Sabtu, 19 Desember 2020

Perempuanpun Bernubuat

PEREMPUAN PUN BERNUBUAT
Masih ingat peristiwa Pentakosta di Yerusalem? Sebagian orang yang mendengar para murid berbahasa Roh, mereka menyangka bahwa para murid mabuk anggur (Kis 2:13). Tetapi Petrus menyanggah dan menerangkan bahwa mereka menggenapi nubuat Yoel, katanya: "Akan terjadi pada hari-hari terakhir – demikianlah firman Allah – bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat" (2:17-18). Salah satu dari nubuat Yoel ini mengatakan bhw perempuan akan bernubuat ketika Tuhan mencurahkan Roh-Nya. Nah, sekarang mana bukti penggenapan itu?
Sebenarnya kita tidak perlu jauh- jauh membuktikan bahwa perempuan pun bisa dipakai Tuhan untuk bernubuat. Di peristiwa Pentakosta itu pun ada perempuan yang dipenuhi Roh dan bernubuat. Akan tetapi kejadian tidak hanya di Yerusalem, bahkan beberapa tahun berikutnya dan di tempat lain pun terjadi.
Lukas menuliskan: "Pada keesokan harinya kami berangkat dari situ dan tiba di Kaisarea. Kami masuk ke rumah Filipus, pemberita Injil itu, yaitu satu dari ketujuh orang yang dipilih di Yerusalem, dan kami tinggal di rumahnya. Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat" (21:8-9). Empat anak perempuan Filipus bernubuat. Dilihat dari terang perististiwa Pentakosta, tentu keempat anak perempuan itu dipenuhi Roh Kudus dan kemudian bernubuat. Di sini konsistensi teologi Lukas sangat kenyal. Pemenuhan Roh Kudus adalah karya pemberdayaan oleh Roh bagi sebuah pelayanan. Jadi, pelayanan oleh para perempuan itu sebuah keniscayaan di dalam gereja mula-mula.
Apakah ada gereja zaman now tidak menahbiskan seorang pelayan Tuhan wanita di gerejanya? Ya, itu terserah kepada aturan gereja setempat, tetapi Tuhan memakai empat anak perempuan Filipus untuk bernubuat sama seperti para rasul bernubuat. Pelayanan dan pelayan itu bukan dominasi jender tertentu. Tuhan bisa memakai siapa saja menjadi alat di tangan-Nya. By. Pdt. Stefano Ambesa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menabur Akan Menuai (Matius 13)

30,60,100 kali lipat BUKAN KEUNTUNGAN yang diperoleh dari apa yang dilakukan(ITU SESAT), MELAINKAN hidup yang menghasilkan kebenaranNya/firm...