![]() |
S I L
A B U S
Nama Sekolah :SMP Budi Mulia Tasiu
Kelas / Semester:VII / 2
TahunAjaran :20 11 / 2012
Mata
Pelajaran :
PendidikanLingkunganHidup (PLH)
Standar Kompetensi : 1. Memecahkan
masalah pencemaran lingkungan
KompetensiDasar |
MateriPokok
/ Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
AlokasiWaktu
|
SumberBelajar
|
1.1
Menganalisis
pencemaran dan kerusakan lingkungan
( air, udara dan tanah)
|
Pencemaran Lingkungan
|
· Mendiskusikan penyebab pencemaran lingkungan
· Memecahkan masalah tentang pencemaran lingkungan
· Melakukan percobaan apakah lingkungan ini tercemar atau
tidak
|
1.1.1 Mampu mendekripsikan jenis-jenis pencemaran
1.1.2 Mampu mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab
pencemaran dan kerusakan lingkungan
1.1.3 Mampu menunjukan bentuk-bentuk pencemaran dan kerusakan
lingkungan sekitar
|
Tes Tertulis
Portofolio
Produk
|
2 x 40’
|
· Buku acuan pelajaran
· Video
· Film
· Gambar
· LKS
|
1.2Mengidentifikasi sumbeu pencemaran lingkungan
|
Pencemaran lingkungan
|
· Diskusi untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan
dan pencemaran
· Melihat gambar dan atau tayangan /aktifitas manusia
yang dapat menimbulkankerusakan lingkungan
· Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan
hubungannya dengan aktifitas manusia
|
1.2.1 Mampu mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah air,
udara yang disebabkan oleh manusia maupun oleh fenomena alam
1.2.2 Mampu menunjukan bventuk-bentuk pencemaran dan
kerusakan di lingkungan sekitar
1.2.3 Mampu menunjukan sumber-sumber pencemaran di lingkungan
sekitar
1.2.4 Mampu menerapkan budaya hidup bersih dan sehat di
sekolah dan lingkungan sekitar
|
TesTertulis
TesPerformance
Portofolio
Produk
|
2 x 40’
|
· Buku acuan pelajaran
· Video
· Film
· Gambar
· LKS
|
1.3 Menjelaskan dampak pencemaran lingkungan
|
Pencemaran lingkungan
|
·
Siswa secara
berkelompok berdiskusi tentang dampak-dampak pencemaran lingkungan (problem
solving)
|
1.3.1 Mampu mendeskripsikan dampak-dampak pencemaran
lingkungan (air, udara dan tanah)
1.3.2 Mampu menyebutkan dampak-dampak pencemaran terhadap kelangsungan
makhluk hidup
1.3.3 Siswa dapat memberikan contoh pencemaran lingkungan
yang terjadi disekitar wilayahnya
|
Tes Tertulis
Portofolio
|
2 x 40’
|
· Buku acuan pelajaran
· Video
· Film
· Gambar
· LKS
|
1.4 Mencari alternatif penanganan pencemaran lingkungan
|
Pencemaran lingkungan
|
Diskusi kelompok tentang alternatif solusi pencemaran
lingkungan
|
1.4.1 Menyebutkan alternatif penanganan pencemaran lingkungan
1.4.2 Mampu menerapkan budaya hidup bersih dan sehat di
lingkungan sekolah dan sekitar dan mampu mengaplikasikan penghijauan lingkungan
baik disekolah maupun di lingkukngan sekitar
|
Tes Tertulis
|
2 x 40’
|
· Buku acuan pelajaran
· Video
· Film
· Gambar
· LKS
|
Standar
Kompetensi : 2. Mencegah terjadinya pencemaran
lingkungannya
KompetensiDasar |
MateriPokok
/ Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran |
INDIKATOR |
PENILAIAN |
AlokasiWaktu
|
SumberBelajar
|
2.1 Berperan aktif dalam mengurangi pencemaran
lingkungan
|
Merawat tanaman atau lingkungan
|
· Kerja bakti membersihkan lingkungan
· Mengadakan simulasi tentang cara penanaman tanaman yang
benar
|
2.1.1
Mampu
menjelaskan dan malakukan cara-cara mengurangi pencemaran lingkungan
2.1.2
Mengadakan
gerakan Jum’at bersih (kebersihan umum)
2.1.3
Siswa dituntut
untuk tidak membuang sampah sembarangan
2.1.4
Mengadakan
reboisasi di sekitar lingkungan sekolah
|
Tes Kinerja
Proyek
Produk
|
2 x 40’
|
·
Lingkungan
·
Media massa
·
Buku ajar
|
2.2 Menyenangi lingkungan yang tidak tercemar
|
Lingkungan yang tercemar
|
· Siswa mengidentifikasi lingkungan bersih dan sehat
· Guru memperlihatkan gambar lingkungan yang tercermar
|
2.2.1 Mendiskusikan cara-cara penanggulangan pencemaran
lingkungan
2.2.2 Siswa menciptakan lingkungan kelas yang bersih dan asri
|
Kinerja
|
2 x 40’
|
·
Lingkungan
·
Media massa
·
Buku ajar
|
Standar
Kompetensi : 3. Melakukan penanggulangan pencemaran
lingkungan
KompetensiDasar |
MateriPokok
/ Pembelajaran
|
KegiatanPembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
AlokasiWaktu
|
SumberBelajar
|
||
3.1 Pemanfaatan limbah (sedotan, botol/gelas, kertas
dan lain-lain) sekitar lingkungan menjadi barang yang bermanfaat
|
Pemanfaatan limbah
|
· Mendiskusikan jenis-jenis limbah yang masih bermanfaat
· Menugaskan siswa untuk mencari dan mengumpulkan limbah
yang masih bermanfaat di sekitar lingkungan rumah dan sekolah
· Membuat kerajinan tangan
· Menjelaskan bagaimana cara mendaur ulang
· Membuat kertas daur ulang dari kertas bekas atau koran
|
3.1.1
Mengidentifikasi
jenis limbah yang masih bermanfaat di lingkungan sekitar
3.1.2
Mengumpulkan
linbah yang masih bermanfaat
3.1.3
Membuat
kerajinan tangan dari limbah yg masih bermanfaat (bunga dari sedotan, lampion
gelas kemasan bekas)
3.1.4
Membuat kertas
daur ulang
|
Tes Tertulis
Kinerja
Proyek
Produk
Portofolio
|
4 x 40’
|
·
Buku ajar
·
Buku
keterampilan
·
Barang-barang
bekas
|
||
3.2 Penerapan pembuatan kompos dari limbah/
sampah organik
|
Membuat kompos
|
· Siswa mendiskusikan jenis-jenis limbah dan
mengidentifikasikan materi-materi penyusun kompos yang dihasilkan dari sampah
organik
|
3.2.1
Mengklasifikasikan
jenis-jenis limbah
3.2.2
Mengidentifikasikan
materi-materi penyusun kompos dari sampah organik
3.2.3
Teknik
pembuatan kompos
|
Produk
Portofolio
|
4 x 40’
|
·
Buku ajar
·
Buku
keterampilan
·
Barang-barang
bekas
|
||
3.3 Mengadakan program kali bersih
|
Kerusakan lingkungan
|
· Siswa mendiskusikan untuk membedakan kali/sungai yan
tercemar dan yang tidak
· Siswa dianjurkan untuk melaksanakan program kali bersih dengan melakukan
kerjabakti dilingkungan sungai sekitar sekolah
|
3.3.1
mengidentifikasi
kali/sungai yang tercemar dan yang tidak tecemar
3.3.2
Menganlisis
program kali bersih
3.3.3
Membedakan
kali/sungai yang tercemar dan yang tidak tecemar
3.3.4
Mampu
melaksanakan program kali bersih melalui program penghijauna kerja bakti di
lingkungan sekolah
|
Kinerja
Produk
Portofolio
|
2 x 40’
|
· Buku ajar
|
||
3.4 Mengadakan program langit biru
|
Polusi udara
|
· Siswa mendiskusikan sumber-sumber polusi yang dapat
mencemari udara/ lingkungan langit
· Siswa mendiskusikan akibat polusi udara lingkungan
langit
|
3.4.1
Mampu
mengidentifikasi sumber-sumber polusi udara
3.4.2
Mampu
mengidentifikasi ciri-ciri langit biru
3.4.3
Menyebutkan
sumber polusi udara
3.4.4
Menyebutkan
ciri-ciri langit biru
|
Tes tertulis
Kinerja
|
2 x 40’
|
· Buku ajar
|
||
Mengetahui,
Kepala SMP Budi Mulia Tasiu
( Drs. Yunus
Kamudek L )
NIP : 196407231992031004
|
Kialukku, 11 Juli
2011
Guru
MapelPendidikanLingkunganHidup (PLH)
( Victor Bo’to Langi )
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar