Selasa, 22 Desember 2020

MENJADI PELAYANAN ITU DITETAPKAN ROH

MENJADI PELAYANAN ITU DITETAPKAN ROH
Dalam ucapan perpisahannys dengan para penatua jemaat Efesus, Paulus mengatakan bahwa ia tidak akan berjumpa lagi dengan mereka, ia menyadari bahwa perjalanannya ke Yerusalem penuh bahaya dan sangat mungkin akan merengut nyawanya. Kepada mereka, Paulus menitipkan
"kawanan domba" di Efesus. Mengapa Paulus menitipkan kawanan domba itu kepada mereka?
Paulus berkata: "Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri" (Kis 20:28) . Kata "ditetapkan" diterjemahkan dari kata Yunani "ἔθετο" (etheto) dan lebih baik diartikan "menatapkan bagi dirinya sendiri". Siapa yang menetapkan? Yang menerapkan adalah Roh Kudus. Jadi, Roh Kudus menetapkan para penatua di Efesus bagi dirinya sendiri atau bagi pelayanan yang Roh tersebut tetapkan supaya mereka menggembalan jemaat di Efesus.
Kata "menggembalan" yang diterjemahkan dari kata kerja Yunani "ποιμαίνειν" (poimainein) berarti "memberi makan seperti gembala kepada jkawanan domba gembalaan. Nah, jika " domba" itu adalah kiasan untuk jemaat, so dengan apa para penatua itu memberi makan? Baca perkataan Paulus sebagai berikut: "Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka" (20:30). Karena akan muncul ajaran palsu, maka gembala harus memberi makan domba-dombanya dengan ajaran yang benar.
Tugas gembala tidak hanya memberikan. Itu ketetapan Roh Kudus. Paulus berkata: "Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu" (20:29). Gembala harus menjaga dombanya supaya tidak dimangsa serigala ganas alias binasa. Wow, awas para gembala, ada jemaat yang bisa binasa, lho. Kok bisa ya? Ya bisa, karena para serigala itu menarik domba dari jalan yang benar, yaitu jalan Kristus, ke jalan mereka yang sesat dengan menentang ajaran tentang Kristus yang menebus dosa. Sialnya, para serigala itu bisa muncul dari antara jemaat. Cilaka 12 deh.
Dengan tugas berat itu, hanya mereka yang ditetapkan Roh guna pelayanan yang benar dan disanggupkan oleh Roh akan dengan rela hati menjalankannya. Begitu Sob untuk menjadi pelayan Tuhan. Ok? 
By. Stefano Ambesa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...