![]() |
S I L
A B U S
Nama Sekolah :SMP Budi Mulia Tasiu
Kelas / Semester:VII / 1
TahunAjaran :20 11 / 2012
Mata
Pelajaran :
PendidikanLingkunganHidup (PLH)
Standar Kompetensi : 1. Memahami tujuan
pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam
KompetensiDasar |
MateriPokok
/ Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
AlokasiWaktu
|
SumberBelajar
|
1.1Menjelaskan norma-norma pelestarian sumber daya alam
|
Norma – norma pelestarian sumber daya alam
|
Mendiskusikusikan tentang norma –norma pelestarian
sumber daya alam
|
1.1.1
Menyebutkan
macam-macam norma pelestarian sumber daya alam
1.1.2
Menyebutkan
tujuan norma – norma pelestarian sumber daya alam
1.1.3
Menerapkan
tujuan norma – norma pelestarian
sumber daya alam
|
Tes Tertulis
Performance
|
2 x 40’
|
Lingkungan Sekitar
Buku referensi
Media masa
|
1.2 Mengenal
jenis – jenis sumber daya alam
|
Jenis-jenis sumber daya alam
|
Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam yang dapat
diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
|
1.2.1
Menjelaskan
jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat
diperbaharui
1.2.2
Menyebutkan
contoh-contoh sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
|
Tes Tertulis
Performance
|
2 x 40’
|
Lingkungan Sekitar
Buku referensi
Media masa
|
1.3 Menjelaskan saling ketergantungan antara makhluk
hidup dan lingkungan
|
Makhluk hidup dan lingkungannya
|
·
Siswa
mendeskripsikan pengertian makhluk
hidup
·
Siswa menjelaskan
ketergantungan makhluk hidup dan
lingkungan
|
1.3.1
Menjelaskan
pengertian makhluk hidup
1.3.2
Memberikan
contoh-contoh makhluk hidup
1.3.3
Mendeskripsikan
bentuk-brntuk ketergantungan makhluk hidup dengan lingkungannya
1.3.4
Memberikan
contoh ketergantungan makhluk hidup
dan lingkungannya.
|
Tes Tertulis
Portofolio
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
|
1.4 Menjelaskan manfaat Sumber daya alam
|
Manfaat Sumber
daya alam
|
·
Menjelaskan
manfaat sumber daya alam
·
Menjelaskan
dampak kerusakan alam
·
Membedakan
sumber daya alam dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui
|
1.4.1
Menjelaskan
manfaat sumber daya alam.
1.4.2
Menjelaskan
dampak kerusakan alam
1.4.3
Membedakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui
dan tidak dapat diperbaharui
1.4.4
Memanfaatkan
sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari tanpa merusak lingkungan sekitar
|
Tes Tertulis
Tes Lisan
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
|
1.5 Menjelaskan
prinsip peman-faatan sumber daya alam
|
Pemanfaatan sumber daya alam
|
Diskusi dan tanya jawab tentang prisip pemanfaatan
sumber daya alam.
|
1.5.1
Menjelaskan
prisip pemanfaatan sumber daya alam.
1.5.2
Meyebutkan
prinsip-prinsip pemanfaatan sumber daya alam.
1.5.3
Menerapkan pemanfaatan
sumber daya alam dalam kehidupan sehari - hari.
|
Tes tulis
Tes
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
|
1.6 Menjelaskan pelestarian sumber daya alam
|
Pelestarian
sumber daya alam
|
· Mendeskripsikan pelestarian sumber daya alam
· Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dilingkungan
sekitar
· Melakukan penanaman pohon dilingkungan sekitar
|
1.6.1
Mendeskripsikan
pengertian pelestarian sumber daya alam
1.6.2
Mengidentifikasi
jenis sumber daya alam dilingkungan sekitar
1.6.3
Melaksanakan
penanaman pohon dilingkungan sekitar
|
Fortofolio
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media AudioVisual
|
Standar
kompetensi : 2. Mengembangkan pelestarian dan pemanfaatan
sumber daya alam
KompetensiDasar |
MateriPokok
/ Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi waktu
|
SumberBelajar
|
2.1 Mencintai lingkungan hidup mulai dari lingkungan
terdekat (rumah, seko-lah, kota dll)
|
· Lingkungan Hidup
· Pelestarian lingkungan hidup
· Tujuan llingkungan hidup
|
· Studi Pustaka
untuk merumuskan konsep lingkungan hidup
· Mencari Informasi mengenai usaha Pelestarian lingkungan hidup
· Mengamati VCD
Pelestarian lingkungan hidup
|
2.1.1
Menafsirkan
arti penting mencintai lingkungan hidup
2.1.2
Mengidentifikasi bentuk usaha pelestarian
lingkungan terdekat
2.1.3
menyebutkan
tujuan dan sasaran mencintai lingkungan hidup
2.1.4
Melakukan usaha
kebersihan dilingkungan sekolah
2.1.5
Membiasakan
hidup sadar lingkungan
2.1.6
Membiasakan
pola hidup ramah lingkungan
|
Tes Tertulis
Tes Kinerja
Portofolio
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
(VCD)
|
2.2 Berperan aktif dalam pelestarian dan pemanfaatan
sumber daya alam sebagai rasa syukur terhadapa Tuhan Y.M.E
|
· Pelestarian Sumber daya alam
· Pemanfaatan sumber daya alam
|
· Diskusi dan tanya jawab tentang macam-macam bentuk
pelestarian sumber daya alam
· Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat sumber daya
alam
· Diskusi dan tanya jawab tentang cara-cara yang efektif
dalam pelestarian sumber daya alam
|
2.2.1
Menyebutkan
macam-macam bentuk pelestarian sumber daya alam
2.2.2
Menyebutkan
manfaat sumber daya alam
2.2.3
Menyebutkan
cara-cara yang efektif dalam pelestarian sumber daya alam Menjelaskan
|
Tes Tulis
Tes Lisan
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Au dio visual
(VCD)
|
Standar
Kompetensi : 3. Membiasakan diri dalam pelestarian dan
pemanfaatan sumber daya alam
KompetensiDasar |
MateriPokok
/ Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
AlokasiWaktu
|
SumberBelajar
|
||
3.1 Memelihara lingkungan hidup terdekat (rumah, sekolah
dan sekitarnya)
|
Memelihara lingkungan hidup terdekat
|
· Diskusi dan tanya jawab tentang memelihara kebersihan
lingkungan
· Diskusi dan tanya jawab tentang kebersihan
lingkungan di sekolah
· Diskusi dan tanya jawab tentang melaksanakan kebersihan
di lingkungan keluarga
· Diskusi dan tanya jawab tentang melaksanakan kebersihan
dilingkungan sekolah
· Menjalankan kerja bakti dilingkungan wilayah terdekat
|
3.1.1 Dapat melaksanakan kebersihan di sekitar rumah (halaman
dan saluran pembuangan air)
3.1.2 Melakukan kebersihan dihalaman sekolah
3.1.3 Melakukan kerja bakti di lingkungan rumah secara rutin
dan bergotong-royong
3.1.4 Melakukan kerja bakti dilingkungan sekolah secara rutin
dan bergantian
3.1.5 Melaksanakan kebersamaan hidup dalam lingkungan yang
sehat
|
Tertulis
Lisan
Proyek
Produk
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
(VCD)
|
||
3.2 Melakukan pelestarian hewan langka di lingkungan
sekitar
|
Pelestarian sumber daya alam
|
· Siswa mendiskusikan jenis-jenis hewan langka yang ada
disekitar lingkungannya.
· Siswa menganalisis jenis hewan langka sehigga
menyenangi hewan-hewan tersebut
· Siswa mempraktekan tata cara pemeliharaan jenis hewan
langka
· Siswa mampu menunjukan hasil karya pemeliharaan hewan
langka
|
3.2.1
Mampu
mengidentifikasikan hewan-hewan langka yang ada dilingkungan sekitar
3.2.2
Menyenangi hewan-hewan langka yang ada dilingkungan
sekitar
3.2.3
Memelihara hewan-hewan langka yang ada dilingkungan
sekitar
|
Tes Tertulis
Portofolio
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Buku PLH
- Lingkungan
Sekitar
|
||
3.3 Melakukan upaya pelestarian tumbuh-tumbuhan langka
dilingkungan sekitar
|
· pelestarian tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
· Pemanfaatan
pelestarian tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
|
· Mengidentifikasi ciri- ciri tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
· Mendeskripsikan tanaman langka yangh ada dilingkungan
sekitar
· Melakukan praktek penanaman tumbuhan langka dilingkungan sekitar (
seperti sagu dan salam)
· Melakukan pemeliharaan tanaman langka yang ada
dilingkungan sekitar
|
3.3.1
Mengidentifikasi
ciri- ciri tumbuh-tumbuhan langka
dilingkungan sekitar
3.3.2
Dapat
membedakan tanaman langka dengan tanamanan tidak langka dilingkungan sekitar
3.3.3
Menyebutkan
nama-nama tanaman langka yanga ada di linhkungan sekitar
3.3.4
Menananam
tumbuhan langka yang ada dilingkungan sekitar
3.3.5
Memelihara
tanaman langka yang ada dilingkungan sekitar
|
Tertulis
Kinerja
Proyek
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media AudioVisual
|
||
3.4 Melakukan pelestarian dan pemanfaatan tanaman budi
daya (tanaman hias, tanaman obat keluarga/toga)
|
· pelestarian dan pemanfaatan tanaman budi daya
|
· Mendeskripsikan upaya pelestarian tanaman budi daya
· Mendeskripsikan jenis-jenis tanaman obat-obatan
dilingkungan sekitar
· Melakukan penanaman beberapa tanaman obat dilingkungan
sekolah
· Melakukan pemeliharaan beberapa tanaman hias
dilingkungan sekolah
· Melakukan pemeliharaan beberapa tanaman obat
dilingkungan sekolah
· Melakukan penanaman beberapa tanaman hias dilingkungan
sekolah
|
3.4.1
Mengidentifikasi beberapa jenis tanaman budidaya.
3.4.2
Mengidentifikasi beberapa jenis tanaman obat dan khasiatnya.
3.4.3
Mengidentifikasi
beberapa jenis tanaman hias yang ada di lingkungan sekolah.
3.4.4
Melakukan
penyiraman tanaman obat dan tanaman hias yang ada di sekolah
3.4.5
Menyebutkan
manfaat dari kebersihan dan keindahan di lingkungan sekitar.
|
Tertulis
Kinerja
Proyek
Produk
|
2 x 40’
|
- Buku
Geografi
- Buku
Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
|
||
Mengetahui,
KepalaSMP Budi Mulia Tasiu
( Drs. Yunus
Kamudek L )
NIP :
|
Kalukku, 11 Juli 2011
Guru
MapelPendidikanLingkunganHidup (PLH)
NIP.
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar