S I L A B U S
Satuan Pendidikan :
SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester :
VIII/2
Standar Kompetensi :
Nilai –nilai Kristiani
1.
Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Standar Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Tes
|
Penilaian
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.3 Mewujudkan
kesetiaannya walau menderita
1.4 Meneladani Kristus
dalam menghadapi penderitaan
|
9.Memperjuangkan
kebenaran
10.Memperjuangkan
kejujuran
11.Memperjuangkan
keadilan
12.Tantangan mengikut
Yesus
13. Makna penderitaan
Kristus
14. Paskah sebuah refleksi
15. Layakkah Mereka
Menderita
16. Sakramen Perjamuan
Kudus
12. Pahlawan Iman
|
Nilai religius
Cinta Kasih
Nilai relgius
Cinta Kasih
Nilai religius
Tanggungjawab
Nilai religius
Tanggungjawab
Nilai religius
Tanggungjawab
Nilai religius
Tanggungjawab
Nilai religius
Tanggungjawab
Nilai religius
Tanggungjawab
Nilai religius
Tanggungjawab
|
1.Guru meminta peserta didk untuk
menyampaikan arti kebenaran. Peserta didik bercerita tentang pengalaman dalam
memperjuangkan kebenaran.
2.Guru menyampaikan materi secara
kreatif dan dinamis, yang didahului dengan membaca kitab Kisah Para Rasul 4 :
1 – 22 tentang Petrus menyampaikan imannya di hadapan banyak orang
2.Peseta didik mengerjakan tugas yang
ada dalam buku siswa
3. peserta didik menuliskan perintah
Tuhan yang kesembilan dari sepuluh Perintah Allah.
4.Pelajaran ditutup dengan menyanyi :
Betapa kita tidak bersyukur
1.Guru meminta siswa untuk keluar kelas
sekitar 5-7 menit untuk mengamati apa yang ada di sekitarnya. Guru mengamati
apa yang dilakukan oleh peserta didik.
2.Guru menanyakan apa yang mereka lihat
di luar. Ini untuk mengetahui kejujuran peserta didik.
3.Guru menjelaskan materi secara kreatif.
4.Peserta didik diminta menuliskan
perintah kesembilan dari sepuluh perintah Allah dan menjelaskan makna dari
“Jangan bersaksi dusta”.
Peserta didik menuliskan akibat (
hukuman yang diberikan oleh Allah)atas ketidak jujuran yang dilakukan oleh
Akhan, Gehasi dan suami istri Ananias dan Safira.
Kegiatan belajar diakhiri dengan doa.
1.Guru meminta peserta untuk mengungkapkan pengalaman
mereka tentang keadilan dalam hidup sehari – hari.
2.Guru meminta pesrta didik untuk
membaca kitab Lukas 15 : 11 – 32, dilanjutkan penjelaskan materi secara
kreatif.
3.Peserta didik diminta menjawab
pertanyaan dalam buku buku siswa.
4.Peserta didik menanyakan materi yang
belum dipahami
5.Guru member tugas : membuat kliping
tentang “Tokoh atau berita yang memperjuangkan keadilan.
6. pelajaran ditutup dengan menyanyi
: “Yesus menginginkan daku Bersinar
BagiNya”
1.Guru meminta peserta untuk menuliskan siapa Yesus
menurut mereka.
2.Guru meminta peserta didik untuk
membaca kitab Matius 10 : 16– 32, guru menjelaskan yang dimaksud dengan “
cerdik seperti ular dan putih seperti merpati.
Peserta didik membaca kitab Lukas 14 : 25 – 34, dilanjutkan
penjelaskan materi tentang “ memikul
salib dan meninggalkan ayah dan ibunya untuk menjadi murid Tuhan Yesus . penyampaian materi secara kreatif dan
dinamis.
Peserta didik diminta menjawab
pertanyaan dalam buku buku siswa.
3. peserta didik menanyakan kembali
materi yang sudah diterima sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana peserta
telah memahami pelajaran yang lalu.
1.Guru meminta peserta
didik untuk membaca kitab Roma 6 : 23 mengungkapkan pengertian mereka
tentang dosa.
2. guru memutarkan film tentang
Penyaliban Tuhan Yesus,peserta didik menanggapi film yang baru saja
dilihatnya.
3. guru meminta peserta didik untuk
membaca kitab I Petrus 3 : 17 – 18, Peserta didik diminta untuk mengungkapkan
yang dimaksud dari bacaan kitab.
4.peserta didik berdiskusi tentang
“Marthin Luther King” dengan pertanyaan – pertanyaan yang ada dalm buku
siswa.
5.belajar diakhiri dengan Doa Sayfaat
dan menyanyi “ Ingat KasihNya’
1.Guru meminta peserta
didik untuk membaca kitabI Korintus 15 : 54 - 55 mengungkapkan
pengertian mereka tentang “maut dimana sengatmu”
2. guru meminta peserta didik untuk menuliskan
pengalaman mereka pada Hari Paskah yang paling berkesan. Kelas dibagi dalam
beberapa kelompok , lalu merumuskan inti pengalaman paskah dan
dipresentasikan.
3.Guru menyampaikan materi secra
kreatif.
4. peserta didik mengungkapkan rasa
syukur kepada Tuhan Allah melalui peristiwa Paskah dalam bentuk tulisan,
puisi maupun gambar.
5.pelajaran ditutup dengan menyanyi
: “Kristus bangkit Soraklah”
1. Guru mengajak berdoa bersama.
2.Guru meminta peserta
didik untuk mengungkapkan
pengertian mereka tentang “Penderitaan”
3.Guru meminta peserta didik untuk
membaca kitab I Samuel 13 : 1-22 ; II Samuel 13 tentang Penderitaan Raja Saul dan Penderitaan Tamar, putrid Raja
Daud.
4.Guru menyampaikan materi secara
kreatif. Peserta didik menanggapi penderitaan tokoh – tokoh yang ada dalam
materi.
5. Peserta didik diminta untuk
mengidentifikasi penderitaan yang ada di masyarakat, hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Pelajaran ditutup dengan doa bersama
1. Guru mengajak berdoa bersama. Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi
:”maukah Kau Jadi Roti”
2.Guru meminta peserta
didik mengumpulkan kliping yang sudah dibuat dibuat.
3.Guru meminta peserta
didik untuk mengunmpulkan roti
dan air minun di meja. Setelah didoakan oleh guru, peserta didik
dipersilahkan mengambil makanan yang tersedia. Setelah semua makan, guru
menjelaskan makna makan bersama.
4.Guru mengajak peserta didik untuk mempercakapkan
Perjamuan Kudus. Apa yang mereka ketahui tentang Perjamuan Kudus. Guru
meminta peserta didik menuliskan apa yang merekanketahui tentang perjamuan
Kudus.
5.Guru menyampaikan materi secara kreatif.
6.Peserta didik diminta untuk
mengerjakanntugas dalam buku siswa
1.Guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi
:”Tuhan adalah kekuatanku”
2.Guru meminta peserta didik belajar
dari cerita “ dicari Pekerjaan yang Tersulit”, dengan menjawab pertanyaan
yang ada.
3.Guru mengajak peserta didik membacakitab Ibrani 11 : 17
-34, dan menuliskan masing –masing sikap hidup para tokoh iman, dan
menuliskan bagimana seharusnya kita mewujudkan sikap tersebut dalm hidup
sehari hari.
4.Peserta didik menuliskan akronim yang
sesuai gaya hidup remaja yang paling menarik dan mudah diingat.
|
1. Menjelaskan arti
memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman
kepada Kristus.
2. Menyebutkan contoh
sikap hidup kepada Kristus
1.Menjelaskan
penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
2. Meneladani kristus
dalam menghadapi penderitaan
1. Menjelaskan
penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
1. Menyikapi secara
kristis makna penderitaan
1. Menjelaskan makna
sakramen perjamuan Kudus
2. Menjelaskan
penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya
1. Menyebutkan contoh
sikap yang meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan
2. Menyikapi secara
kristis makna penderitaan
|
|
|
1.
Resiko
apa yang dihadapi ketika berbicara tentang kebenaran?
2.
Sebutkan
tokoh di masyarakat yang memperjuangkan kebenaran!
3.
Susunlah
doa yang berisi berani berkata yang benar!
1.
Sebutkan
berbagai bentuk ketidakjujuran di yang ada di masyarakat!
2.
Sebutkan
salah satu tokoh yang dikenal karena
jujur!
3.
Apa
resiko orang tidak tidak jujur!
4.
Upaya
apa yang dapt dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran?
1.
Apa
arti keadilan?
2.
Apa
makna keadilan menurut Tuhan Yesus dalam” perumpamaan tentang anak yang hilang”?
3.
Berikan
contoh fakta ketidakadilan yang ada di masyarakat
4.
Langkah
– langkah apa yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam
kehidupan sehari – hari?
1.
Apa
tantangan terberat menjadi murid Tuhan Yesus ? Jelaskan!
2.
Apa
yang dapat kamu simpulkan tentang menjadi murid Tuhan Yesus
3.
Apa
arti memikul salib dan menyangkal diri?
4.
Apa
makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus?
1.
Jelaskan
arti pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib!
2.
Menjelaskan
makna penderitaan Tuhan Yesus bagi orang percaya!
3.
Sebut
dan jelaskan 3 arti salib bagi orang Romawi!
4.
Sebutkan
nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian!
1.
Sebutkan
Tri Hari Paskah!
2.
Jelaskan
arti Paskah dalam Perjanjian lama!
3.
Jelaskan
arti Paskah dalam Perjanjian Baru!
4. Menjelaskan makna telur Paskah dalam perayaan
paskah!
1.
Mengapa
Raja Saul mengalami penderitaan?
2.
Penderitaan
apa yang dialami Tamar, anak Raja Daud?
3. Mengapa Policarpus, seorang Uskup dari
Smirna mengalami penderitaan?
4. Apa yang kamu lakukan ketika sedang
mengalami penderitaan?
1.
Jelaskan
dengan kata-katamu sendiri arti sakramen Perjamuan Kudus!
2.
Ceritakan
dengan singkat asal mula adanya Perjamuan Kudus!
1.
Mengapa
Habil disebut sebagai salah satu tokoh iman dakam Alkitab/
2.
Mengapa
Rakhab disebut sebagai salah satu tokoh iman dalam Alkitab?
3.
Ceritakan
satu tokoh yang menurut kamu dapat disebut pahlawan iman!
|
3jp
2jp
3jp
3jp
2jp
3 jp
2jp
3jp
3 jp
|
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
Cermin remaja, Alkitab
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar