Jumat, 23 Juni 2017

silabus pendidikan lingkungan hidup kelas VII?2











 






















S  I  L  A  B  U  S
Nama Sekolah :SMP Budi Mulia Tasiu
Kelas / Semester:VII / 2
TahunAjaran   :20 11 / 2012
Mata Pelajaran                : PendidikanLingkunganHidup (PLH)
Standar Kompetensi    :  1. Memecahkan masalah pencemaran lingkungan                          

KompetensiDasar

MateriPokok / Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Indikator

Penilaian

AlokasiWaktu
SumberBelajar
1.1    Menganalisis pencemaran dan kerusakan lingkungan
 ( air, udara dan tanah)
Pencemaran Lingkungan
·      Mendiskusikan penyebab pencemaran lingkungan
·      Memecahkan masalah tentang pencemaran lingkungan
·      Melakukan percobaan apakah lingkungan ini tercemar atau tidak
1.1.1 Mampu mendekripsikan jenis-jenis pencemaran
1.1.2 Mampu mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab pencemaran dan kerusakan lingkungan
1.1.3 Mampu menunjukan bentuk-bentuk pencemaran dan kerusakan lingkungan sekitar


Tes Tertulis
Portofolio
Produk
2 x 40’
·       Buku acuan pelajaran
·       Video
·       Film
·       Gambar
·       LKS
1.2Mengidentifikasi sumbeu pencemaran lingkungan
Pencemaran lingkungan
·      Diskusi untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran
·      Melihat gambar dan atau tayangan /aktifitas manusia yang dapat menimbulkankerusakan lingkungan
·      Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia
1.2.1      Mampu mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah air, udara yang disebabkan oleh manusia maupun oleh fenomena alam
1.2.2      Mampu menunjukan bventuk-bentuk pencemaran dan kerusakan di lingkungan sekitar
1.2.3      Mampu menunjukan sumber-sumber pencemaran di lingkungan sekitar
1.2.4      Mampu menerapkan budaya hidup bersih dan sehat di sekolah dan lingkungan sekitar
TesTertulis
TesPerformance
Portofolio
Produk
2 x 40’
·      Buku acuan pelajaran
·      Video
·      Film
·      Gambar
·      LKS
1.3 Menjelaskan dampak pencemaran lingkungan
Pencemaran lingkungan
·    Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang dampak-dampak pencemaran lingkungan (problem solving)
1.3.1      Mampu mendeskripsikan dampak-dampak pencemaran lingkungan (air, udara dan tanah)
1.3.2      Mampu menyebutkan dampak-dampak pencemaran terhadap kelangsungan makhluk hidup
1.3.3      Siswa dapat memberikan contoh pencemaran lingkungan yang terjadi disekitar wilayahnya
Tes Tertulis
Portofolio
2 x 40’
·      Buku acuan pelajaran
·      Video
·      Film
·      Gambar
·      LKS
1.4 Mencari alternatif penanganan pencemaran lingkungan
Pencemaran lingkungan
Diskusi kelompok tentang alternatif solusi pencemaran lingkungan
1.4.1      Menyebutkan alternatif penanganan pencemaran lingkungan
1.4.2      Mampu menerapkan budaya hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah dan sekitar dan mampu mengaplikasikan penghijauan lingkungan baik disekolah maupun di lingkukngan sekitar
Tes Tertulis

2 x 40’
·      Buku acuan pelajaran
·      Video
·      Film
·      Gambar
·      LKS
Standar Kompetensi    :  2. Mencegah terjadinya pencemaran lingkungannya

KompetensiDasar

MateriPokok / Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

INDIKATOR

PENILAIAN

AlokasiWaktu
SumberBelajar
2.1 Berperan aktif dalam mengurangi pencemaran lingkungan
Merawat tanaman atau lingkungan
·     Kerja bakti membersihkan lingkungan
·      Mengadakan simulasi tentang cara penanaman tanaman yang benar

2.1.1   Mampu menjelaskan dan malakukan cara-cara mengurangi pencemaran lingkungan
2.1.2   Mengadakan gerakan Jum’at bersih (kebersihan umum)
2.1.3   Siswa dituntut untuk tidak membuang sampah sembarangan
2.1.4   Mengadakan reboisasi di sekitar lingkungan sekolah

Tes Kinerja
Proyek
Produk
2 x 40’
·    Lingkungan
·    Media massa
·    Buku ajar
2.2 Menyenangi lingkungan yang tidak tercemar
Lingkungan yang tercemar
·     Siswa mengidentifikasi lingkungan bersih dan sehat
·     Guru memperlihatkan gambar lingkungan yang tercermar
2.2.1      Mendiskusikan cara-cara penanggulangan pencemaran lingkungan
2.2.2      Siswa menciptakan lingkungan kelas yang bersih dan asri

Kinerja

2 x 40’
·    Lingkungan
·    Media massa
·    Buku ajar
Standar Kompetensi    :  3. Melakukan penanggulangan pencemaran lingkungan

KompetensiDasar

MateriPokok / Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Indikator

Penilaian

AlokasiWaktu
SumberBelajar
3.1 Pemanfaatan limbah (sedotan, botol/gelas, kertas dan lain-lain) sekitar lingkungan menjadi barang yang bermanfaat
Pemanfaatan limbah
·     Mendiskusikan jenis-jenis limbah yang masih bermanfaat
·     Menugaskan siswa untuk mencari dan mengumpulkan limbah yang masih bermanfaat di sekitar lingkungan rumah dan sekolah
·     Membuat kerajinan tangan
·     Menjelaskan bagaimana cara mendaur ulang
·     Membuat kertas daur ulang dari kertas bekas atau koran
3.1.1           Mengidentifikasi jenis limbah yang masih bermanfaat di lingkungan sekitar
3.1.2           Mengumpulkan linbah yang masih bermanfaat
3.1.3           Membuat kerajinan tangan dari limbah yg masih bermanfaat (bunga dari sedotan, lampion gelas kemasan bekas)
3.1.4           Membuat kertas daur ulang
Tes Tertulis
Kinerja
Proyek
Produk
Portofolio
4 x 40’
·    Buku ajar
·    Buku keterampilan
·    Barang-barang bekas
3.2 Penerapan pembuatan kompos dari limbah/
sampah organik
Membuat kompos
·     Siswa mendiskusikan jenis-jenis limbah dan mengidentifikasikan materi-materi penyusun kompos yang dihasilkan dari sampah organik
3.2.1           Mengklasifikasikan jenis-jenis limbah
3.2.2           Mengidentifikasikan materi-materi penyusun kompos dari sampah organik
3.2.3                      Teknik pembuatan kompos
Produk
Portofolio
4 x 40’
·    Buku ajar
·    Buku keterampilan
·    Barang-barang bekas
3.3 Mengadakan program kali bersih
Kerusakan lingkungan
·     Siswa mendiskusikan untuk membedakan kali/sungai yan tercemar dan yang tidak
·     Siswa dianjurkan untuk melaksanakan  program kali bersih dengan melakukan kerjabakti dilingkungan sungai sekitar sekolah
3.3.1           mengidentifikasi kali/sungai yang tercemar dan yang tidak tecemar
3.3.2           Menganlisis program kali bersih
3.3.3           Membedakan kali/sungai yang tercemar dan yang tidak tecemar
3.3.4           Mampu melaksanakan program kali bersih melalui program penghijauna kerja bakti di lingkungan sekolah
Kinerja
Produk
Portofolio
2 x 40’
·    Buku ajar
3.4 Mengadakan program langit biru
Polusi udara
·     Siswa mendiskusikan sumber-sumber polusi yang dapat mencemari udara/ lingkungan langit
·     Siswa mendiskusikan akibat polusi udara lingkungan langit
3.4.1           Mampu mengidentifikasi sumber-sumber polusi udara
3.4.2           Mampu mengidentifikasi ciri-ciri langit biru
3.4.3           Menyebutkan sumber polusi udara
3.4.4           Menyebutkan ciri-ciri langit biru

Tes tertulis
Kinerja
2 x 40’
·    Buku ajar


Mengetahui,
Kepala SMP Budi Mulia Tasiu

( Drs. Yunus Kamudek L )
NIP : 196407231992031004

Kialukku, 11 Juli  2011
Guru MapelPendidikanLingkunganHidup (PLH)


( Victor Bo’to Langi )
NIP.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...