Jumat, 23 Juni 2017

silabus pendidikan lingkuhangan hidup SMP kelas VII/1











 






















S  I  L  A  B  U  S
Nama Sekolah :SMP Budi Mulia Tasiu
Kelas / Semester:VII / 1
TahunAjaran   :20 11 / 2012
Mata Pelajaran                : PendidikanLingkunganHidup (PLH)
 Standar Kompetensi   :  1. Memahami tujuan pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam    

KompetensiDasar

MateriPokok / Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Indikator

Penilaian

AlokasiWaktu
SumberBelajar
1.1Menjelaskan norma-norma pelestarian sumber daya alam
Norma – norma pelestarian sumber daya alam
Mendiskusikusikan tentang norma –norma pelestarian sumber daya alam
1.1.1           Menyebutkan macam-macam norma pelestarian sumber daya alam
1.1.2           Menyebutkan tujuan norma – norma pelestarian sumber daya alam
1.1.3           Menerapkan tujuan   norma – norma pelestarian sumber daya alam
Tes Tertulis
Performance
2 x 40’
Lingkungan Sekitar
Buku referensi
Media masa
1.2      Mengenal
 jenis – jenis sumber daya alam
Jenis-jenis sumber daya alam
Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
1.2.1           Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
1.2.2           Menyebutkan contoh-contoh  sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
Tes Tertulis
Performance
2 x 40’
Lingkungan Sekitar
Buku referensi
Media masa
1.3 Menjelaskan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungan
Makhluk hidup dan lingkungannya
·    Siswa mendeskripsikan pengertian  makhluk hidup
·    Siswa menjelaskan ketergantungan  makhluk hidup dan lingkungan
1.3.1           Menjelaskan pengertian makhluk hidup
1.3.2           Memberikan contoh-contoh makhluk hidup
1.3.3           Mendeskripsikan bentuk-brntuk ketergantungan makhluk hidup dengan lingkungannya
1.3.4           Memberikan contoh ketergantungan  makhluk hidup dan lingkungannya.
Tes Tertulis
Portofolio
2 x 40’
-  Buku 
   Geografi
-  Buku
   Biologi
-  Majalah
-  Lingkungan
Sekitar
-   Media  Audio Visual
1.4 Menjelaskan manfaat Sumber daya alam
Manfaat  Sumber daya alam
·   Menjelaskan manfaat sumber daya alam
·   Menjelaskan dampak kerusakan alam
·   Membedakan sumber daya alam dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
1.4.1           Menjelaskan manfaat sumber daya alam.
1.4.2           Menjelaskan dampak kerusakan alam
1.4.3           Membedakan  sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
1.4.4           Memanfaatkan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari tanpa merusak lingkungan sekitar
Tes Tertulis
Tes Lisan
2 x 40’
-  Buku
   Geografi
-  Buku
   Biologi
-  Majalah
-  Lingkungan
Sekitar
-  Media Audio Visual
1.5  Menjelaskan prinsip peman-faatan sumber daya alam
Pemanfaatan sumber daya alam


Diskusi dan tanya jawab tentang prisip pemanfaatan sumber daya alam.
1.5.1           Menjelaskan prisip pemanfaatan  sumber daya alam.
1.5.2           Meyebutkan prinsip-prinsip  pemanfaatan  sumber daya alam.
1.5.3           Menerapkan  pemanfaatan  sumber daya alam dalam kehidupan sehari - hari.

Tes tulis
Tes
2 x 40’
- Buku 
  Geografi
- Buku
   Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
1.6 Menjelaskan pelestarian  sumber daya alam
Pelestarian  sumber daya alam
·    Mendeskripsikan pelestarian sumber daya alam
·    Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dilingkungan sekitar
·    Melakukan penanaman pohon dilingkungan sekitar
1.6.1           Mendeskripsikan pengertian pelestarian sumber daya alam
1.6.2           Mengidentifikasi jenis sumber daya alam dilingkungan sekitar
1.6.3           Melaksanakan penanaman pohon dilingkungan sekitar

Fortofolio
2 x 40’
-  Buku
   Geografi
-  Buku
   Biologi
-  Majalah
-  Lingkungan
    Sekitar
-  Media AudioVisual
Standar kompetensi     :  2. Mengembangkan pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam

KompetensiDasar

MateriPokok / Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu
SumberBelajar
2.1 Mencintai lingkungan hidup mulai dari lingkungan terdekat (rumah, seko-lah, kota dll)
·      Lingkungan Hidup
·      Pelestarian lingkungan hidup
·      Tujuan llingkungan hidup
·      Studi Pustaka untuk merumuskan konsep lingkungan hidup
·      Mencari Informasi mengenai usaha  Pelestarian lingkungan hidup
·      Mengamati VCD  Pelestarian lingkungan hidup
2.1.1   Menafsirkan arti penting mencintai lingkungan hidup
2.1.2    Mengidentifikasi bentuk usaha pelestarian lingkungan terdekat
2.1.3   menyebutkan tujuan dan sasaran mencintai lingkungan hidup
2.1.4   Melakukan usaha kebersihan dilingkungan sekolah
2.1.5   Membiasakan hidup sadar lingkungan
2.1.6   Membiasakan pola hidup ramah lingkungan
Tes Tertulis
Tes Kinerja
Portofolio
2 x 40’
- Buku
  Geografi
- Buku
   Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
  (VCD)
2.2 Berperan aktif dalam pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam sebagai rasa syukur terhadapa Tuhan Y.M.E
·      Pelestarian Sumber daya alam
·      Pemanfaatan sumber daya alam
·     Diskusi dan tanya jawab tentang macam-macam bentuk pelestarian sumber daya alam
·     Diskusi dan tanya jawab tentang manfaat sumber daya alam
·     Diskusi dan tanya jawab tentang cara-cara yang efektif dalam pelestarian sumber daya alam
2.2.1           Menyebutkan macam-macam bentuk pelestarian sumber daya alam
2.2.2           Menyebutkan manfaat sumber daya alam
2.2.3           Menyebutkan cara-cara yang efektif dalam pelestarian sumber daya alam Menjelaskan


Tes Tulis
Tes Lisan
2 x 40’
- Buku
   Geografi
- Buku
  Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
-  Media Au dio visual
   (VCD)
Standar Kompetensi    :  3. Membiasakan diri dalam pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam

KompetensiDasar

MateriPokok / Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Indikator

Penilaian

AlokasiWaktu
SumberBelajar
3.1 Memelihara lingkungan hidup terdekat (rumah, sekolah dan sekitarnya)
Memelihara lingkungan hidup terdekat
·     Diskusi dan tanya jawab tentang memelihara kebersihan lingkungan
·     Diskusi dan tanya jawab tentang kebersihan lingkungan  di sekolah
·     Diskusi dan tanya jawab tentang melaksanakan kebersihan di lingkungan keluarga
·     Diskusi dan tanya jawab tentang melaksanakan kebersihan dilingkungan sekolah
·     Menjalankan kerja bakti dilingkungan wilayah terdekat
3.1.1      Dapat melaksanakan kebersihan di sekitar rumah (halaman dan saluran pembuangan air)
3.1.2      Melakukan kebersihan dihalaman sekolah
3.1.3      Melakukan kerja bakti di lingkungan rumah secara rutin dan bergotong-royong
3.1.4      Melakukan kerja bakti dilingkungan sekolah secara rutin dan bergantian
3.1.5      Melaksanakan kebersamaan hidup dalam lingkungan yang sehat 
Tertulis
Lisan
Proyek
Produk
2 x 40’
-  Buku
   Geografi
-  Buku
   Biologi
-  Majalah
-  Lingkungan
Sekitar
- Media Audio Visual
   (VCD)
3.2 Melakukan pelestarian hewan langka di lingkungan sekitar









Pelestarian sumber daya alam
·     Siswa mendiskusikan jenis-jenis hewan langka yang ada disekitar lingkungannya.
·     Siswa menganalisis jenis hewan langka sehigga menyenangi hewan-hewan tersebut
·     Siswa mempraktekan tata cara pemeliharaan jenis hewan langka
·     Siswa mampu menunjukan hasil karya pemeliharaan hewan langka
3.2.1           Mampu mengidentifikasikan hewan-hewan langka yang ada dilingkungan sekitar
3.2.2           Menyenangi  hewan-hewan langka yang ada dilingkungan sekitar
3.2.3           Memelihara  hewan-hewan langka yang ada dilingkungan sekitar

Tes Tertulis
Portofolio
2 x 40’
- Buku
  Geografi
- Buku
   Biologi
- Buku PLH
- Lingkungan
   Sekitar

3.3 Melakukan upaya pelestarian tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
·      pelestarian tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
·      Pemanfaatan  pelestarian tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi ciri- ciri  tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
·     Mendeskripsikan tanaman langka yangh ada dilingkungan sekitar
·     Melakukan praktek penanaman  tumbuhan langka dilingkungan sekitar ( seperti sagu dan salam)
·     Melakukan pemeliharaan tanaman langka yang ada dilingkungan sekitar
3.3.1           Mengidentifikasi ciri- ciri  tumbuh-tumbuhan langka dilingkungan sekitar
3.3.2           Dapat membedakan tanaman langka dengan tanamanan tidak langka dilingkungan sekitar
3.3.3           Menyebutkan nama-nama tanaman langka yanga ada di linhkungan sekitar
3.3.4           Menananam tumbuhan langka yang ada dilingkungan sekitar
3.3.5           Memelihara tanaman langka yang ada dilingkungan sekitar

Tertulis
Kinerja
Proyek

2 x 40’
- Buku
   Geografi
- Buku
   Biologi
- Majalah
- Lingkungan
Sekitar
- Media AudioVisual
3.4 Melakukan pelestarian dan pemanfaatan tanaman budi daya (tanaman hias, tanaman obat keluarga/toga)
·      pelestarian dan pemanfaatan tanaman budi daya
·     Mendeskripsikan upaya pelestarian tanaman budi daya
·     Mendeskripsikan jenis-jenis tanaman obat-obatan dilingkungan sekitar
·     Melakukan penanaman beberapa tanaman obat dilingkungan sekolah
·     Melakukan pemeliharaan beberapa tanaman hias dilingkungan sekolah
·     Melakukan pemeliharaan beberapa tanaman obat dilingkungan sekolah
·     Melakukan penanaman beberapa tanaman hias dilingkungan sekolah  
3.4.1           Mengidentifikasi  beberapa jenis tanaman budidaya.
3.4.2           Mengidentifikasi  beberapa jenis tanaman obat dan khasiatnya.
3.4.3           Mengidentifikasi beberapa jenis tanaman hias yang ada di lingkungan sekolah.
3.4.4           Melakukan penyiraman tanaman obat dan tanaman hias yang ada di sekolah
3.4.5           Menyebutkan manfaat dari kebersihan dan keindahan di lingkungan sekitar.
Tertulis
Kinerja
Proyek
Produk

2 x 40’
- Buku
  Geografi
- Buku
   Biologi
- Majalah
- Lingkungan
   Sekitar
- Media Audio Visual

Mengetahui,
KepalaSMP Budi Mulia Tasiu



( Drs. Yunus Kamudek L )
NIP :

Kalukku, 11 Juli  2011
Guru MapelPendidikanLingkunganHidup (PLH)





( Victor Bo’to Langi )
NIP.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...