, putrid Raja Daud.
Guru menyampaikan materi secara kreatif.
Peserta didik menanggapi penderitaan tokoh – tokoh yang ada dalam materi.


Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik diminta untuk mengidentifikasi penderitaan yang ada di masyarakat,  hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan doa bersama
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menyikapi  secara kritis makna penderitaan

Tes




Esai
1.       Mengapa Raja Saul mengalami penderitaan?
2.       Penderitaan apa yang dialami Tamar, anak Raja Daud?
3.       Mengapa Policarpus, seorang Uskup dari Smirna mengalami penderitaan?
4.       Apa yang kamu lakukan ketika sedang mengalami penderitaan?

Kunci jawaban:
1.       Raja saul tidak mendengar lagi apa yang diperintahkan oleh Allah
2.       Karena Daud tidak mendebgar suara Tuhan, sebagai raja yang dipilih oleh Allah, berzinah dengan Batseba.
3.       Tidak mau disuruh menyembah kaisar
4.       Tidak perlu cemas, tetapi mohon bimbingan Tuhan agar dapat melewati penderitaan dengan bersyukur                                                                                                              
Format Kriteria penilaian:
1.       Produl hasil diskusi:
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagain kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

2.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
Skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang kerja sama
Tidak kerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
tidak
4
2
1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 16)


Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       :1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                      beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan makna sakramen Perjamuan Kudus
·         Menjelaskanpenderitaan Kristus dan maknanya
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menjelaskan dengan kata-kata sendiri arti Perjamuan Kudus
·         Menceritakan dengan singkat asal-mula Perjamuan Kudus
F.       Materi pembelajaran: Sakramen Perjamuan kudus (Markus 14:22-25; I Korintus 11: 23 – 25)
G.     Alokasi waktu: 1 x pertemuan
H.      Model pembelajaran: cerita kreatif,  penugasan
I.        Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”maukah Kau Jadi Roti”
Guru meminta peserta didik mengumpulkan kliping yang sudah dibuat dibuat.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi:Guru meminta  peserta  didik untuk  mengunmpulkan roti dan air minun di meja. Setelah didoakan oleh guru, peserta didik dipersilahkan mengambil makanan yang tersedia. Setelah semua makan, guru menjelaskan makna makan bersama.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru mengajak  peserta didik untuk mempercakapkan Perjamuan Kudus. Apa yang mereka ketahui tentang Perjamuan Kudus. Guru meminta peserta didik menuliskan apa yang merekanketahui tentang perjamuan Kudus.
Guru menyampaikan materi secara kreatif.


Konfirmasi;
Dalam konfirmasi , peserta didik diminta untuk mengerjakanntugas dalam buku siswa
Penutup:
pelajaran ditutup dengan nyanyi “Maukah Kau Jadi Roti”
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menjelasakn makna sakramen Perjamuan Kudus
Tes




Esai
1.       Jelaskan dengan kata-katamu sendiri arti sakramen Perjamuan Kudus!
2.       Ceritakan dengan singkat asal mula adanya Perjamuan Kudus!

Kunci jawaban:
1.       Sakramen adalah tanda yang dimeteraikan sebagai jaminan hidup kekal. Perjamuan kudus mengingatkan akan pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib bagi orang berdosa
2.       Sebelum Tuhan Yesus ditangkap untuk diadili, Tuhan Yesus mengadakan perjamuan dengan 12 muridNya, sebagai perjamuan terakhir.
                                                                                       
Format Kriteria penilaian:
3.       Produl hasil diskusi:
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagain kecil benar
Semua salah
4
3
2
1

4.       Performansi
No
Aspek
Kerja sama
Skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang kerja sama
Tidak kerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
tidak
4
2
1
Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP NO. 17)



Nama Sekolah                   : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas / Semester              : VIII / 2
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah Pertemuan          : 2 x 40 menit

A.      Standar Kompetensi       : 1.Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup
                                                      beriman dan berpengharapan
B.      Kompetensi Dasar           : 1.4.Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
C.      Karakter siswa yang diharapkan:
·         Nilai religius
·         Tanggung jawab
D.      Indicatorpencapaian kompetensi:
·         Menjelaskan makna sakramen Perjamuan Kudus
·         Menjelaskanpenderitaan Kristus dan maknanya
E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menyebutkan alasan, Habel disebut sebagai pahlawan iman.
·         Menyebutkan alasan, Rakhab disebut sebagai pahlawan iman
·         Menceritakan satu tokoh yang menurut kamu dapat disebut pahlawan iman
F.       Materi pembelajaran: Pahlawan Iman
G.     Alokasi waktu: 1 x pertemuan
H.      Model pembelajaran: cerita kreatif,  penugasan
I.        Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan pendahuluan:
Dalam kegiatan pendahuluan, guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tuhan adalah kekuatanku”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru meminta peserta didik belajar dari cerita “ dicari Pekerjaan yang Tersulit”, dengan menjawab pertanyaan yang ada.
Elaborasi:
Dalam elaboasi guru mengajak  peserta didik membacakitab Ibrani 11 : 17 -34, dan menuliskan masing –masing sikap hidup para tokoh iman, dan menuliskan bagimana seharusnya kita mewujudkan sikap tersebut dalm hidup sehari hari.


Konfirmasi;
Dalam konfirmasi peserta didik menuliskan akronim yang sesuai gaya hidup remaja yang paling menarik dan mudah diingat.
Penutup:
pelajaran ditutup dengan nyanyi “Tuhan adalah Kekuatanku”
J.        Sumber Belajar: buku Cermin Remaja 1 Kelompok Kerja PGI
K.      Penialian:
Indicator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tehnik
Bentuk Instrument
Instrumen
Menyebutkan contoh sikap meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
Tes




Esai
1.       Mengapa Habil disebut sebagai salah satu tokoh iman dakam Alkitab/
2.       Mengapa Rakhab disebut sebagai salah satu tokoh iman dalam Alkitab?
3.       Ceritakan satu tokoh yang menurut kamu dapat disebut pahlawan iman!

Kunci jawaban:
1.       Habil mempersembahkan korban bakaran dari hasil yang terbaik
2.       Rahab menyembunyikan pengintai Israel di Yerikho
3.       Hana rela menunggu lama untuk mendapatkan seorang anak, dan setelah dikaruniai anak maka anaknya diserahkan ke kemah suci untuk melayanai Allah

Format Kriteria penilaian:
1.       Produl hasil diskusi:
No
Aspek
Criteria
skor
1
Konsep
Semua benar
Sebagian besar benar
Sebagain kecil benar
Semua salah
4
3
2
1
Performansi
No
Aspek
Kerja sama
Skor
1
Kerja sama
Bekerja sama
Kadang-kadang kerja sama
Tidak kerja sama
4
2
1
2
Partisipasi
Aktif
Kadang-kadang
tidak
4
2
1

Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


               Drs. YUNUS KAMUDEK, L                                                                               VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                       NIP.






























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...