Kamis, 18 Mei 2017

SILABUS PAK SMPS KELAS VIII / GENAP



S I L A B U S
Satuan Pendidikan          : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                                : VIII/2
Standar Kompetensi       : Nilai –nilai Kristiani
1.       Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan

Standar Kompetensi


Materi Pokok
Karakter
siswa yang diharapkan

Kegiatan pembelajaran

Indikator pencapaian kompetensi



Tes
Penilaian


Bentuk



Contoh Instrumen

Alokasi Waktu

Sumber Belajar







1.3 Mewujudkan kesetiaannya walau menderita

















































































































1.4 Meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan

9.Memperjuangkan kebenaran





























10.Memperjuangkan kejujuran






























11.Memperjuangkan keadilan



























12.Tantangan mengikut Yesus





























13. Makna penderitaan
Kristus



























14.  Paskah sebuah refleksi






























15. Layakkah Mereka Menderita




























16. Sakramen Perjamuan Kudus



































12. Pahlawan Iman
Nilai religius

Cinta Kasih




























Nilai relgius
Cinta Kasih






























Nilai religius

Tanggungjawab


























Nilai religius

Tanggungjawab




























Nilai religius

Tanggungjawab



























Nilai religius

Tanggungjawab





























Nilai religius

Tanggungjawab



























Nilai religius

Tanggungjawab


































Nilai religius

Tanggungjawab





1.Guru meminta peserta didk untuk menyampaikan arti kebenaran. Peserta didik bercerita tentang pengalaman dalam memperjuangkan kebenaran.

2.Guru menyampaikan materi secara kreatif dan dinamis, yang didahului dengan membaca kitab Kisah Para Rasul 4 : 1 – 22 tentang Petrus menyampaikan imannya di hadapan banyak orang

2.Peseta didik mengerjakan tugas yang ada dalam buku siswa


3. peserta didik menuliskan perintah Tuhan yang kesembilan dari sepuluh Perintah Allah.

4.Pelajaran ditutup dengan menyanyi : Betapa kita tidak bersyukur


1.Guru meminta siswa untuk keluar kelas sekitar 5-7 menit untuk mengamati apa yang ada di sekitarnya. Guru mengamati apa yang dilakukan oleh peserta didik.

2.Guru menanyakan apa yang mereka lihat di luar. Ini untuk mengetahui kejujuran peserta didik.

 3.Guru menjelaskan materi secara kreatif.

4.Peserta didik diminta menuliskan perintah kesembilan dari sepuluh perintah Allah dan menjelaskan makna dari “Jangan bersaksi dusta”.
Peserta didik menuliskan akibat ( hukuman yang diberikan oleh Allah)atas ketidak jujuran yang dilakukan oleh Akhan, Gehasi dan suami istri Ananias dan Safira.
Kegiatan belajar diakhiri dengan doa.


1.Guru meminta  peserta untuk mengungkapkan pengalaman mereka tentang keadilan dalam hidup sehari – hari.

2.Guru meminta pesrta didik untuk membaca kitab Lukas 15 : 11 – 32, dilanjutkan penjelaskan materi secara kreatif.

3.Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dalam buku buku siswa.

4.Peserta didik menanyakan materi yang belum dipahami

5.Guru member tugas : membuat kliping tentang “Tokoh atau berita yang memperjuangkan keadilan.
6. pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Yesus menginginkan daku Bersinar BagiNya”


1.Guru meminta  peserta untuk menuliskan siapa Yesus menurut mereka.

2.Guru meminta peserta didik untuk membaca kitab Matius 10 : 16– 32, guru menjelaskan yang dimaksud dengan “ cerdik seperti ular dan putih seperti merpati.
Peserta didik membaca  kitab Lukas 14 : 25 – 34, dilanjutkan penjelaskan materi  tentang “ memikul salib dan meninggalkan ayah dan ibunya untuk menjadi murid Tuhan Yesus  . penyampaian materi secara kreatif dan dinamis.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan dalam buku buku siswa.

3. peserta didik menanyakan kembali materi yang sudah diterima sebelumnya, untuk mengetahui sejauh mana peserta telah memahami pelajaran yang lalu.


1.Guru meminta  peserta  didik untuk membaca kitab Roma 6 : 23 mengungkapkan pengertian mereka tentang dosa.

2. guru memutarkan film tentang Penyaliban Tuhan Yesus,peserta didik menanggapi film yang baru saja dilihatnya.

3. guru meminta peserta didik untuk membaca kitab I Petrus 3 : 17 – 18, Peserta didik diminta untuk mengungkapkan yang dimaksud dari bacaan kitab.

4.peserta didik berdiskusi tentang “Marthin Luther King” dengan pertanyaan – pertanyaan yang ada dalm buku siswa.

5.belajar diakhiri dengan Doa Sayfaat dan menyanyi “ Ingat KasihNya’


1.Guru meminta  peserta  didik untuk membaca kitabI Korintus 15 : 54 - 55 mengungkapkan pengertian mereka tentang “maut dimana sengatmu”

2.  guru meminta peserta didik untuk menuliskan pengalaman mereka pada Hari Paskah yang paling berkesan. Kelas dibagi dalam beberapa kelompok , lalu merumuskan inti pengalaman paskah dan dipresentasikan.

3.Guru menyampaikan materi secra kreatif.

4. peserta didik mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Allah melalui peristiwa Paskah dalam bentuk tulisan, puisi maupun gambar.

5.pelajaran ditutup dengan menyanyi :  “Kristus bangkit Soraklah”


1. Guru mengajak berdoa bersama.

2.Guru meminta  peserta  didik untuk  mengungkapkan pengertian mereka tentang “Penderitaan”
3.Guru meminta peserta didik untuk membaca kitab I Samuel 13 : 1-22 ; II Samuel 13 tentang Penderitaan Raja  Saul dan Penderitaan Tamar, putrid Raja Daud.

4.Guru menyampaikan materi secara kreatif. Peserta didik menanggapi penderitaan tokoh – tokoh yang ada dalam materi.

5. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi penderitaan yang ada di masyarakat,  hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Pelajaran ditutup dengan doa bersama


1. Guru mengajak berdoa bersama.  Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”maukah Kau Jadi Roti”

2.Guru meminta peserta didik mengumpulkan kliping yang sudah dibuat dibuat.

3.Guru meminta  peserta  didik untuk  mengunmpulkan roti dan air minun di meja. Setelah didoakan oleh guru, peserta didik dipersilahkan mengambil makanan yang tersedia. Setelah semua makan, guru menjelaskan makna makan bersama.

4.Guru mengajak  peserta didik untuk mempercakapkan Perjamuan Kudus. Apa yang mereka ketahui tentang Perjamuan Kudus. Guru meminta peserta didik menuliskan apa yang merekanketahui tentang perjamuan Kudus.

5.Guru menyampaikan materi secara kreatif.

6.Peserta didik diminta untuk mengerjakanntugas dalam buku siswa


1.Guru mengajak berdoa bersama.
Memotivasi siswa, guru mengajak menyanyi :”Tuhan adalah kekuatanku”

2.Guru meminta peserta didik belajar dari cerita “ dicari Pekerjaan yang Tersulit”, dengan menjawab pertanyaan yang ada.
3.Guru mengajak  peserta didik membacakitab Ibrani 11 : 17 -34, dan menuliskan masing –masing sikap hidup para tokoh iman, dan menuliskan bagimana seharusnya kita mewujudkan sikap tersebut dalm hidup sehari hari.
4.Peserta didik menuliskan akronim yang sesuai gaya hidup remaja yang paling menarik dan mudah diingat.



1. Menjelaskan arti memperjuangkan kebenaran, kejujuran, keadilan sebagai wujud kesetiaan iman kepada Kristus.



2. Menyebutkan contoh sikap hidup kepada Kristus













































































































1.Menjelaskan penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya





2. Meneladani kristus dalam menghadapi penderitaan


















1. Menjelaskan penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya




























1. Menyikapi secara kristis makna penderitaan



























1. Menjelaskan makna sakramen perjamuan Kudus

2. Menjelaskan penderitaan Kristus dan maknanya bagi orang percaya





























1. Menyebutkan contoh sikap yang meneladani Kristus dalam menghadapi penderitaan

2. Menyikapi secara kristis makna penderitaan


1.       Resiko apa yang dihadapi ketika berbicara tentang kebenaran?

2.       Sebutkan tokoh di masyarakat yang memperjuangkan kebenaran!


3.       Susunlah doa yang berisi berani berkata yang benar!














1.       Sebutkan berbagai bentuk ketidakjujuran di yang ada di masyarakat!

2.       Sebutkan salah satu tokoh yang dikenal karena  jujur!


3.       Apa resiko orang tidak tidak jujur!

4.       Upaya apa yang dapt dilakukan untuk memperjuangkan kejujuran?












1.       Apa arti keadilan?

2.       Apa makna keadilan menurut Tuhan Yesus dalam” perumpamaan tentang  anak yang hilang”?


3.       Berikan contoh fakta ketidakadilan yang ada di masyarakat

4.       Langkah – langkah apa yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan keadilan dalam kehidupan sehari – hari?



1.       Apa tantangan terberat menjadi murid Tuhan Yesus ?  Jelaskan!

2.       Apa yang dapat kamu simpulkan tentang menjadi murid Tuhan Yesus


3.       Apa arti memikul salib dan menyangkal diri?

4.       Apa makna panggilan menjadi murid Tuhan Yesus?










1.       Jelaskan arti pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib!

2.       Menjelaskan makna penderitaan Tuhan Yesus bagi orang percaya!


3.       Sebut dan jelaskan 3 arti salib bagi orang Romawi!

4.       Sebutkan nama tokoh gereja yang rela mengorbankan diri demi perdamaian!







1.       Sebutkan Tri Hari Paskah!


2.       Jelaskan arti Paskah dalam Perjanjian lama!

3.       Jelaskan arti Paskah dalam Perjanjian Baru!

4.       Menjelaskan makna telur Paskah dalam perayaan paskah!















1.       Mengapa Raja Saul mengalami penderitaan?

2.       Penderitaan apa yang dialami Tamar, anak Raja Daud?

3.       Mengapa Policarpus, seorang Uskup dari Smirna mengalami penderitaan?

4.       Apa yang kamu lakukan ketika sedang mengalami penderitaan?








1.       Jelaskan dengan kata-katamu sendiri arti sakramen Perjamuan Kudus!

2.       Ceritakan dengan singkat asal mula adanya Perjamuan Kudus!

























1.       Mengapa Habil disebut sebagai salah satu tokoh iman dakam Alkitab/

2.       Mengapa Rakhab disebut sebagai salah satu tokoh iman dalam Alkitab?


3.       Ceritakan satu tokoh yang menurut kamu dapat disebut pahlawan iman!
3jp






























2jp































3jp




























3jp






























2jp





























3 jp































2jp




























3jp




































3 jp

Cermin remaja, Alkitab




























Cermin remaja, Alkitab





























Cermin remaja, Alkitab


























Cermin remaja, Alkitab




























Cermin remaja, Alkitab



























Cermin remaja, Alkitab





























Cermin remaja, Alkitab


























Cermin remaja, Alkitab


































Cermin remaja, Alkitab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...