Kamis, 18 Mei 2017

SILABUS PAK SMP KELAS VIII GANJIL



S I L A B U S
Satuan Pendidikan          : SMPS BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                                : VIII/1
Standar Kompetensi       : Nilai –nilai Kristiani
1.       Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Karakter siswa yang diharapkan
Kegiatan Pembelajaran

Indicator pencapaian kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Tehnik
Bentuk
Contoh instrument
1.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi


































































































1.2. mewujudkan imannya dalam hidup berpengharapan
1. hidup bersyukur















2.Kelebihan ku























3.Kelemahanku



















4.Tanggung jawabku























5.Hidup ber iman dan ber pengharapan













6.Wujud hidup beriman















7.Optimisme atau  pesimisme?


















8.Mengalah untuk menang

















Disiplin
Tanggung jawab














Rasa ingin tahu
Kerja keras





















Jujur
Kreatif


















Kerja keras
Tanggung jawab






















Nilai religious
Jujur













Nilai religious
Tanggung jawab













Kerja keras
Disiplin



















Cinta damai
Nilai religius


















1.Pelajaran dimulai dengan mengajak siswa untuk mengungkapkan hal apa saja yang paling penting dan paling sering disyukuri.
2.Guru membimbing siswa belajar tentang arti  bersyuku dengan cerita.
3. Diskusi tentang bersyukur  dari cerita “Kesepuluh orang kusta yang disembuhkan Tuhan Yesus (Lukas 17:11-19)
3.Guru menugaskan siswa membuat puisi atau karangan singkat, yang mengungkapkan rasa syukur atas sesuatu yang berharga  dari Tuhan dalam hidupnya.


1.Guru meminta siswa untuk menuliskan kelebihan teman disebelahnya dan kelebihan dirinya.
2.Siswa mendiskusikan tentang:
a. Bagaimana perasaan ketika diminta menuliskan kelebihan teman sebelah.
b. Bagaimana persaannya ketika menuliskan kelebihan diri sendiri.
c. Bagaimana perasaannya ketika membaca tulisan tentang kelebihannya sendiri dan kelebihan orang lain.
d. Hal apa yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut.
3. Guru menyampaikan materi.
4. Refleksi diri
5. Membuat tulisan kecil yang menggambarkan akan kebanggaan dan harapan untuk mengembangkan kelebihannya. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


1.Siswa membacakan tulisan yang sudah dibuat di rumah. Guru memberi penjelasan dan  bimbingan dan bimbingan atas tulisan tersebut.
2. siswa berkelompok dan menuliskan sebanyak-banyaknya  kelemahan setiap manusia. Siswa juga menuliskan kelemahan dirinya sendiri.
3.Diskusi kelompok:
Teladan dari  para murid Tuhan Yesus dalam mengahdapi kekuatiran
4.Guru menjelaskan pokok-pokok pikiran yang ada dalam materi ini
5.Siswa membuat motto atau semboyan yang menumbuhkan rasa percaya diri terhadap kelemahan yang dimiliki.


1.Pelajaran dimulai dengan meminta siswa membaca motto yang dibuat di rumah.
2.Guru memberi penjelasan dan bimbingan atas tulisan motto.
3.Guru bertanya kepada siswa: Apakah kalian setuju bila dikatakan bahwa remaja sekarang tidak punya tanggung jawab? Berikan bukti dan ungkapan yang tepat, atau justru sebaliknya tidak tepat!
4. Siswa diminta membuat sosiodrama singkat yang isinya contoh sikap orang bertanggung jawab dan contoh sikap yang tidak bertanggung jawab. Dibuat secara berkelompok kemudian dipresentasikan.
5. Siswa diminta untuk memperhatikan acara  acara televise tentang tanggung jawab dan dibuat rangkuman. Pada pertemuan berikut disampaikan di depan kelas.


1.Nyanyi bersama: Jalan Serta Yesus
2.Diskusi kelompok: Kisah seorang siswa SMPl yang ingin jadi guru tetapi orang tua tidak mempunyai biaya . Sementara ia melihat anak kecil yang tidak punya orang tua dan kelaparan dan tidak ada yang dimakan.
2.Guru menyampaikan materi kretif Arti Iman dan tokoh-tokoh iman
3. Siswa mencari alasan tokoh-tokoh alkitab disebut beriman
4. Siswa menuliskanpengalaman yang dimilikiatau cerita nyata yang ada di lingkungan sekitarberkaitan dengan hidup beriman.

1.Berdoa bersama
Beberapa siswa membacakan tulisannya, siswa yang lain menangapi .
2.Guru menunjukkan kecambah yang sudah disiapkan dalam botol atau gelas bening.
3.Siswa mengamati dan membayangkan prosespertumbuhan kecambah.
4.Guru  menjelaskan materi
5. Siswa menuliskan Doa Bapa Kami
6. Siswa menuliskan kitab-kitab
Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru


1.Menggali pemahaman siswa tentang Orang di penjara secara positif dan negative.
2. mengubah sudut pandang dari Sembilan titik yang berbeda. Siswa diminta menghubungkan 9 titik dengan empat garis lurus dan berbentuk sudut.Makna kegiatan : dalam hidup kita harus berani mengubah cara pandang.
3. Secara kelompok siswa membaca kitab Bilangan 13: 25-14:10.
4. Siswa mencatat pesan penting yang ada dalam bacaan
5. Guru menyampaikan materi  diselingi Tanya jawab
5. Siswa disuruh menyampaikan hal-hal yang dikuatirkan untuk dibawa dalam doa syafaat.


1.Guru menunjuk 12 siswa untuk duduk pada kursi yang sudah disiapkan.
2.Guru menyuruh siswa lain untuk mengitari siswa yangduduk sambil nyanyi: jalan serta Yesus. Pada saat selesai lagu, 1 kursi diambil. Dan seterusnya.
Diakhir permainan guru memberi hukuman kepada siswa yang duduk.
Karena tidak member kesempatan teman untuk duduk.
3.Guru menyampaikan materi pelajaran.
4.Siswa menuliskan niali-nilai penting yang perlu dikembangkan dalam sikap mengalah. Dan menuliskan pengalaman mengalah yang mendatangkan kebaikan.
















1.Menyebutkan alasan bersyukur

2. Menjelaskan makna hidup bersyukur












1. Mampu menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki pemberian Tuhan

2. Mampu menegnali kelebihan orang lain dari diri sendiri

3.Mampumenjelaskan alasan pentingnya menghargai kelebihan orang lain

4.Mampu mewujudkan rasa syukur dengan membuat sebuah tulisan kecil yang menggambarkan kebanggan dan keinginkan untuk mengembangkan







1.Mampu menjelaskan arti kelemahan yang dimiliki manusia
2.Mampu mengenali dan menyebutkan kelemahan diri sendiri dan orang lain

3.mampu menghargai kelemahan orang lain

4.Mampu mewujudkan rasa syukur dengan dengan berbagai cara yang dapat menunjukkan rasa percaya diri terhadap kelemahan yang dimiliki




1.Mampu menjelaskan pengertian tanggung jwab beserta dengan contohnya dalam kehidupan sehari-hari


2. mampu menyebutkan tantangan/hambatan dalam menerapkan sikap tanggung jawab beserta dengan jalan keluarnya














1.Mampu menjelaskan makna hidup beriman dan berpengharapan sebagai anak Allah
2.Mampu mewujudkan sikap hidup beriman baik dalam perkataan, pikiran maupun perbuatan

3.Mampu mewujudkan sikap hidup berpengharapan sebagai remaja beriman




1.Menjelaskan arti hidup beriman

2.Menjelaskan arti hidup berpengharapan












1.Mewujudkan sikap hidup beriman dan berpengharapan, seperti tidak mudah putus asa, kreatif, optimis

















1.Menyebutkan contoh hidup beriman dan berpengharapan



Tes
















Tes























Tes



















Tes
























Tes















Tes
















Tes




















tes
Lisan
















Tertulis























Uraian tertulis


















Uraian tertulis























Uraian tertulis














Uraian tertulis















Uraian tertulis
1.Sebutkan alasan bersyukur
2.jelaskan makna hidup bersyukur













1.jelaskan arti kelebihan yang dimiliki pemberian Tuhan
2.Tuliskan kelebihan orang lain dan kelebihan diri sendiri
3.Jelasdkan alasan pentingnya menghargai kelebihan orang lain
4.Tuliskan yang menggambarkan kebanggaan akan keinginan untuk mengembangkan kelebihan diri sendiri!




1.Jelaskan arti kelemahan yang dimiliki manusia!
2.Sebutkan kelemahan dirimu dan kelemahan orang lain
3.bagaimana kamu menghargai kelemahan orang lain?
4.Buatlah tulisan yang menunjukkan rasa percaya diri dengan kelemahan yang dimiliki!




1.Jelaskan pengertian tanggung jawab dan contohnya!
2.sebutkan tantangan dalam menerapkan tanggung jawab, dan jalan keluarnya!















Jelaskan makna hidup bersyukur dan berpengharapan sebagai anak Allah!










1.Jelaskan arti beriman!

2.jelaskan arti berpengharapan!












1.Bagaimana mewujudkan sikap hidup beriman dan berpengharapan?

















Sebutkan contoh hidup yang beriman dan berpengharapan!




4jp
















4 jp























4jp



















4 jp
























4 jp















2 jp
















2 jp




















4  jp

















































Buku Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun2007
Hal 1-6
Alkitab






 



Buku Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun2007
Hal 7 -11
Alkitab

















Buku Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun2007
Hal 12 -22
Alkitab













Buku Cermin Remaja 2
Kelompok Kerja PGI
 tahun 2007
Hal 23 -2

Alkitab

















Buku Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI
tahun 2007
Hal 29 – 35
Alkitab









Buku Cermin Remaja 2
Kelompok Kerja PGI tahun 2007
Hal 36 - 44











Buku Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun 2007 hal 46 -51
Alkitab














Buku Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun 2007 hal 52 -57,
Alkitab



Kalukku,                              
 Mengetahui
 Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

               DrS. YUNUS KAMUDEK, L                                                                                                                                                              VICTOR BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP.                                                                                                                                                                                                       NIP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...