RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 1)
Satuan Pendidikan : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah
Pertemuan : 2 x 40 menit
A. Standar
kompetensi : 1. Allah
Tri Tunggal dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung
jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja,
Dan masyarakat
sebagai orang yang telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.1. Memahami bentuk
dan menunjukkan sikap bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama dan
masyarakat
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
D. Indikator : menjelaskan
arti tanggung jawab sebagai orang yang
sudah
diselamatkan
E. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
arti tanggung jawab
2. Menunjukkan
3 contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri
3. Menuliskan
buah roh dari orang yang bertanggung jawab
4. Menghafal
matius 25: 21 (baik sekali perbuatanmu, ikutlah dalam perjamuan tuanmu)
F. Materi
Ajar : Tanggung
Jawab Hidup Baru
G. Alokasi
Waktu : 2x 40 menit
H. Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, penugasan
I.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi: untuk memotivasi peserta didik, guru mengadakan tanya jawab
tentang pendapat siswa mengenai apa yang mereka ketahuitanggung jawab
Motivasi: Tuhan cinta semua anak
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru menugaskan siswa menuliskan pengalaman mereka bersama teman-temannya
mengenai kegiatan bersama yang pernah dilakukan di luar sekolah. Siswa disuruh pengungkapkan
apa yang menjadi dorongan mengikuti kegiatan tersebut.
Elaboasi
Dalam eksplorasi, guru membagi
siswa dalam beberapa kelompok. Guru mengajak peserta didik membaca
cerita tentang Andi dan mendiskusikannya, serta menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.Guru menyimpulkan dan
merangkum hasil diskusi
Konfirmasi
Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanyakan materi yang belum
jelas
Pertemuan 2:
Kegiatan Pendahuluan
Untuk memotivasi peserta didik, guru mengajak peserta didik membaca kitab
Matius 25: 14 – 30 (Perumpamaan tentang Talenta)
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru menugaskan siswa menuliskan komentar atas ayat yang dibaca
Elaboasi
Dalam eksplorasi, guru menyampaikan materti secara kreatif. Sesudah
menjelaskan, guru meminta peserta didik
untuk mengerjakan skala sikap . guru perlu mengevaluasi tugas .
Konfirmasi
Peserta didik diberikan kesempatan untukbertanya dari materi yang belum
jelas, dan diberi tugas rumah membuat
puisi tentang tanggung jawab
Kegiatan Penutup:
Menyanyi :Andai kata kulakukan
J.
Sumber Belajar
Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja PAK PGI) tahun 2007, halaman 45-50
K. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Ø
Tehnik
|
Ø
Bentuk instrumen
|
Ø
Instrument
|
1.Menjelaskan
arti tanggung jawab sebagai orang yang
telah diselamatkan
|
Tes
|
Esai
|
1.Jelaskan
arti tanggung jawab
2.tuliskan
3 contoh tanggung jawab kepada diri sendiri!
3. Tuliskan
9 buah roh, sebagai orang yang memiliki tanggung jawab!
4. Hafalkan
matius 25: 21 (Baik sekali perbuatanmu, ikutlah perjamuan tuanmu)
|
1. Format
Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No: 2 )
Satuan Pendidikan : SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen
Jumlah
Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal dan karyaNya, nilai-nilai
Kristiani
Bertanggung jawab
terhadap diri sendiri, sesama, gereja,
Dan masyarakatsebagai orang yang
telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.2. Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung
jawab
terhadap diri sendiri, sesama dan
masyarakat
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Jujur
·
sosial
·
Tanggung jawab
D. Indikator : melaksanakan misi sebagai orang yang
sudah ditebus Allah dalam
kehidupan
masyarakat majemuk
E. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik
dapat:
1. Menyebutkan
akibat, jika kita tidak dapat mengendalikan godaan-godaan yang sering muncul
2. Menunjukkan
cara mengatasi godaan lari dari tanggung jawab
3. Menjelaskan
alasan Yunus lari dari tanggung jawab
4. Menuliskan
cerita singkat berdasarkan pengalaman mengatasi godaan ;lari dari tanggung
jawab
F. Materi
Ajar: Godaan Lari dari Tanggung jawab
G. Alokasi
Waktu: 2 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Tujuan Pembelejaran:
1. Menyebutkan
akibat, jika tidak dapat mengendalikan godaan – godaan yang sering muncul.
2. Menunjukkan
cara mengatasi godaan lari dari tanggung jawab
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi: guru mengajak berdoa bersama
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Guru menugaskan siswa untuk mengucapkan ayat hafalan bersama-sama yang
dihafalkan minggu sebelumnya.
Guru menanyakan kembali 9 buah roh sebagai orang yang
memiliki tanggung jawab.
Eleborasi
Dalam eksplorasi, guru mengajak siswa untuk mendiskusikan dalam buku
kegiatan 2. Bimbinglah peserta didik untuk mempresentasikanhasil diskusi
kelompok
Guru menugaskan salah seorang peserta
untuk membacakan cerita “Aku menempamu” dalam kegiatan 3. Siswa
mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam kegiatan 3.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan meteri yang belum jelas.
Rangkuman dan peneguhan
Kegiatan Penutup: Menyanyi : betapa Hatiku
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan
alasan Yunus lari dari tanggung jawab.
2. Menuliskan
cerita singkat berdasarkan pengalamanan mengatasi godaan lari dari tanggung
jawab.
Kegiatan Pendahuluan
Guru membangkitakan semangat belajar dengan menyanyi bersama : “Betapa Hatiku Berterima Kasih Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi guru mengajak membaca Kitab Yunus 1 dan 3 : Yunus
melarikan diri
elaborasi
Dalam elaborasi, guru mengajak peserta didik untuk menemukan alasan Yunus
melarikan diri dari tanggungjawabnya sebagai nabi ketika diutus oleh Tuhan
allah untuk ke Niniwe.
Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan pengalamannya mengatasi
godaan lari dari tanggung jawab.
Konfirmasi
Dalam konfirmasi peserta didik menanyakan materi yang belum jelas.
Kegiatan penutup:
Guru menekankan menjadikan pengalaman sebgai pelajaran berharga
Menyanyi bersama
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 8-12
K. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument
|
Menyebutkan
contoh godaan lari dari tanggung jawab
|
Tes
|
Esai
|
1.Sebutkan
akibat, jika kita tidak dapat mengendalikan godaan lari dari tanggung ja wab!
2. Bagaiman
cara mengatasi lari dari tanggung jawab
3. Mengapa
Yunus lari dari tanggung jawab ketika disuruh oleh Allah untuk pergi ke Ni
niwe?
4.Tulislah
secara singkat,mengatasi lari dari tanggung jawab!
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No: 3 )
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen
Jumlah
Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal
dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap
diri sendiri, sesama, gereja,
dan masyarakatsebagai orang
yang telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.2. Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung
jawab
terhadap
diri sendiri, sesama dan masyarakat
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Jujur
·
Tanggung jawab
D. Indikator :
mewujudkan sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama
dan masyarakat.
E. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik
dapat:
1. Menjelasakn
alasan kita perlu menggunakan waktu dan uang dengan baik
2. Memberikan
contoh mengunakan waktu dengan baik
F. Materi
Ajar: menggunakan waktu dan uang dengan baik
G. Alokasi
Waktu: 2 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, penugasan
I.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi: guru mengajak berdoa bersama dan menyanyi bersama “Gunakan
waktu yang Dibrikan Tuhan”
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru meminta peserta didik mengungkapkan yang
dimaksud dengan “waktu adalah uang”.
Elaborasi
Guru mendampingi peserta didik
untuk diskusi dari buku siswa “Pakaialah waktu dan uang
dengan baik”
setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi
Guru menyimpulkan dan menyampaikan moral dari materi yang baru saja
dipelajari.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan meteri yang belum jelas.
Kegiatan Penutup:
Menyanyi : Gunakan waktu yang dibrikan Tuhan
1. Sumber
Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja PAK PGI) tahun 2007, halaman 13 - 17
2. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument
|
Mewujudkan
sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Sesame dan masyarakat
|
Tes
|
Esai
|
1.mengapa
kita perlu menggunakan waktu dan uang dengan baik?
2.berikan
contoh menggunakan waktu dengan baik!
|
3. Format
Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
4. Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No: 4 )
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen
Jumlah
Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal
dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan
masyarakatsebagai orang yang telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.2. Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung
jawab
terhadap
diri sendiri, sesama dan masyarakat
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Nilai religius
·
Tanggung jawab
D. Indikator : Mampu menjelaska arti”Tubuhku
adalah Bait Roh Kudus”
. Mampu menjelaskan bahaya narkoba
E. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
pengertian narkoba
2. Menjelaskan
arti “tubuh kita adalah Bait Roh Kudus
3. Menjelaskan bahaya penggunaan narkoba
4. Membuat
slogan ajakan untuk menjauhi narkoba
F. Materi
Ajar : Mampu menjelaskan
arti”tubuh kita adalah Bait Roh Kudus”
G. Alokasi
Waktu :
4 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, penugasan
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. menyebutkan pengertian narkoba
2. menjelaskan arti “tubuh kita
adalah Bait Roh Kudus”
Kegiatan Pendahuluan:
Guru mengajak berdoa bersama dan menyanyi bersama “Kusiapkan hatiku Tuhan
“
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru menanyakan kepada peserta didik tentang
pengertian narkoba
Elaborasi
Guru menyampaikan materi dengan kreatif. Memperhatikan sikap siswa yang
mungkin sudah terlibatdalam kasus ini
Guru membimbing peserta didik
untuk menuliskan pendapatnya dalam kegiatan 3 dan berilah waktu untuk
mendiskusikan.
Penyampaian hasil diskusi.
Guru menyimpulkan dan menyampaikan moral dari materi yang baru saja
dipelajari.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang belum jelas.
Guru memberi peserta didik tugas di rumah untuk membuat slogan “menjauhi
narkoba”
Kegiatan Penutup: Menyanyi
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 13 – 17
K. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument
|
Mampu
menjelaskan arti”tubuh kita adalah Bait Roh Kudus
|
Tes
|
Esai
|
1.Sebutkan
yang kamu ketahui tentanga narkoba!
2.Jelaskan
arti”Tubuh kita adalah Bait Roh Kudus”!
3. Jelaskan
apa saja bahaya narkoba!
4. Buatlah
slogan narkoba!
|
Format Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No: 5)
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen
Jumlah
Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal
dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan
masyarakatsebagai orang yang telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.2. Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung
jawab
terhadap
diri sendiri, sesama dan masyarakat
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Nilai religius
·
Tanggung jawab
D. Indikator : Mampu menjelaska arti”Tubuhku
adalah Bait Roh Kudus”
Mewujudkan sikap tanggung jawab terhadap
diri sendiri, sesame, dan masyarakat
E. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
alasan, masturbasi dan onani dianggap sebagai perbuaan salah
2. Menjelaskan
yang dapat diambil dari kisah Onan dan Tamar
3. Menyebutkan
perintah ketujuh dari sepuluh perintah Allah
4. Menunjukkan
hal-hal yang dapat dilakukan agar tidak
terjebak dalam penyalahgunaan seksual
F. Materi
Ajar : Tinjauan Alkitab tentang
seksualitas
G. Alokasi
Waktu :
4 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menyebutkan
alasan, onani dan masturbasi dianggap salah
2. Menjelaskan
yang dapat diambil dari kisah Onan dan Tamar
Kegiatan Pendahuluan:
Guru mengajak berdoa bersama dan menyanyi bersama “Kusiapkan hatiku Tuhan
“
Peserta didik mengumpulkan
pekerjaan rumah : membuat slogan menjauhi narkoba
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Membaca kitab Kejadian 38 : onan dan Tamar
Dalam kegiatan eksplorasi, guru menanyakan kepada peserta didik tentang
masturbasi dan onani.
Elaborasi
Guru menyampaikan materi dengan kreatif. Memperhatikan sikap siswa yang
mungkin sudah terlibatdalam kasus ini
Guru membimbing peserta didik
untuk menuliskan pendapatnya dalam kegiatan 3 dan berilah waktu untuk mendiskusikan.
Penyampaian hasil diskusi.
Guru membimbing peserta didik . dan tidak menilai benar – salahatas
pendapat masing- masing.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang belum jelas.
Kegiatan Penutup: Menyanyi
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Menyebutkan
perintah ketujuh dari 10 perintah Allah
2. Menunjukkan
hal-hal yang dapat dilakukan agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan seksual.
Kegiatan Pendahuluan.
Guru memotivasi peserta didik dengan mebaca kitab I Korintus 3: 16; I
Korintus 6: 12 – 20
Eksplorasi:
Dalam eksplorasi guru mengajak peserta didik untuk member pendapat pakah
nasihat Rasul Paulus pada perikop itu berlaku bagi remaja masa kini, lebgkap
dengan alasannya.
Elaborasi:
Dalam elaborasi guru member kesempatan pada peserta didik untuk
menyampaikan pendapatnya, yang lain dapat menanggapi.
Guru melengkapi pendapat peserta didik yang diperlukan
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi guru member tugas peserta didik untuk mencari dan
mengumpulkan pendapat dari media masaseputar masalah seks dan penyimpangannya.
Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Kegiatan penutup:
Menyanyi bersama : Masa muda masa paling indah
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 30 - 37
K. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument
|
|
Mewujudkan
sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesame, dan masyarakat.
|
Tes
|
Esai
|
1.Mengapa
masturbasi dan onani dianggap salah?
2.Apa yang
dapat kamu ambil dari cerita Onan dan Tamar?
3.Sebutkan
perintah ketujuh dari 10 Perintah Allah!
4.Hal-hal
apa saja yang dapt dilakukan agar tidak terjerumus dalam penyinpangan
seksual?
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No: 6)
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Kelas/Semester : IX/ 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen
Jumlah
Pertemuan : 2 JP (4 x 40 menit)
A. Standar
kompetensi : 1. Allah Tri Tunggal
dan karyaNya, nilai-nilai Kristiani
Bertanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama, gereja, dan
masyarakatsebagai orang yang telah diselamatkan
B. Kopetensi
Dasar : 1.2. Memahami bentuk dan menunjukkan sikap bertanggung
jawab
terhadap
diri sendiri, sesama dan masyarakat
C. Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Cinta tanah air
·
Peduli lingkungan
·
Tanggung jawab
D. Indikator : Menjelaskan alasan remaja
berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat
Mendiskusikan
contoh peran remaja dalam masyarakat
E. Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai diharapkan peserta didik dapat:
1. Menjelaskan,
apakah semua orang sama di hadapan Allah
2. Memberikan
alasan, mengapa kita perlu berperan dalam masyarakat
3. Menunjukkan
peran apa saja yang dapat dilakukan oleh remaja
4. Menunjukan
teladan Tuhan Yesus dalam hidup bermasyarakt
F. Materi
Ajar : Peran Remaja dalam
Masyarakat
G. Alokasi
Waktu :
4 jp (4x 40 menit)
H. Metode
Pembelajaran:
I.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan,
apakah semua orang sama di hadapan Allah
2. Memberikan
alasan, mengapa kita perlu berperan dalam masyarakat
Kegiatan Pendahuluan:
Guru mengajak berdoa bersama dan menyanyi bersama “Kusiapkan hatiku Tuhan
“
Peserta didik mengumpulkan pekerjaan rumah : mencari informasi dari media
masa tentang penyalagunaan seksual.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam eksplorasi, guru membagi kelas dalam kelompok untul berdiskusi,
tentang “Mengubah dunia dan mengubah diriku”.
Elaborasi
Dalam elaborasi, guru membimbing peserta didik dalam diskusi, setelah
selesai setiap kelompok Menyampaikan presentasi.
guru menambah hal-hal yang masih dianggap kurang dari hasil presentasi.
Konfirmasi
Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanyakan materi yang belum jelas.
Kegiatan Penutup: Menyanyi
Pertemuan 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Menunjukkan
peran apa yang dapat dilakukan remaja
2. Menunjukkan
teladan Tuhan Yesus dalam kehidupan masyarakat.
Kegiatan Pendahuluan.
Guru memotivasi peserta didik dengan mebaca kitab Efesus 2 : 10
ekplorasi:
Dalam eksplorasi guru mengajak peserta didik untuk member mendata. Apa
saja yang dilakukan Tuhan Yesus kepada masyarakat dalam kitab Yohanes 2: 1-11;
Yohanes 6: 1-15 ; Yohanes 8: 1-11
Elaborasi:
Dalam elaborasi guru member kesempatan pada peserta didik untuk
menyampaikan pendapatnya, yang lain dapat menanggapi.
Guru dan peserta didk merancang program peduli kasih
Konfirmasi:
Dalam konfirmasi, guru merangkum yang sudah dipelajari peserta didik dan
mendukung agar peserta didik dapat menjadi garam bagi dunia
Kegiatan penutup:
Menyanyi bersama : Masa muda masa paling indah
J.
Sumber Belajar:Cermin Remaja 3 (kelompok Kerja
PAK PGI) tahun 2007, halaman 30 - 37
K. Penilaian
Hasil Belajar
Tehnik: tes
Bentuk instrument: esai
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument
|
Menjelaskan
alasan
Remaja berperan dalam masyarakat
Mendiskusikan
peran remaja dalam masyarakat.
|
Tes
|
Esai
|
1.Jelaskan,
apakah semua orang sama di hadapan Allah!
2.Mengapa kita perlu berperan dalam
masyarakat?
3.Peran apa
yang dapat dilakukan oleh remaja?
4.Teladan
apa yang dilakukan Tuhan Yesus bagi masyarakat?
|
Format Kriteria Penilaian
Produk (hasil diskusi)
No
|
Aspek
|
Criteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
Semua benar
Sebagian
besar benar
Sebagian
kecil benar
Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kerja sama
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
·
Bekerja sama
·
Kadang-kadang bekerja sama
·
Tidak bekerja sama
|
4
2
1
|
2
|
partisipasi
|
·
Aktif
·
Kadang-kadang
·
Tidak aktif
|
4
2
1
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.
NIP.
Trima kasih sudah berbagi kasih lewat RPPnya TYM
BalasHapusThanks..sudah memudahkan saya...
BalasHapus