S I L A B U S
Satuan Pendidikan : SMPS
BUDI MULIA TASIU
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester :
VIII/1
Standar Kompetensi : Nilai
–nilai Kristiani
1. Hidup bersyukur dalam segala situasi serta
mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indicator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Tehnik
|
Bentuk
|
Contoh instrument
|
|||||||
1.1.Hidup
bersyukur dalam segala situasi
1.2. mewujudkan
imannya dalam hidup berpengharapan
|
1. hidup bersyukur
2.Kelebihan
ku
3.Kelemahanku
4.Tanggung
jawabku
5.Hidup
ber iman dan ber pengharapan
6.Wujud
hidup beriman
7.Optimisme
atau pesimisme?
8.Mengalah
untuk menang
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Rasa
ingin tahu
Kerja
keras
Jujur
Kreatif
Kerja
keras
Tanggung
jawab
Nilai
religious
Jujur
Nilai
religious
Tanggung
jawab
Kerja
keras
Disiplin
Cinta
damai
Nilai
religius
|
1.Pelajaran
dimulai dengan mengajak siswa untuk mengungkapkan hal apa saja yang paling
penting dan paling sering disyukuri.
2.Guru
membimbing siswa belajar tentang arti
bersyuku dengan cerita.
3.
Diskusi tentang bersyukur dari cerita
“Kesepuluh orang kusta yang disembuhkan Tuhan Yesus (Lukas 17:11-19)
3.Guru
menugaskan siswa membuat puisi atau karangan singkat, yang mengungkapkan rasa
syukur atas sesuatu yang berharga dari
Tuhan dalam hidupnya.
1.Guru
meminta siswa untuk menuliskan kelebihan teman disebelahnya dan kelebihan
dirinya.
2.Siswa
mendiskusikan tentang:
a.
Bagaimana perasaan ketika diminta menuliskan kelebihan teman sebelah.
b.
Bagaimana persaannya ketika menuliskan kelebihan diri sendiri.
c.
Bagaimana perasaannya ketika membaca tulisan tentang kelebihannya sendiri dan
kelebihan orang lain.
d. Hal
apa yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut.
3.
Guru menyampaikan materi.
4.
Refleksi diri
5.
Membuat tulisan kecil yang menggambarkan akan kebanggaan dan harapan untuk
mengembangkan kelebihannya. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
1.Siswa
membacakan tulisan yang sudah dibuat di rumah. Guru memberi penjelasan
dan bimbingan dan bimbingan atas
tulisan tersebut.
2.
siswa berkelompok dan menuliskan sebanyak-banyaknya kelemahan setiap manusia. Siswa juga
menuliskan kelemahan dirinya sendiri.
3.Diskusi
kelompok:
Teladan
dari para murid Tuhan Yesus dalam
mengahdapi kekuatiran
4.Guru
menjelaskan pokok-pokok pikiran yang ada dalam materi ini
5.Siswa
membuat motto atau semboyan yang menumbuhkan rasa percaya diri terhadap
kelemahan yang dimiliki.
1.Pelajaran
dimulai dengan meminta siswa membaca motto yang dibuat di rumah.
2.Guru
memberi penjelasan dan bimbingan atas tulisan motto.
3.Guru
bertanya kepada siswa: Apakah kalian setuju bila dikatakan bahwa remaja
sekarang tidak punya tanggung jawab? Berikan bukti dan ungkapan yang tepat,
atau justru sebaliknya tidak tepat!
4.
Siswa diminta membuat sosiodrama singkat yang isinya contoh sikap orang
bertanggung jawab dan contoh sikap yang tidak bertanggung jawab. Dibuat
secara berkelompok kemudian dipresentasikan.
5.
Siswa diminta untuk memperhatikan acara
acara televise tentang tanggung jawab dan dibuat rangkuman. Pada
pertemuan berikut disampaikan di depan kelas.
1.Nyanyi
bersama: Jalan Serta Yesus
2.Diskusi
kelompok: Kisah seorang siswa SMPl yang ingin jadi guru tetapi orang tua
tidak mempunyai biaya . Sementara ia melihat anak kecil yang tidak punya
orang tua dan kelaparan dan tidak ada yang dimakan.
2.Guru
menyampaikan materi kretif Arti Iman dan tokoh-tokoh iman
3.
Siswa mencari alasan tokoh-tokoh alkitab disebut beriman
4.
Siswa menuliskanpengalaman yang dimilikiatau cerita nyata yang ada di
lingkungan sekitarberkaitan dengan hidup beriman.
1.Berdoa
bersama
Beberapa
siswa membacakan tulisannya, siswa yang lain menangapi .
2.Guru
menunjukkan kecambah yang sudah disiapkan dalam botol atau gelas bening.
3.Siswa
mengamati dan membayangkan prosespertumbuhan kecambah.
4.Guru menjelaskan materi
5.
Siswa menuliskan Doa Bapa Kami
6.
Siswa menuliskan kitab-kitab
Perjanjian
Lama dan Kitab Perjanjian Baru
1.Menggali
pemahaman siswa tentang Orang di penjara secara positif dan negative.
2.
mengubah sudut pandang dari Sembilan titik yang berbeda. Siswa diminta
menghubungkan 9 titik dengan empat garis lurus dan berbentuk sudut.Makna
kegiatan : dalam hidup kita harus berani mengubah cara pandang.
3.
Secara kelompok siswa membaca kitab Bilangan 13: 25-14:10.
4.
Siswa mencatat pesan penting yang ada dalam bacaan
5.
Guru menyampaikan materi diselingi
Tanya jawab
5.
Siswa disuruh menyampaikan hal-hal yang dikuatirkan untuk dibawa dalam doa
syafaat.
1.Guru
menunjuk 12 siswa untuk duduk pada kursi yang sudah disiapkan.
2.Guru
menyuruh siswa lain untuk mengitari siswa yangduduk sambil nyanyi: jalan serta
Yesus. Pada saat selesai lagu, 1 kursi diambil. Dan seterusnya.
Diakhir
permainan guru memberi hukuman kepada siswa yang duduk.
Karena
tidak member kesempatan teman untuk duduk.
3.Guru
menyampaikan materi pelajaran.
4.Siswa
menuliskan niali-nilai penting yang perlu dikembangkan dalam sikap mengalah.
Dan menuliskan pengalaman mengalah yang mendatangkan kebaikan.
|
1.Menyebutkan
alasan bersyukur
2.
Menjelaskan makna hidup bersyukur
1.
Mampu menjelaskan arti kelebihan yang dimiliki pemberian Tuhan
2.
Mampu menegnali kelebihan orang lain dari diri sendiri
3.Mampumenjelaskan
alasan pentingnya menghargai kelebihan orang lain
4.Mampu
mewujudkan rasa syukur dengan membuat sebuah tulisan kecil yang menggambarkan
kebanggan dan keinginkan untuk mengembangkan
1.Mampu
menjelaskan arti kelemahan yang dimiliki manusia
2.Mampu
mengenali dan menyebutkan kelemahan diri sendiri dan orang lain
3.mampu
menghargai kelemahan orang lain
4.Mampu
mewujudkan rasa syukur dengan dengan berbagai cara yang dapat menunjukkan
rasa percaya diri terhadap kelemahan yang dimiliki
1.Mampu
menjelaskan pengertian tanggung jwab beserta dengan contohnya dalam kehidupan
sehari-hari
2.
mampu menyebutkan tantangan/hambatan dalam menerapkan sikap tanggung jawab
beserta dengan jalan keluarnya
1.Mampu
menjelaskan makna hidup beriman dan berpengharapan sebagai anak Allah
2.Mampu
mewujudkan sikap hidup beriman baik dalam perkataan, pikiran maupun perbuatan
3.Mampu
mewujudkan sikap hidup berpengharapan sebagai remaja beriman
1.Menjelaskan
arti hidup beriman
2.Menjelaskan
arti hidup berpengharapan
1.Mewujudkan
sikap hidup beriman dan berpengharapan, seperti tidak mudah putus asa,
kreatif, optimis
1.Menyebutkan
contoh hidup beriman dan berpengharapan
|
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
Tes
tes
|
Lisan
Tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
Uraian
tertulis
|
1.Sebutkan
alasan bersyukur
2.jelaskan
makna hidup bersyukur
1.jelaskan
arti kelebihan yang dimiliki pemberian Tuhan
2.Tuliskan
kelebihan orang lain dan kelebihan diri sendiri
3.Jelasdkan
alasan pentingnya menghargai kelebihan orang lain
4.Tuliskan
yang menggambarkan kebanggaan akan keinginan untuk mengembangkan kelebihan
diri sendiri!
1.Jelaskan
arti kelemahan yang dimiliki manusia!
2.Sebutkan
kelemahan dirimu dan kelemahan orang lain
3.bagaimana
kamu menghargai kelemahan orang lain?
4.Buatlah
tulisan yang menunjukkan rasa percaya diri dengan kelemahan yang dimiliki!
1.Jelaskan
pengertian tanggung jawab dan contohnya!
2.sebutkan
tantangan dalam menerapkan tanggung jawab, dan jalan keluarnya!
Jelaskan
makna hidup bersyukur dan berpengharapan sebagai anak Allah!
1.Jelaskan
arti beriman!
2.jelaskan
arti berpengharapan!
1.Bagaimana
mewujudkan sikap hidup beriman dan berpengharapan?
Sebutkan
contoh hidup yang beriman dan berpengharapan!
|
4jp
4 jp
4jp
4 jp
4 jp
2 jp
2 jp
4 jp
|
Buku
Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun2007
Hal
1-6
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun2007
Hal 7
-11
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun2007
Hal 12
-22
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 2
Kelompok
Kerja PGI
tahun 2007
Hal 23
-2
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI
tahun
2007
Hal 29
– 35
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 2
Kelompok
Kerja PGI tahun 2007
Hal 36
- 44
Buku
Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun 2007 hal 46 -51
Alkitab
Buku
Cermin Remaja 2 Kelompok Kerja PGI tahun 2007 hal 52 -57,
Alkitab
|
Kalukku,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
DrS. YUNUS KAMUDEK, L VICTOR
BO’TO’ LANGI S.PAK
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar